ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

realme 11 Pro Vs realme 11 Pro+ – Apa Bedanya?

realme 11 Pro Plus Feature

Gadgetren – Bersaing di segmen kelas menengah, realme telah menghadirkan dua ponsel andalannya yang terdiri dari realme 11 Pro dan realme 11 Pro+.

Kedua perangkat ini sama-sama menggunakan layar 6,7 inci dengan teknologi AMOLED, resolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel), HDR10+, refresh rate 120Hz, dan tingkat kecerahan 950 nits yang mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih walaupun di bawah terik matahari sekalipun.

Dari sisi performa, realme 11 Pro dan realme 11 Pro+ sama-sama memiliki chipset MediaTek Dimensity 7050 (6nm) Octa-Core 2,6 GHz yang mampu menghadirkan kinerja bertenaga dan hemat dalam konsumsi daya baterai.

Kedua perangkat ini pun sudah mendukung jaringan 5G yang memiliki kecepatan internet tinggi. Selain itu, semua ponsel ini juga telah memiliki fitur NFC (Near Field Communication), WiFi, Bluetooth, USB Type-C, dan realme UI 4.0 berbasiskan Android 13.

Terdapat fitur RAM Extension yang memungkinkan peminjaman ruang kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 8 GB sehingga mampu memberikan kinerja multitasking yang lebih lancar.

Perbedaan realme 11 Pro Vs realme 11 Pro+

Meskipun dari desain depan dan belakang terlihat mirip, namun realme 11 Pro mempunyai panjang 161,7mm yang sedikit lebih besar dibandingkan realme 11 Pro+ yang memiliki panjang 161,6mm.

Sebenarnya perbedaan paling utama dari kedua ponsel ini terdapat pada sektor kamera dimana realme 11 Pro hanya dilengkapi dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 100 MP dan makro 2 MP.

Sementara realme 11 Pro hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 200 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Di atas kertas, kamera utama realme 11 Pro+ hadir dengan resolusi yang lebih besar sehingga mampu menghasilkan foto dengan detail yang lebih tinggi dibandingkan realme 11 Pro.

realme 11 Pro Back 100MP

Walaupun begitu, kamera utama dari kedua ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan resolusi yang sangat besar sehingga dapat dicetak dengan baik pada media berukuran besar seperti spanduk, baliho, billboard, dan lainnya.

Untuk realme 11 Pro+ pun memiliki keunggulan sendiri karena membawa kamera ultrawide yang memungkinkan pengambilan foto dengan area luas dapat dilakukan secara instan. Tidak hadirnya kamera ultrawide membuat pengguna realme 11 Pro harus menggunakan mode Panorama yang mana lebih merepotkan.

Kamera depan realme 11 Pro+ pun memiliki resolusi 32 MP atau dua kali lipat lebih besar dari realme 11 Pro dengan 16 MP. Hal ini juga dapat berpengaruh pada perbedaan detail dan noise dari foto yang selfie yang dihasilkan.

realme 11 Pro Plus Display

Semua ponsel ini sama-sama mempunyai baterai berkapasitas 5.000mAh, namun pengisian daya dari realme 11 Pro+ didukung 100W SUPERVOOC yang mana lebih cepat dibandingkan realme 11 Pro dengan 67W SUPERVOOC.

realme 11 Pro hadir dengan beberapa varian yang terdiri dari RAM 8 GB + penyimpanan 256 GB dann RAM 12 GB + penyimpanan 512 GB. Sedangkan realme 11 Pro+ mempunyai tiga varian yang terdiri dari RAM 12 GB + penyimpanan 256 GB, RAM 12 GB + penyimpanan 512 GB, dan RAM 12 GB + penyimpanan 1 TB.

Kedua perangkat ini memiliki spesifikasi dan fitur yang mirip. Hanya saja realme 11 Pro+ mempunyai resolusi kamera utama, kamera depan, dan fitur pengisian daya yang lebih unggul dibandingkan realme 11 Pro.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar