ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menampilkan Google di Layar Depan Atau Home Screen Ponsel

Cara Menampilkan Google di Layar Depan HP Header

Gadgetren – Pada saat mengaktifkan ponsel pintar berbasis Android masa kini untuk pertama kalinya, kamu akan langsung menemukan kolom Google Search pada layar depan atau Home Screen.

Fungsi kolom Google Search sendiri dihadirkan untuk memudahkan kamu melakukan pencarian menggunakan mesin pencari Google tanpa perlu membuka aplikasi browser terlebih dulu.

Suatu saat mungkin kamu secara sengaja atau tidak sengaja menghilangkan kolom Google dari layar depan, namun kini ingin menampilkannya lagi supaya mudah ketika ingin mencari sesuatu. Nah kamu tidak perlu khawatir karena kolom Google dapat kamu kembalikan dengan langkah-langkah yang mudah.

Cara Menampilkan Google di Layar Depan HP

  • Buka kunci layar di ponsel.
  • Pada saat berada di layar depan atau Home Screen, cubit area kosong dengan dua jari atau menahannya dengan satu jari.
  • Nantinya akan muncul banyak menu di bawah layar.
  • Pilih menu Widgets.
    Handphone - Widget Google - 1
  • Selanjutnya, pilih kolom Google Search di bagian Google.
    Handphone - Widget Google - 2
  • Posisikan kolom sesuai keinginan.
  • Tekan tombol Done di bagian kanan atas jika sudah.
    Handphone - Widget Google - 3
  • Kemudian, kolom Google Search akan muncul di layar depan atau Home Screen.
    Handphone - Widget Google - 4

Dengan hadirnya kolom Google Search di layar depan, kamu dapat secara bebas untuk mencari beragam informasi lengkap dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Nantinya kamu akan diperlihatkan hasilnya sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan melalui aplikasi Google yang secara bawaan telah terpasang di ponsel Android.

Tidak itu saja, kamu juga dapat menggunakan perintah suara untuk mencari informasi yang diinginkan dengan menekan tombol mikrofon. Selain itu kamu juga dapat mencari informasi berdasarkan gambar dengan menekan tombol Image berikon kamera.

Kamu pun bisa melakukan pencarian dengan menggunakan beragam gambar, termasuk foto yang diambil menggunakan kamera ponsel. Bisa dibilang pencarian menggunakan kolom Google Search lebih praktis karena secara otomatis masuk ke aplikasi Google dibandingkan kamu harus membuka aplikasi terlebih dulu.

Apalagi terdapat widget lain dari Google yang dapat dimanfaatkan untuk melihat informasi berita dan At Glance untuk menampilkan waktu, agenda kalender, serta cuaca secara instan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar