ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

WhatsApp Hadirkan Fitur Kunci Chat Untuk Merahasiakan Percakapan

OPPO Find N2 Flip - Cover Screen Whatsapp

Gadgetren – WhatsApp merilis fitur baru yang bernama Kunci Chat di mana pengguna bisa mengunci percakapan rahasia mereka agar tidak bisa diintip oleh orang lain yang sedang memegang handphone mereka.

WhatsApp akan menggulirkan fitur Kunci Chat ini terlebih dahulu di pasar global kemudian merambah ke wilayah lainnya termasuk Indonesia. Ke depannya WhatsApp juga akan menambahkan beberapa opsi tambahan untuk fitur Kunci Chat seperti kemampuan untuk mengunci perangkat pendamping dan membuat kata sandi khusus untuk chat.

Nantinya fitur Kunci Chat hadir dalam profil kontak WhatsApp yang bisa dicari melalui kotak pesan maupun kolom pencarian. Fitur Kunci Chat terletak di bawah menu Disappearing messages pada profil kontak dengan judul Chat Lock.

Dengan mengetuk sekali menu Chat Lock, pengguna akan diarahkan ke halaman pengaturan Kunci Chat menggunakan pemindai sidik jari maupun opsi lainnya berupa kata sandi. Untuk mengaktifkan Kunci Chat dengan sidik jari, pengguna perlu menggeser tombol ke kanan pada menu ‘Lock this chat with fingerprint’ sampai berubah berwarna hijau.

Kemudian pengguna perlu meletakkan sidik jari pada layar untuk mengonfirmasi fingerprint sebagai Kunci Chat. Setelah itu WhatsApp akan menampilkan informasi yang menyebutkan percakapan pada nomor kontak yang dipilih berhasil terkunci dan akan dialihkan pada folder khusus yang hanya bisa dilihat oleh pengguna dengan menempelkan kembali sidik jari mereka.

Fitur-Kunci-Chat-WA

Meskipun aplikasi WhatsApp terbuka dan dilihat orang lain, menariknya tidak akan muncul isi chat baru yang masuk. Begitu juga orang lain tidak akan bisa membuka folder terkunci sehingga percakapan rahasia terlindungi dan lebih privat.

Sementara itu utas percakapan yang dirahasiakan tidak lagi akan muncul dan akan dihapus secara otomatis oleh WhatsApp di kotak masuk.

Dalam situs resminya WhatsApp mengungkapkan bahwa pihaknya yakin bahwa fitur ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang terkadang perlu berbagi ponsel dengan keluarga atau orang lain dalam beberapa kesempatan dan ketika chat rahasia masuk, mereka dapat merasa lebih aman dan terjaga privasinya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar