Smartphone Tips dan Trik

Cara Membuka Layout Layar Awal Terkunci di Handphone realme Agar Bisa Kustomisasi

Cara Membuka Layout Layar Awal Terkunci di Handphone realme

Gadgetren – Layar Awal atau Home Screen merupakan sebuah halaman utama pada handphone yang memuat beragam shortcut yang memudahkan pengguna masuk ke dalam aplikasi.

Pada handphone Android, biasanya Home Screen juga dapat diisi dengan widget yang memberikan beragam informasi mulai dari jam, tanggal, slide foto, peta, kalender, catatan, lagu, converter mata uang, dan masih banyak lagi.

Namun terkadang kamu harus berhati-hati di Home Screen karena bisa saja secara tidak sengaja menekan lama salah satu ikon aplikasi atau widget sehingga membuatnya terhapus atau berpindah posisi.

Untuk itulah, beberapa merek handphone Android seperti realme telah menghadirkan fitur Kunci Layar Awal atau Home Screen Locked agar ikon tidak sembarangan berubah posisi. Pada beberapa handphone realme, fitur ini sudah aktif secara otomatis pada saat sistem operasi diaktifkan untuk pertama kali.

Meskipun begitu, kamu tetap dapat membuka layout Layar Awal yang terkunci jika ingin mengatur ikon-ikon yang ada.

Cara Membuka Kunci Layout Layar Awal di Handphone realme

  1. Pada Home Screen, pilih aplikasi Settings (Pengaturan)
  2. Pilih menu Home Screen & Lock Screen (Layar Awal & Layar Kunci)
  3. Khusus handphone realme berlayar AMOLED akan ada tambahan tulisan Always-On Display pada menunya.
  4. Tekan toggle di sebelah menu Home Screen Locked (Kunci tata letak layar Depan) ke posisi Off (nonaktif)
  5. Kembali ke Home Screen untuk melihat hasilnya
  6. Coba pindahkan posisi ikon aplikasi atau menambahkan widget sesuai selera

Kunci Layar Awal realme

Selain itu, kamu juga dapat mengatur banyak ikon aplikasi yang mengisi satu halaman Home Screen dengan menggunakan fitur Home Screen Layout (Tatak Letak Latar Depan).

Home Screen Layout mengizinkan kamu untuk mengisi ikon aplikasi pada halaman Home Screen mulai dari 2-5 kolom dan 4-6 baris sesuai dengan kebutuhan. Semakin banyak kolom dan baris yang dibuat, tentunya akan membuat kamu dapat menyimpan banyak ikon aplikasi dalam satu halaman.

Sementara untuk menata tampilan handphone realme menjadi lebih menarik lagi, kamu dapat membuka menu Wallpaper dengan cara melakukan gesture cubit menggunakan jari di halaman Home Screen.

Tinggalkan Komentar