Mading

Apa Itu Password Manager yang Bisa Dipakai Untuk Login Lebih Praktis?

Apa Itu Password Manager - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Mengingat kata sandi memang bisa sangat merepotkan. Belum lagi jika kita sengaja membuatnya secara berbeda-beda pada setiap layanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada saat ini, untungnya ada berbagai macam password manager yang bisa dimanfaatkan sebagai solusi.

Jadi kita tak perlu lagi mengingat-ingat nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke dalam berbagai macam layanan. Apalagi jika ada banyak sekali sandi berbeda yang dibutuhkan untuk setiap situs.

Menariknya, fungsi dari password manager tidak hanya sebatas mengelola kata sandi dari berbagai macam layanan saja. Kamu yang belum tahu keuntungan lain yang dimilikinya dapat menyimak secara lengkap dalam penjelasan berikut.

Apa Itu Password Manager?

Bagi kamu yang belum pernah mendengarnya, password manager adalah layanan khusus yang memungkinkan kita membuat, menyimpan, dan mengelola kata sandi dari layanan online atau aplikasi lokal.

Sederhananya, kita bisa melihat password manager seperti database yang akan mengingat-ingat informasi login dari berbagai macam aplikasi dan layanan. Biasanya informasi yang tersimpan di dalamnya akan diproteksi dengan proses enkripsi dan kata sandi utama untuk menjamin keamanan.

Saat menggunakan password manager, kita hanya perlu memasukkan kata sandi utama untuk membuka database tersebut yang berisikan informasi login untuk situs lain. Nantinya halaman login akan terisi secara otomatis setelah memilih akun yang akan digunakan sehingga tidak lagi perlu kamu ketik manual.

Namun seperti apa yang sudah kami singgung di bagian atas, password manager tidak hanya berlaku sebagai database saja. Biasanya aplikasi juga menawarkan fungsi lain seperti pembuat kata sandi yang kuat hingga penyimpan catatan rahasia.

Bentuk password manager pun bisa berbeda-beda mulai dari aplikasi seluler, program komputer, maupun ekstensi peramban. Setiap platform biasanya mempunyai lebih dari satu di mana tersinkronisasi secara daring sehingga dapat dipakai di banyak perangkat.

Kenapa Perlu Memakai Password Manager?

Membuat kata sandi seragam untuk berbagai macam layanan menjadi hal yang sangat berbahaya. Jika salah satunya berhasil dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka besar kemungkinan semua situs yang kamu gunakan password sama pun bisa ikut terkena dampaknya.

Password manager akan membantu kita mengingat setiap kata sandi yang kita miliki. Jadi kita tidak perlu khawatir saat harus membuatnya berbeda-beda untuk setiap aplikasi dan layanan yang digunakan supaya bisa tetap aman. Apalagi password bisa dibuat dengan mencampurkan berbagai karakter, angka, dan simbol yang mana tentu akan susah diingat.

Dengan memakai password manager, kita tentunya bisa membuat kata sandi yang sangat kuat dan panjang. Proses masuk ke dalam layanan atau aplikasi pun dapat lebih praktis karena kita tidak perlu mengisi halaman login secara manual karena bisa memilih akun mana yang ingin digunakan langsung lewat popup yang muncul.

Rekomendasi Password Manager

Bitwarden

Salah satu password manager yang bisa dipertimbangkan adalah Bitwarden. Meskipun tersedia secara gratis sebagai platform open source, layanan ini mempunyai fitur cukup lengkap dan bisa dipakai di banyak perangkat yang mana menjadi keunggulannya.

Dashlane

Selain Bitwarden, kita juga bisa mempertimbangkan Dashlane yang sudah cukup populer. Layanan ini juga tersedia secara gratis dengan fitur yang sangat lengkap mulai dari sinkronisasi antar perangkat, VPN (Virtual Private Network), hingga penyimpan dokumen rahasia.

LastPass

LastPass dapat menjadi alternatif password manager yang tersedia secara gratis selanjutnya. Layanan ini  terbilang telah menjadi kepercayaan banyak orang karena mempunyai fitur seperti sistem otentikasi multi-faktor, login ke aplikasi seluler, serta sangat mudah untuk digunakan.

NordPass

Selanjutnya, kita pun dapat melirik NordPass yang hadir sebagai password manager serba bisa. Tak hanya menawarkan versi gratis, layanan yang juga terkenal akan VPN mereka juga mempunyai fitur-fitur menarik meliputi pengimpor kata sandi dari peramban hingga opsi otentikasi dua langkah secara langsung di dalamnya.

EnPass

Yang terakhir, kita bisa mempertimbangkan EnPass yang sudah cukup lama tersedia. Platform yang juga menyediakan versi gratis ini termasuk salah satu password manager yang tidak akan menyimpan kata sandi di server mereka melainkan secara lokal dengan opsi sinkronisasi lewat layanan pihak ketiga seperti Dropbox.

Tinggalkan Komentar