ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Membuka Layout Layar Awal Terkunci di HP realme

realme-9-HalfDisplayBottom

Gadgetren – Home Screen atau Layar Awal merupakan halaman utama berisikan ikon aplikasi dan widget yang terdapat pada ponsel berbasis Android, termasuk merek realme.

Terkadang kamu mungkin pernah secara tidak sadar memindahkan ikon aplikasi di Home Screen sehingga membuat tata letaknya menjadi acak-acakan. Untuk menghindari hal tersebut terjadi terdapat fitur Lock Home Screen Layout agar ikon dan widget tidak dapat berubah.

Jika kamu lupa bagaimana cara untuk membuka kembali kunci dari fitur Lock Home Screen Layout supaya bisa mengatur tata letak ikon, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

Cara Membuka Layout Home Screen Terkunci di HP realme

  • Buka aplikasi Settings (Pengaturan) di ponsel realme.
  • Pilih menu Home Screen & Lock screen (Layar Awal & Layar Kunci).
    realme - Buka Kunci Home Screen - 1 - 300px
  • Untuk beberapa perangkat realme dengan layar AMOLED terdapat tambahan tulisan Always-On Display.
  • Tekan tombol toggle Home Screen Locked (Kunci tata letak Layar Depan) atau Lock Home screen layout (Kunci tata letak Layar Awal) ke posisi mati.
    realme - Buka Kunci Home Screen - 2 - 300px
  • Kembali ke Home Screen untuk melihat perubahan yang terjadi.
  • Sekarang kamu sudah bisa memindahkan posisi ikon aplikasi atau widget sesuai keinginan.

Pada halaman Home Screen & Lock screen juga terdapat fitur Home Screen layout yang memungkinkan kamu dapat menentukan jumlah baris dan kolom dari setiap ikon aplikasi yang ditampilkan di Home Screen seperti dari 3 x 5 hingga 5 x 6 sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Pada ponsel realme pun terdapat dua pilihan mode Home Screen yang terdiri dari Standar mode dan Drawer mode. Untuk Standar mode akan menampilkan semua aplikasi utama dan widget langsung di halaman Home Screen.

Dengan begitu pada Standar mode, kamu dapat melakukan menghapus aplikasi langsung di Home Screen. Sementara Drawer mode akan menghadirkan App Drawer yang menjadi semua tempat aplikasi utama disimpan.

Apabila pada Drawer Mode, ikon aplikasi yang muncul pada Home Screen hanyalah sebuah pintasan sehingga jika ingin menghapus aplikasi harus membukanya melalui App Drawer yang tersedia maupun menu Settings.

Selanjutnya pada saat kamu ingin lebih mempercantik tampilan Home Screen mulai dari perubahan gambar ikon, wallpaper, hingga font dapat menuju aplikasi Theme Store yang secara bawaan sudah tersedia pada Home Screen dari ponsel realme.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar