ASUS Zenbook DUO UX8406
Review Handphone

Review realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition – Desain Unik, Performa Ciamik

Review realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition Header

realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.5/10

Kesimpulan

Desain spesial menjadi nilai utama dari realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition. Bahkan perangkat ini bisa menjadi collectible item atau barang koleksi karena hanya tersedia 1.000 unit di Indonesia. Dari sisi performa, daya tahan baterai, dan kamera pun mampu menunjang aktivitas sehari-hari.

Yang Disukai

  • Desain Kolaborasi dengan Coca-Cola
  • Daya Tahan Baterai Lama
  • Fitur 33W SUPERVOOC
  • Performa Stabil
  • Layar 6,72 inci Refresh Rate 120Hz

Yang Tidak Disukai

  • Tidak Ada Kamera Ultrawide

Gadgetren – Setelah menghadirkan realme 10 Pro 5G edisi standar di Indonesia, beberapa bulan kemudian realme turut meluncurkan edisi Coca-Cola dari ponsel tersebut.

Hal yang paling membuatnya terlihat berbeda dengan edisi standar, realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition hadir dengan cover belakang yang menggunakan desain spesial berlogo Coca Cola untuk memikat calon pengguna.

Dibanderol dengan harga Rp4.999.000, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition hanya tersedia 1.000 unit saja di Indonesia. Dengan begitu, ponsel ini menjadi salah satu collectible item atau barang koleksi yang menarik untuk dimiliki.

Desain

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

Dari dus penjualan ponsel, sudah terlihat menarik dengan desain asimetris garis hitam yang menampilkan logo realme, Coca-Cola, dan 10 Pro. Sementara garis merah lebih besar yang menampilkan tulisan Kualitas Terdepan, 5G, dan logo Coca-Cola terpotong.

Beralih ke dalam dusnya terdapat Limited Number Card, Stiker DIY kolaborasi realme Coca-Cola, SIM Card Ejector dengan desain bagian atas tutup botol, buku petunjuk, kartu garansi, kabel data, adaptor charger 33W SUPERVOOC, dan Softcase tambahan.

Stiker DIY sendiri secara bebas dapat kamu tempelkan di bagian ponsel atau bisa di tempat lainnya. Softcase tambahan dibuat transparan agar desain Coca-Cola di bodi belakangnya  tetap terlihat dengan jelas.

realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition mempunyai bodi belakang yang menampilkan elemen desain klasik Coca-Cola dengan perpaduan warna Merah dan Hitam yang khas secara asimetris menonjolkan logo Coca-Cola dengan pembagian 70/30.

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

Warna merah pada Coca-Cola memberikan kesan positif, anak muda, dan energik. Sentuhan logo Coca-Cola yang terpotong membawa energi baru pada desain ponsel besutan realme.

Logo Coca-Cola yang terpotong di bagian belakang ponsel ini ingin mengisyaratkan seakan-akan ada sedikit tulisan hilang layaknya di bagian lengkungan pada kaleng minuman Coca-Cola sehingga menarik perhatian orang-orang di sekitar.

Bahkan realme juga menghadirkan Matte Imitation Metal Process pada bodi belakangnya sehingga pada saat saya menyentuh bagian belakang ponsel ini dapat merasakan sedang memegang permukaan kaleng minuman Coca-Cola.

Permukaan bagian belakang dari ponsel ini juga tidak terasa licin sehingga nyaman ketika digenggam dengan menggunakan satu tangan. Debu maupun noda sidik jari pun tidak mudah menempel pada bagian belakang realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition.

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

Dengan desain Camera Lens Halo, terdapat dua lingkaran besar berisikan kamera yang terlihat menawan. Apalagi pinggiran lingkarannya menggunakan warna merah yang dapat menyatu pada warna hitam di bagian belakang perangkat ini.

Pada bagian frame pinggirnya menggunakan warna hitam dan desain datar yang dapat mempercantik ponsel ini. Tepat pada bagian sisi kanannya terdapat tombol Volume, Power, dan logo Coca-Cola.

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

Sensor fingerprint pada perangkat ini disematkan tepat pada tombol Power realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition. Beralih ke sisi kirinya terdapat slot kartu SIM dan microSD. Untuk port USB Type-C, lubang speaker, dan port jack audio 3,5mm berada pada bagian bawahnya.

Terdapat juga satu speaker lagi di bagian atas sehingga membuat realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition mampu menghasilkan suara stereo untuk pengalaman hiburan yang lebih hidup.

Layar

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

Perangkat yang satu ini hadir dengan layar yang memenuhi bagian depan ditambah punch hole. Dengan lebar 6,72 inci, bezel samping 1mm, bezel atas 1,15mm, dan rasio layar-ke-bodi 93,76% membuat saya leluasa ketika menyaksikan konten di dalamnya karena areanya terasa luas.

Layarnya juga menggunakan teknologi IPS LCD dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) sehingga mampu menampilkan konten yang jelas dan nyaman di mata. Dengan refresh rate hingga 120Hz, layar dapat menampilkan gerakan transisi antar menu maupun animasi game yang halus.

Namun apabila konsumsi energinya ingin menjadi lebih hemat, maka kita dapat menguncinya ke mode Standard untuk refresh rate 60Hz. Selain itu, kita juga dapat memilih fitur Auto Select agar dapat membuat kecepatan refresh rate berganti secara otomatis tergantung dari konten yang sedang ditampilkan.

realme-10-Pro-5G-Coca-Cola-Edition-layar.

Berkat touch sampling rate mencapai 240Hz, sentuhan jari saya dapat direspon dengan baik oleh layarnya. Terdapat juga fitur Eye Comfort yang diaktifkan pada layar ponsel ini untuk mencegah kelelahan mata karena pancaran sinar biru.

realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition juga telah mendapatkan sertifikasi Widevine L1 yang memungkinkan layarnya mampu menampilkan konten berkualitas HD dari video streaming Netflix, Amazon Prime, VIU, YouTube, dan lainnya.

Software

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition sudah langsung menggunakan realme UI 4.0 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan antarmuka sederhana sehingga memudahkan dalam proses navigasi, memilih menu, maupun mengakses aplikasi.

Sementara itu, saya juga diberikan keleluasaan pilihan oleh realme UI 4.0 untuk melakukan navigasi menggunakan gesture atau tombol virtual (Back, Home, Recent Apps).

Berbeda dengan versi standarnya, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition sudah menggunakan tema Coca-Cola UI pada sistem operasinya dengan wallpaper gelembung Coca-Cola yang didominasi gradasi merah hitam pada Homescreen, wallpaper gelembung merah putih dengan patung kaca realmeow Coca-Cola, dan ikon aplikasi yang bertema Coca-Cola sehingga membuatnya menjadi perangkat yang spesial.

Pada saat melakukan pengisian daya baterai, saya bisa langsung melihat animasi yang dinamis dengan hadirnya gelembung-gelembung soda dan animasi SUPERVOOC 33W di dalam lingkaran yang terasa menarik.

Tema Coca-Cola yang hadir pada realme UI 4.0 di realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition juga menghadirkan suara gelembung soda dari Coca-Cola ketika notifikasi pesan, aplikasi, telepon, sistem, dan lainnya muncul.

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition - UI Theme

Bahkan pada saat menerima panggilan telepon pun saya dapat mendengarkan nada dering Coca-Cola yang ceria. Pada saat saya menekan tombol Shutter di aplikasi kamera bawaan ponsel ini akan terdengar suara khas ketika tutup botol Coca-Cola dibuka.

Bisa dibilang keseluruhan tema Coca-Cola ini membuat realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition menjadi ponsel spesial yang berbeda dengan perangkat realme lainnya. Apalagi hanya tersedia sangat terbatas di Indonesia.

Kamera

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

Untuk mendukung pengalaman fotografi dari penggunanya, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition hadir dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP dan depth 2 MP.

Namun secara bawaan, kamera utamanya akan menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP karena hadirnya teknologi 9-in-1 pixel binning. Meskipun begitu saya juga dapat membuat kamera utamanya menghasilkan foto dengan resolusi lebih besar dengan mengaktifkan fitur 108 MP di aplikasi kamera bawaannya.

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Cat - 12MPTarget

12MP

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Cat - 108MPTarget

108MP

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Cat - 12MPCrop

12MP

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Cat - 108MPCrop

108MP

Untuk melihat perbedaannya, saya melakukan crop atau pemotongan di area tertentu pada masing-masing foto. Berdasarkan gambar yang ditampilkan, terlihat bahwa foto 108 MP memiliki detail yang lebih tinggi dibandingkan dengan 12 MP.

Sebagai edisi spesial, ponsel ini pun mempunyai filter foto khusus bernama 80’s Cola pada Street Photography Mode di aplikasi kamera bawaannya sehingga dapat menghasilkan foto dengan efek vintage bergaya tahun 1980-an.

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition - Cola 80s

80’s Cola Filter

Sayang perangkat ini tidak mempunyai kamera ultrawide sehingga saya terpaksa mengambil foto dengan area yang luas menggunakan fitur Panorama dengan menggeser secara perlahan kamera utama perangkat ini dari kiri ke kanan atau sebaliknya agar menghasilkan foto yang rapi.

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Panorama - Kereta

Panorama

Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 16 MP yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto selfie dengan wajah subjek yang mulus. Terdapat juga fitur Portrait pada kamera depan dan belakangnya yang mampu secara instan memudahkan saya menghasilkan foto dengan subjek yang terlihat fokus, namun latar belakangnya berefek bokeh.

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Selfie - Auto

Selfie – Auto

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Selfie - Portrait

Selfie – Portrait

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Selfie Malam - Night Mode

Selfie – Night Mode

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Selfie Malam - Portrait

Selfie – Portrait

realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition juga menyediakan fitur Night Mode untuk kamera belakang dan depannya yang memungkinkan pengambilan foto di malam hari terlihat lebih terang, jelas, dan minim noise dibandingkan Auto Mode.

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Subjek - Auto

Auto

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Subjek - Bokeh Flare Portrait

Bokeh Flare Portrait

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Subjek - AI Color Portrait

AI Color Portrait

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Subjek - Malam - Auto

Auto

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Subjek - Malam - Bokeh Flare Portrait

Bokeh Flare Portrait

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Subjek - Malam - AI Color Portrait

AI Color Portrait

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Kursi - Auto

Auto

realme 10 Pro 5G Coca Cola - Kursi - Night Mode

Night Mode

Performa

realme-10-Pro-5G-Coca-Cola-Edition-7

Dapur pacunya dipercayakan pada Qualcomm Snapdragon 695 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal berkapasitas besar mencapai 256 GB.

Mengikuti tren saat ini, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition juga dilengkapi dengan fitur Dynamic RAM Expansion yang memungkinkan peminjaman ruang kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual dengan pilihan 4 GB, 6 GB, atau 8 GB.

Di atas kertas, kombinasi hardware dan software di atas memungkinkan kinerja yang lancar bagi realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition dalam menjalankan game maupun aplikasi secara multitasking.

Saya pun turut menjalankan aplikasi sehari-hari, seperti media sosial, chat, SMS, telepon, email, editor dokumen, maupun pemutar musik, untuk menjajal kinerja nyata yang mampu dihadirkan oleh ponsel ini.

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition - COD Game

Hasilnya realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Hal ini bisa terjadi berkat kapasitas RAM yang besar dan dukungan chipset Snapdragon 695. Apalagi RAM Virtual dapat membantu ketika RAM fisik jika kekurangan.

Selanjutnya pengujian dengan game populer pun turut dilakukan dimana saya memainkan Call of Duty Mobile, Mobile Legends, Pokemon Unite, Arena of Valor, dan Pokemon GO.

Pada saat diatur ke setelah grafis + frame rate Very High atau grafis High + frame rate Max, game Call of Duty Mobile mampu menampilkan grafis yang nyaman di mata dan menghadirkan pergerakan dengan lancar, terutama pada saat banyak karakter berkumpul dalam satu area yang sama.

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition - COD Set

Sementara tombol virtual arah, tembakan, target, pergantian senjata, pengisian peluru, menu pengaturan, bidikan, jongkok, dan merunduk mampu merespon jari saya dengan baik sehingga jalannya pertarungan dengan musuh dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya game berjenis MOBA seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan Pokemon Unite pun mampu dimainkan dengan lancar ketika disetel pada grafis dan frame rate tinggi.

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition - Mobile Legends Set

Meskipun masih berjalan dengan mulus ketika hero berada di dalam area yang sama pada game semua game MOBA, namun koneksi internet yang stabil dan cepat masih tetap perlu diperhatikan.

Pada saat pengaturan Native Refresh Rate diaktifkan, pergerakan Trainer dan animasi Pokemon pada game Pokemon GO dapat terlihat sangat halus. Bisa dibilang realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition tidak mempunyai kendala ketika Pokemon GO dimainkan dengan setelan tersebut.

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition - Performance Benchmark

Pada pengujian performa dengan menggunakan AnTuTu Benchmark v9.6.0, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition berhasil mendapatkan skor 417.942 poin. Sedangkan pada Geekbench 6, perangkat ini memiliki skor 894 poin untuk Single-Core dan 2.041 poin untuk Multi-Core.

Berdasarkan pengujian dengan aplikasi sehari-hari, game, dan benchmark, terlihat bahwa realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition memang mempunyai potensi performa yang mampu bersaing dengan ponsel lainnya di kelas yang sama.

Baterai

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

Berbekal baterai 5.000mAh, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition diklaim mampu bertahan lama mencapai 19 jam untuk navigasi, 48 jam untuk memutar lagu, 34 jam untuk telepon, atau 639 jam untuk siaga.

Untuk mengetahui daya tahan nyatanya, saya pun langsung mengujinya dengan aplikasi PCMark for Android menggunakan parameter dengan Work 3.0 Battery Life, tingkat kecerahan layar 50%, dan kondisi baterai 100%.

Pada saat layar menggunakan refresh rate 120Hz, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition berhasil mendapatkan skor 13 jam 3 menit. Sementara pada penggunaan refresh rate 60Hz, perangkat ini mendapatkan skor 14 jam 41 menit.

Sementara untuk penggunaan sehari-hari, AccuBattery menunjukkan bahwa realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition mempunyai screen on time 7 jam 10 menit dari kondisi 0% ke 100% dalam kondisi layar dengan refresh rate 120Hz.

Namun pada penggunaan layar dengan refresh rate 60Hz, ponsel ini mencatatkan waktu screen on time 8 jam 18 menit dari kondisi 0% ke 100%. Bisa dibilang skor benchmark dan catatan waktu ini menunjukkan bahwa realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition memiliki daya tahan baterai lama yang mampu bersaing dengan ponsel kompetitor di segmennya.

Selain itu, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition juga dilengkapi dengan fitur 33W SUPERVOOC yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat. Pengecasan dari kondisi 10% ke 100% cuma memakan waktu 1 jam 11 menit atau 71 menit saja.

Kesimpulan

realme 10 Pro 5G Coca Cola Edition

realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition memiliki keunggulan utama pada desain, tema, dan beragam aksesoris Coca-Cola. Apalagi ponsel ini hanya tersedia 1.000 unit di Indonesia sehingga memang cocok untuk menjadi collectible item atau barang koleksi langka.

Sementara selama pemakaian beberapa minggu, ponsel ini dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari karena memiliki performa yang stabil, daya tahan baterai yang lama, dan kemampuan kamera yang baik.

Sayangnya kamera ultrawide tidak dihadirkan pada perangkat yang satu ini. Sementara itu, realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition sudah dibekali dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat memudahkan pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money dengan cepat.

Bisa dibilang realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition cocok bagi kamu yang sedang mencari ponsel dengan desain spesial, namun dapat membantu rutinitas harian agar berjalan dengan lebih lancar.

Harga dan Spesifikasi realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition

Dimensi & Berat163,7mm x 74,2mm x 8,1mm
190 gram
WarnaCoca-Cola Edition
Layar6,72 inci, IPS LCD, Full HD+ (2400 x 1080 piksel), refresh rate 120Hz
Sistem Operasirealme UI 4.0 (Android 13)
Coca-Cola Theme UI
MemoriRAM 8 GB / ROM 256 GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 695 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz
Kamera BelakangUtama 108 MP (apertur f/1.8)
Portrait 2 MP (apertur f/2.4)
Kamera Depan16 MP (apertur f/2.5)
Baterai5.000mAh, 33W SUPERVOOC
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari, kompas, virtual giroskop, proximity, cahaya, orientasi, magnetik, gravitasi
GPSGPS, GLONASS, Galileo, BDS
SpeakerSpeaker Stereo
FiturAuto Select Refresh Rate, Face Unlock, Bokeh Flare Portrait, DRE (Dynamic RAM Expansion) hingga 8 GB
Konektivitas5G, 4G-LTE, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.1
KonektorUSB Type-C
HargaRp 4.999.000

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar