ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix HOT 30 – Ada Edisi Khusus Free Fire

Kelebihan dan Kekurangan Infinix HOT 30  Header

Gadgetren – Bersaing di segmen ponsel kelas menengah, Infinix telah meluncurkan HOT 30 dengan spesifikasi dan fitur yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Mengikuti tren saat ini, Infinix HOT 30 sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat membantu untuk melakukan pembayaran digital secara cepat dan praktis.

Infinix pun telah bekerja sama dengan Free Fire di Indonesia dengan menghadirkan Infinix HOT 30 yang memiliki beberapa aksesoris, wallpaper, ringtone, dan message sound eksklusif Free Fire yang sudah tersedia dalam paket penjualannya.

Perangkat ini juga sudah menggunakan baterai berkapasitas besar yang diklaim mampu bertahan lama. Sementara untuk mengetahui lebih mendalam mengenai ponsel ini, kamu dapat melihat kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya sebagai berikut.

Kelebihan Infinix HOT 30

1. Lancar Menjalankan Game

Ponsel yang satu ini mempunyai performa yang lancar untuk menjalankan game maupun aplikasi karena telah dibekali dengan chipset MediaTek Helio G88 (12nm) Octa-Core.

Chipset tersebut memiliki MediaTek HyperEngine 2.0 Lite Gaming Technology yang mampu meningkatkan performa ponsel ketika menjalankan game. Terdapat juga fitur Dar-Link 3.0 Gaming dan Game Boost yang mampu membuat pengalaman bermain game menjadi lebih imersif.

Tak ketinggalan, fitur Link-Booming yang dapat meningkatkan kemampuan jaringan internet menjadi lebih stabil dan cepat dimana mengurangi latensi jaringan sebesar 25% dan konsumsi energi sebesar 10%.

Infinix HOT 30 Chipset

Berdasarkan benchmark internal dari Infinix, ponsel ini mampu mendapatkan skor AnTuTu V9 mencapai 253.433 poin. Bahkan performa GPU miliknya diklaim 12% lebih baik dibandingkan miliki Snapdragon 680.

RAM 8 GB yang dihadirkan pada Infinix HOT 30 dapat menangani aktivitas multitasking dari game dan aplikasi dengan lancar. Apalagi terdapat fitur RAM Extension yang mampu meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 8 GB.

Berkat kombinasi RAM fisik dan RAM Virtual, membuat Infinix HOT 30 mampu menjalankan 18 aplikasi sekaligus. Terdapat juga peningkatan sebesar 10% terhadap kecepatan membuka aplikasi.

Perangkat ini juga telah dilengkapi dengan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB yang dapat membuat pengguna secara leluasa untuk menyimpan banyak aplikasi, game, dan file sekaligus.

Untuk membuat pengalaman game menjadi lebih imersif, Infinix juga telah membenamkan dua speaker dengan teknologi DTS pada Infinix HOT 30 sehingga dapat menghasilkan suara stereo yang bertenaga dan lebih hidup.

2. Layar yang Memanjakan Mata

Hampir mirip dengan ponsel masa kini, Infinix HOT 30 sudah dilengkapi dengan layar yang memenuhi bagian depan, memiliki lebar 6,78 inci, bezel kecil, dan rasio layar ke bodi mencapai 91% sehingga konten yang ditampilkan memiliki area yang luas.

Dengan resolusi Full HD+ (2460 x 1080 piksel), teknologi IPS, dan DCI-P3 96% membuat layar ponsel ini mampu menampilkan konten dengan jelas dan warna yang kaya.

Infinix HOT 30 Display

Perangkat ini juga mempunyai refresh rate hingga 90Hz sehingga membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game dengan halus. Selain itu, sampling rate 270Hz membuat sentuhan jari terhadap layar menjadi responsif.

Apabila pengguna menginginkan konsumsi energi yang lebih hemat, maka dapat mengunci kecepatan refresh rate ke 60Hz. Terdapat juga Eye Care Mode yang mampu mengurangi radiasi sianr biru agar mata pengguna lebih terjaga.

Dilengkapi dengan sertifikasi Widevine L1, Infinix HOT 30 mampu menampilkan video hingga resolusi Full HD (1080p) pada layanan streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, VIU, Disney+ Hotstar, dan lainnya.

3. Desain Menarik

Untuk lebih menarik perhatian, Infinix pun menghadirkan desain yang unik pada Infinix HOT 30 dengan memberikan ornamen garis melengkung pada bodi belakangnya serta menggunakan bahan plastik dibentuk seolah-olah menyerupai kaca.

Infinix HOT 30 hadir dengan pilihan tiga warna yang terdiri dari Racing Black, Surfing Green, dan Sonic White yang menambahkan kesan yang lebih menawan.

Infinix-Hot-30

Masih pada bagian belakang, terdapat tiga lingkaran besar yang terdiri dari dua lingkaran untuk kamera yang disusun secara vertikal dan satu lingkaran untuk menampung LED Flash. Tepat di bagian bawah kanannya terdapat tulisan Infinix.

Dengan ketebalan 8,4mm dan bobot 196 gram, Infinix HOT 30 dapat digenggam dengan nyaman menggunakan satu tangan. Sementara bagian pinggirnya menggunakan bingkai yang datar.

4. Baterai Tahan Lama

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, ponsel ini diklaim Infinix mampu bertahan selama 10 jam untuk memainkan game, 21 jam untuk video streaming, 54 jam untuk telepon, atau 44 hari dalam kondisi siaga.

Infinix HOT 30 Baterai

Sementara apabila pengguna mengakifkan fitur Ultra Power Saving, maka ponsel ini mampu bertahan selama 2 jam untuk telepon atau 24 jam untuk kondisi siaga. Dengan daya tahan baterai yang lama ini tentunya memudahkan pengguna untuk menggunakan ponsel dalam aktivitas sehari-hari hanya dalam sekali cas per harinya.

Hadirnya fitur 33W Fast Charging dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) membuat pengisian daya baterai dari Infinix HOT 30 mampu berjalan dengan sangat cepat hanya 30 menit dari kondisi 0% ke 55%.

5. Kamera 50 MP yang Menghasilkan Foto dengan Baik

Untuk mendukung aktivitas fotografi yang baik bagi penggunanya, Infinix telah menghadirkan dua kamera belakang pada Infinix HOT 30 dengan kombinasi kamera utama 50 MP (apertur f/1.6) dan kamera AI Portrait yang secara instan dapat memudahkan pengambilan foto subjek dengan latar belakang memiliki efek bokeh.

Secara bawaan, kamera utamanya menghasilkan foto 12,5 MP karena hadirnya teknologi 4-in-1 pixel binning sehingga membuat penyerapan cahaya menjadi lebih banyak, menghasilkan warna dinamis, dan terjadi peningkatan kualitas gambar.

Infinix HOT 30 Back

Tentunya pengguna juga dapat menghasilkan foto yang beresolusi lebih besar dengan mengaktifkan fitur 50 MP atau HD (High Definition). Hadirnya fitur Super Night Mode mampu menghasilkan foto malam hari yang lebih terang dan minim noise.

Sementara kamera depan 8 MP dapat dimanfaatkan untuk beberapa fungsi seperti foto selfie, video call, maupun Face Unlock. Berkat kerja sama antara Infinix dan Free Fire, pengguna dapat menambahkan efek AR (Augmented Reality) dari karakter Free Fire kepada subjek yang difoto dengan menggunakan kamera depan maupun belakangnya.

6. Kerja Sama dengan Free Fire

Ada yang spesial untuk Infinix HOT 30 karena telah bekerja sama dengan Free Fire dengan menghadirkan paket penjualan Limited Champion Crates Unlocked.

Infinix-HOT-30-X-Free-Fire.

Dalam paket penjualannya ini, pengguna akan mendapatkan boks spesial Free Fire, topi Booyah, Warrior Lanyard, FF Limited Phone case, Alvaro Tray Eject PIN, Stiker spesial Free Fire, unit ponsel, adaptor charger, dan kabel data.

Terdapat juga 46 original Widgets dan Ikon edisi spesial Free Fire yang disematkan secara langsung pada tampilan antarmuka dari ponsel ini. Pengguna juga bisa mendapatkan Wallpaper khusus Free Fire dengan beberapa pilihan agar tidak bosan ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Tak ketinggalan, Infinix pun turut menyematkan ringtone dan message sound edisi spesial Free Fire yang tentunya akan membuat lebih semangat dalam menjalankan rutinitas harian.

Kekurangan Infinix HOT 30

1. Kamera Ultrawide Absen

Dibanderol dengan harga Rp1.899.000, justru Infinix HOT 30 belum dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal ponsel kompetitor di harga yang sama sudah banyak menggunakan kamera jenis ini.

Infinix HOT 30 Camera

Kita ketahui bersama bahwa kamera ultrawide mampu menghadirkan kemudahan bagi pengguna dalam menghasilkan foto dengan area yang luas secara instan. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot-repot menggunakan mode Panorama.

Dengan tidak hadirnya kamera ultrawide, maka pengguna harus memakai mode Panorama dengan menggeser kamera dari kiri ke kanan atau sebaliknya secara perlahan agar bisa menghasilkan foto dengan area luas yang rapi.

Nantinya foto dari mode Panorama akan disulam untuk menghasilkan kesatuan foto area yang luas. Namun tentunya ini lebih sulit dibandingkan kamera ultrawide sehingga cukup penting untuk disematkan pada ponsel masa kini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar