ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Screenshot dan Merekam Layar Infinix HOT 30 Untuk Abadikan Konten

Cara Screenshot dan Merekam Layar Infinix HOT 30 Header

Gadgetren – Sebagai ponsel berbasis Android masa kini, Infinix HOT 30 sudah dilengkapi beberapa fitur seperti kemampuan untuk melakukan screenshot.

Dengan kemampuan screenshot, kamu dapat mengabadikan momen yang tampil pada layar Infinix HOT 30 seperti bukti pembayaran, langkah-langkah atau walkthrough game, tutorial untuk mengaktifkan fitur ponsel, dan masih banyak lagi.

Hampir sama dengan ponsel Android pada umumnya, Infinix HOT 30 menyediakan kombinasi tombol fisik untuk mengambil screenshot dengan cepat tanpa melakukan pengaturan terlebih dulu.

Cara Screenshot Infinix HOT 30

Kombinasi Tombol Fisik

  • Cari area yang akan kamu screenshot.
  • Tekan tombol Power dengan Volume Bawah secara bersamaan di Infinix HOT 30.
  • Layar akan berkedip dan suara shutter berbunyi.
  • Screenshot telah berhasil diambil.

Meskipun kombinasi tombol sangat mudah dilakukan, namun hal ini akan membebankan tombol Power yang jika digunakan secara terus menerus akan membuatnya lebih cepat kerusakan. Padahal kita tahu bersama bahwa tombol Power memiliki fungsi vital untuk menghidupkan dan mematikan ponsel.

Untuk mengurangi pengguna tombol fisik, kamu dapat memanfaatkan fitur yang telah tersedia seperti gesture dengan melakukan sapu layar dari bagian atas ke bawah menggunakan tiga jari.

Gesture Tiga Jari

  • Cari area yang akan kamu ambil screenshot.
  • Sapu layar dari atas ke bawah dengan 3 jari.
  • Layar akan berkedip dan suara shutter terdengar.
  • Screenshot sudah selesai diambil.

Fitur gesture tiga jari biasanya sudah aktif sejak Infinix HOT 30 pertama kali dinyalakan sehingga kamu tidak perlu melakukan pengaturan lagi. Sebagai alternatifnya, kamu juga dapat memanfaatkan fitur yang terdapat di Quick Settings untuk mengambil Screenshot.

Melalui Quick Settings

  • Tentukan area yang akan diambil screenshot.
  • Sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari.
  • Quick Settings akan muncul.
  • Tekan tombol Screenshot berikon kotak.
  • Layar akan berkedip dan suara shutter berbunyi.
  • Screenshot berhasil diambil.

Setelahnya kamu dapat melihat gambar hasil screenshot langsung melalui aplikasi Gallery atau File Manager yang mana biasanya tersimpan pada folder screenshot.

Selain screenshot, Infinix HOT 30 juga menghadirkan fitur yang memungkinkan kamu untuk merekam layar berkat hadirnya fitur Screen Record sehingga kamu dapat mengabadikan semua konten di dalam layar ponsel lebih interaktif.

Cara Merekam Layar Infinix HOT 30

  1. Tentukan area yang akan menjadi awalan dari perekaman layar.
  2. Sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari.
  3. Quick Settings akan muncul.
  4. Tekan tombol Screen Record.
  5. Pada menu yang melayang, tekan tombol Record berikon lingkaran merah untuk mulai merekam.
  6. Jika sudah selesai, tekan tombol Stop berikon kotak merah di menu melayang.

Perlu dicatat bahwa kamu juga dapat menentukan sumber suara untuk perekaman layar yang terdiri dari suara dari perangkat saja, suara dari mikrofon, maupun suara dari keduanya. Selain itu, kamu juga dapat menentukan apakah akan menampilkan titik putih pointer ketika jari menyentuh layar atau tidak sama sekali.

Dengan hadirnya fitur bawaan untuk screenshot dan perekaman layar di Infinix HOT 30 ini jadinya kamu tidak perlu repot lagi dalam mengunduh aplikasi dari pihak ketiga. Hal yang sama juga akan kamu temukan pada ponsel Infinix terbaru lainnya.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar