ASUS TUF Gaming FX507
Berita Umum

Apa Itu Teknologi VoLTE Yang Diunggulkan Smartfren?

Teknologi VOLTE Smartfren

Smartfren merupakan yang pertama menggunakan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pada perangkat smartphone Android mereka yakni Andromax.

Apa itu teknologi VoLTE pada perangkat Andromax? VoLTE merupakan layanan komunikasi yang menggunakan jaringan 4G-LTE dalam mengirimkan data. Berarti layanan seluruh SMS, suara, dan video menjadi satu kesatuan dalam jaringan yang sama.

Berkat digunakannya jarigan 4G-LTE, maka kualitasnya memiliki hasil yang lebih stabil, cepat, dan lebih luas dibandingkan dengan teknologi konvensional yang banyak digunakan saat ini. Salah satu contohnya adalah dengan mudahnya berubah antara video call, audio call, maupun conference call

Dalam perangkat Smartfren Andromax sendiri, untuk melakukan segala jenis panggilan dapat dilakukan melalui aplikasi Dial tanpa perlu tambahan aplikasi internet lainnya seperti Skype. Selain itu, seluruh tarif VoLTE dikenakan pada tarif telepon, sehingga tidak mengurangi kuota data internet.

Teknologi VoLTE yang untuk saat ini hanya ada di kartu Smartfren masih dapat melakukan panggilan ke kartu biasa. Hanya saja seluruh kelebihan yang dimiliki oleh VoLTE tidak dapat dinikmati oleh penerima. Tentu Smartfren akan bekerja sama dengan provider lain jika mereka sudah memilikinya.

Pihak Smartfren mengatakan bahwa teknologi VoLTE yang sudah tersedia pada Andromax E2 dan R2 juga akan tersedia pada seluruh perangkat Andromax termasuk yang sudah rilis. Nantinya Smartfren akan memberikan pembaharuan pada smartphone secepatnya, namun tidak diketahui pastinya kapan.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar