ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kenapa Sinyal Smartfren Hilang di iPhone? Ini Beberapa Alasan Penyebabnya

Sinyal Smartfren Hilang di iPhone Header

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, sebagian pengguna iPhone di Indonesia mengalami masalah yang cukup vital dengan hilangnya sinyal dari operator Smartfren.

Tentunya hal tersebut merepotkan untuk melakukan banyak hal. Apalagi ketika sedang berada di dalam perjalanan maupun daerah tertentu karena akan sulit untuk mengakses internet maupun melakukan kontak dengan orang lain.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan sinyal Smartfren hilang di iPhone baik karena lokasi, perangkat, maupun masalah dari operator Smartfren sendiri.

iPhone Tidak Membayar Bea Cukai

Terkadang pada toko tertentu menjual iPhone ex. Internasional yang bukan merupakan ponsel resmi dari Indonesia. Hal ini membuat harga iPhone yang dijual memang lebih murah sehingga membuat banyak yang tergiur untuk membelinya.

Biasanya toko tersebut menjanjikan bahwa iPhone yang dijual sudah tembus IMEI sehingga dapat digunakan untuk menangkap sinyal dari kartu berbagai operator di Indonesia. Sayangnya pada waktu tertentu, IMEI tersebut bisa saja diblokir jika sebenarnya belum didaftarkan ke bea cukai.

Supaya blokir IMEI dibuka dan mendapatkan sinyal lagi, mau tidak mau kamu harus mengocek dana untuk mendaftarkan iPhone tersebut ke bea cukai. Dengan begitu iPhone dapat digunakan secara normal kembali.

Pastikan juga apabila kamu membeli iPhone di luar negeri, sebaiknya langsung membayar dan mendaftarkannya ke bea cukai setelah sampai bandara di Indonesia demi kenyamanan.

Ada baiknya untuk membeli saja iPhone yang sudah dijual resmi di Indonesia karena bisa langsung ke Service Center jika terjadi suatu masalah.

Lokasi yang Tidak Memadai

Meskipun Smartfren memiliki jangkauan luas, namun BTS yang dimiliki operator ini masih terbatas sehingga tidak semua daerah di Indonesia bisa mendapatkan sinyal.

Jadi ada kemungkinan besar lokasi kamu berada memang tidak dapat menjangkau koneksi dari Smartfren hika sinyal tiba-tiba hilang. Solusinya bisa coba kartu dari operator lain yang mendukung atau mencari koneksi Wi-Fi terdekat.

Nantinya setelah sudah tidak lagi di lokasi tersebut dan berpindah, kamu bisa menggunakan kembali kartu Smartfren untuk mengakses internet maupun menghubungi orang lain.

Jaringan Smartfren Sedang Gangguan

Dengan lalu lintas data yang sangat padat setiap harinya, terkadang koneksi Smartfren pun bisa mengalami gangguan sehingga menyebabkan hilangnya sinyal pada berbagai perangkat di Indonesia, termasuk iPhone.

Bahkan terkadang Smartfren juga kerap melakukan pemeliharaan dan perbaikan server untuk peningkatan layanan jaringan. Apabila sedang terjadi gangguan seperti ini, tidak ada hal lain selain menunggu hingga proses perbaikan selesai.

Namun untuk kepastian kapan waktu pemulihan jaringannya, kamu dapat menghubungi Customer Service Smartfren lewat akun resmi witter @smartfrencare.

Sistem Operasi sedang Error

Menggunakan iPhone setiap hari dalam waktu yang lama bisa juga menyebabkan sistem operasi mengalami bug atau error yang mana berimbas ke berbagai aspek, salah satunya hilang sinyal dari operator.

Kamu dapat mencoba mematikan dulu Mobile Data dan masuk ke Airplane Mode. Lalu lakukan sebaliknya dengan matikan Airplane Mode dan aktifkan kembali Mobile Data untuk menyegarkan jaringan.

Namun jika tidak berhasil, kamu juga dapat melakukan restart iPhone terlebih dulu untuk melakukan penyegaran sistem operasi secara menyeluruh. Jika seluruh metode sudah dilakukan, Factory Reset mungkin menjadi satu-satunya langkah untuk ditempuh.

Namun perlu dicatat bahwa semua data di iPhone akan hilang sehingga kamu harus melakukan backup terlebih dulu dengan menggunakan iCloud atau lainnya.

Ada Masalah Komponen

Hilangnya sinyal Smartfren di iPhone juga dapat disebabkan oleh masalah perangkat keras atau komponen di dalamnya, seperti slot kartu SIM yang mengalami kerusakan maupun kotor. Hal ini tentu membuat kartu SIM jadi tidak bisa dibaca dengan baik.

Selain itu, permasalahan bisa disebabkan oleh antena iPhone yang mengalami kerusakan sehingga tidak mampu menangkap sinyal sekali. Apabila hal ini sampai terjadi, mau tidak mau kamu harus membawanya ke Service Center resmi untuk ditangani oleh teknisi profesional.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar