ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix HOT 30i – Bisa Jadi Standar Baru di Kelas Entri

Kelebihan dan Kekurangan Infinix HOT 30i - Header

Gadgetren – Meluncur di Indonesia dengan label harga perdana Rp1.449.000, Infinix HOT 30i tentunya bisa menjadi alternatif tak kalah menggoda dengan spesifikasi yang dibawanya.

Perangkat kelas entri dari Infinix tersebut apalagi memuat sejumlah dukungan unggulan yang umumnya dibawa oleh ponsel-ponsel di atasnya. Jadi bisa dibilang lebih komplit ketimbang sejumlah produk dari merek lain yang meluncur kurang dari Rp1,5 juta.

Fitur-fitur unggulan inilah yang menjadi kelebihan dari Infinix HOT 30i. Kita yang sedang berencana meminang ponsel tersebut pun dapat menjadikannya sebagai bahan pertimbangan supaya nanti bisa lebih memantapkan hati.

Kelebihan Infinix HOT 30i

1. Memori Besar dan Bisa Diperluas

Infinix HOT 30i salah satu di antaranya menggedor pintu kelas entri dengan konfigurasi memori yang sangat besar. Jika kebanyakan perangkat di bawah Rp1,5 juta masih menggunakan RAM kurang dari 4GB, ponsel tersebut sudah membawa kapasitas 8GB.

Dengan RAM berkapasitas besar, Infinix HOT 30i secara teknis bakalan lebih enteng saat dipakai untuk melakukan multi-tasking. Perangkat tersebut bakalan mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus atau menjalankan sejumlah aplikasi di belakang layar dengan lancar.

Meskipun sudah membawa RAM yang berukuran besar, Infinix HOT 30i menariknya juga dilengkapi dengan fitur Extended RAM yang mampu memperluas kapasitasnya dengan tambahan hingga 8GB secara virtual. Akan cukup membantu jika merasa memorinya masih terasa kurang.

Di sisi lain, Infinix HOT 30i juga sudah dilengkapi dengan media penyimpanan internal sebesar 128GB padahal kebanyakan perangkat sekelasnya masih di bawah 64GB. Kita makanya bisa lebih leluasa untuk menyimpan lebih banyak foto, video, dokumen, hingga data aplikasi.

INFINIX-HOT-30i-spek-

2. Layar Luas dengan Refresh Rate Tinggi

Untuk sebuah ponsel yang dibanderol dengan harga kurang dari Rp1,5 juta, layar Infinix HOT 30i juga bukan kaleng-kaleng. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan panel IPS berukuran 6,6 inci yang menjanjikan tampilan gambar lebih lega.

Infinix menyebutkan bahwa panel yang dipakai juga sudah mempunyai tingkat kecerahan hingga 500 nit. Digabungkan dengan teknologi Dark Region Enhancement (DRE), layarnya diklaim bisa membuat tampilan gambar atau konten tetap terlihat jelas meskipun dipakai di luar ruangan.

Yang paling menarik, layar kepunyaan Infinix HOT 30i juga sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz. Jadi secara teori bakal mampu menyajikan animasi gambar yang terlihat lebih mulus jika didukung oleh konten baik itu video maupun game.

3. Baterai Berkapasitas Besar

Saat menggunakan Infinix HOT 30i untuk beraktivitas sehari-hari, kita pun tak perlu merasa khawatir perangkat akan cepat kehabisan daya. Ponsel kelas entri tersebut soalnya juga sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh.

Baterai Infinix HOT 30i bahkan diklaim mampu bertahan hingga 41 hari dalam mode siaga, 60 jam untuk melakukan panggilan telepon, 24 jam buat streaming video, atau 14 jam saat dipakai bermain game berdasar pengujian laboratorium internal Infinix.

Jika lupa melakukan pengisian, Infinix HOT 30i juga mempunyai dukungan Ultra Power Saving Mode yang memungkinkan baterai bertahan lebih lama. Fitur ini bahkan bisa membuat perangkat tetap dipakai menelepon selama 2 jam atau menyala selama 2 hari dalam mode siaga meski kapasitas dayanya tersisa 5 persen.

4. Fitur Lengkap

Banderol harga kurang dari Rp1,5 juta juga tidak mengurungkan niat Infinix untuk menyematkan berbagai macam fitur ke dalam ponsel tersebut. Infinix HOT 30i makanya masih meluncur dengan dukungan yang bisa dibilang lengkap.

Bahkan salah satu di antaranya, Infinix masih menyematkan sensor pemindai sidik jari untuk memudahkan pengguna membuka layar kunci. Desainnya pun sudah mengikuti tren masa kini di mana ditempatkan di sisi samping bersama tombol Power alih-alih di bodi belakang.

Ponsel tersebut juga masih dilengkapi dengan dukungan khas perangkat entri seperti jack audio 3,5mm maupun slot kartu terdedikasi yang memungkinkan pengguna memasang dua buah nomor dan MicroSD dengan kapasitas hingga 1TB secara bersamaan.

Untuk menunjang proses pengisian daya dan transfer data, Infinix HOT 30i juga sudah memakai antarmuka USB Type-C. Teknologi yang ditawarkan memang belum mutakhir tetapi setidaknya lebih mudah saat perlu memasang kabel data dibandingkan Micro USB.

INFINIX-HOT-30i

5. Kamera Utama Beresolusi Tinggi

Hadir di level entri, Infinix HOT 30i menariknya juga sudah didukung dengan kamera utama beresolusi tinggi. Perangkat tersebut dalam hal ini mempunyai lensa hingga 50MP yang dikombinasikan dengan sensor AI (Artificial Intelligence) sebagai pendukung.

Kombinasi kamera Infinix HOT 30i ini tentu sudah lebih dari cukup untuk mengabadikan berbagai macam momen penting lalu mengunggahnya ke media sosial. Lensa beresolusi 50MP milik ponsel tersebut secara teknis bakal mampu menghasilkan foto dengan ukuran tinggi sehingga tidak mudah pecah.

Fitur-fitur pengambilan gambar yang ditawarkan oleh Infinix HOT 30i juga tergolong lengkap. Di dalamnya bahkan terdapat mode perekaman video super slow motion atau gerakan lambat yang mampu menangani hingga 120fps.

Kekurangan Infinix HOT 30i

1. Masih Memakai Android 12

Sebagai ponsel baru yang meluncur di Tahun 2023, Infinix HOT 30i sayangnya masih memakai sistem operasi Android 12 di mana dalam hal ini dibalut dengan antarmuka XOS 12. Padahal Android 13 sudah keluar dan menjadi andalan bagi sejumlah perangkat.

Pemakaian sistem Android 12 ini sebenarnya bukan masalah besar karena bisa terselesaikan dengan adanya pembaruan. Hanya saja jika berkaca pada ponsel-ponsel Infinix sebelumnya, tidak ada jaminan bahwa Infinix HOT 30i akan mendapatkannya.

Hal ini cukup disayangkan karena beberapa merek sudah menawarkan pembaruan setidaknya hingga dua generasi sistem operasi Android. Sebagian di antaranya bahkan memastikan bahwa perangkat-perangkat buatannya akan memperoleh peningkatan patch keamanan hingga empat tahun.

2. Magnet Sidik Jari

Karena dibuat dengan lapisan yang mengkilap, bodi Infinix HOT 30i sayangnya menjadi lebih mudah kotor akibat berkas sidik jari. Kita mungkin perlu menyiapkan tisu atau kain khusus supaya perangkat senantiasa tetap terlihat bersih.

Kabar baiknya, paket penjualan Infinix HOT 30i termasuk sangat lengkap. Di dalam kotaknya sudah terdapat case yang bisa dipakai untuk melindungi bodi belakang perangkat supaya tidak mudah kotor akibat sidik jari maupun kotoran lainnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar