Berita Laptop / PC

ASUS Indonesia Hadirkan Deretan Laptop ROG Baru dengan Intel Gen 12

ASUS-ROG-Strix-SCAR-15-dan-17-Indonesia-1

Gadgetren – Setelah diumumkan pada ajang CES 2022 beberapa waktu lalu, ASUS Indonesia akhirnya resmi memamerkan deretan laptop ROG baru yang akan ditenagai oleh chipset Intel Generasi ke-12 H Series berbasis Intel 7.

Laptop tersebut antara lain ROG Flow Z13 yang merupakan tablet gaming, ROG Strix SCAR Series yang mencakup ukuran 15″ dan 17″, dan ROG Zephyrus M16. Dalam acara yang digelar secara luring di Hotel Mercure, Jakarta, pihak ASUS menjelaskan bahwa laptop tersebut bakal segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

Namun untuk informasi mengenai harga dan waktu peluncurannya, ASUS Indonesia masih merahasiakannya. Dengan prosesor terbaru dari Intel, tiga perangkat ini telah didukung oleh konektivitas yang telah ditingkatkan seperti tersedia port USB tipe C Thunderbolt 4 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 40Gbps.

Thunderbolt 4 juga bisa digunakan untuk menghubungkan monitor eksternal dengan dukungan hingga resolusi 8K yang mana juga dibekali fitur USB power delivery. Artinya semua perangkat ini bisa diisi baterainya menggunakan adapter charger USB tipe C yang lebih ringkas atau power bank dengan dukungan pengisian daya hingga 100W.

Selain itu, ketiganya akan menyediakan konektivitas WiFi 6E yang memiliki  frekuensi koneksi mencapai 6 GHz. Dengan frekuensi tinggi ini, perangkat ASUS ini dapat menghadirkan konektivitas dengan kecepatan lebih tinggi serta stabil dibanding WiFi 6 yang hanya 2,4GHz dan 5Ghz.

Ditambah lagi, prosesor Intel Generasi ke-12 yang telah dibenamkan ke dalam tiga perangkat ini juga akan ditemani oleh kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 30 Series. Untuk ROG Strix Scar 15 dan 17 serta ROG Zephyrus M16 akan menggunakan GeForce RTX 3070Ti dan RTX 3080Ti.

Sementara untuk ROG Flow Z13 akan menggunakan GeForce RTX 3050 Ti. Tablet gaming ROG Flow Z13 memiliki bobot ringan hanya 1,1 kg dengan ketebalan 1,2mm. Khusus untuk ROG Zephyrus M16 dikabarkan tidak akan menggunakan sensor Fingerprint melainkan pengguna masuk dengan cepat ke konten dengan Windows Hello pada kamera Web Cam.

ASUS-ROG-Flow-Z13-Indonesia-

Riandanu Madi Utomo selaku Technical PR ASUS Indonesia menjelaskan bahwa ROG Flow Z13 optimal diajak bermain game ketika tersambung denga kabel adaptor ke sumber listrik. “Lebih optimal dicolok kabelnya, kalau nggak dicolok nggak apa-apa juga tapi akan kurang maksimal, baterai cepat habis dan boros kalau diajak main game berat,” ujarnya.

Selain itu tablet gaming ini juga bisa dikombinasikan dengan aksesoris keyboard yang disediakan secara bawaan sehingga pengguna dapat mengetik di tablet tersebut di samping bisa digunakan untuk bermain game langsung di layar sentuhnya. Uniknya, keyboard bisa dihubungkan secara otomatis dan mudah dan akan menampilkan lampu RGB seperti laptop ROG pada umumnya.

Tak ketinggalan, ketiga perangkat ROG ini juga akan dilengkapi oleh MUX Switch yang bertujuan untuk mengalihkan jalur data visual dari discrete chip grafis langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan terhubung dari kartu grafisnya.

ASUS-ROG-Strix-SCAR-15-dan-17-Indonesia-2.

Data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis sehingga performa dalam game bisa ditampilkan lebih baik. ASUS mengklaim bahwa MUX Switch bisa meningkatkan performa pada game dengan presentase mencapai 10 sampai 30 persen.

Lebih jauh, Muhammad Firman selaku Head of PR and e-Marketing ASUS Indonesia mengungkapkan bahwa masing-masing perangkat ROG terbaru ini akan memiliki proporsi penjualan yang berbeda-beda di Indonesia.

“ROG Flow Z13 akan mempunyai pasokan 5 persen, ROG Zephyrus M16 sebesar 10 persen, dan ROG Strix SCAR 15″ dan 17″ sebesar 20 persen,” terangnya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar