ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Infinix HOT 20i Vs Infinix HOT 30i – Ada Banyak Peningkatannya

Infinix HOT 20i Vs HOT 30i - Header

Gadgetren – Baru akhir Tahun 2022 kemarin Infinix memboyong Infinix HOT 20i ke Indonesia. Namun hanya butuh waktu kurang lebih 5 bulan, mereka sudah meluncurkan Infinix HOT 30i sebagai penerusnya.

Infinix HOT 30i pun dapat menjadi salah satu alternatif tambahan bagi kita yang memerlukan ponsel baru. Terlebih lagi, perangkat tersebut pun ternyata membawa peningkatan lumayan signifikan jika dibandingkan dengan Infinix HOT 20i yang meluncur sebelumnya.

Mulai dari chipset yang lebih bertenaga, kamera lebih tinggi, layar lebih memesona, hingga dukungan memori lebih besar menjadi beberapa di antaranya. Beberapa peningkatan ini pun dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memantapkan hati bagi kita yang ingin upgrade menggunakan Infinix HOT 3i baik dari pendahulunya tersebut maupun model lain.

Perbedaan Infinix HOT 20i Vs Infinix HOT 30i

Pada sektor dapur pacu, Infinix HOT 30i kini sudah menggunakan chipset MediaTek Helio G37 yang mana sama-sama chipset khusus yang dibuat untuk kebutuhan gaming. Sebuah peningkatan cukup lumayan jika dibandingkan dengan MediaTek Helio G25 yang menjadi andalan Infinix HOT 20i sebelumnya.

Helio G37 memang mempunyai arsitektur inti dan basis olah grafis yang serupa dengan Helio G25 di mana keduanya sama-sama mengandalkan ARM Cortex-A53 maupun IMG PowerVR GE8320. Hanya saja frekuensi yang digunakan sedikit lebih tinggi sehingga kinerja yang dapat dihasilkan pun lebih bertenaga walaupun sebenarnya bisa dikatakan masih di kelas yang sama.

Di Helio G37, arsitektur ARM Cortex-A53 miliknya mampu dipacu hingga 2,3GHz sementara olah grafisnya hingga 680MHz. Sementara Helio G25 hanya sampai 2,0GHz dan 650MHz jika dilihat dengan urutan yang serupa. Sekilas terlihat sedikit memang, namun sudah cukup untuk memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan Helio G25 yang mana sudah cukup berumur.

Infinix HOT 20i Vs HOT 30i - 1

Infinix HOT 20i

Dengan peningkatan frekuensi pada basis inti dan olah grafisnya, Helio G37 secara teknis makanya mempunyai kinerja yang lebih bertenaga. Chipset ini juga yang memungkinkan Infinix HOT 30i mengemas kamera utama dengan dukungan lebih tinggi.

Bagi kamu yang belum tahu, Infinix HOT 20i sebelumnya hanya membawa kamera utama dengan resolusi 13MP. Infinix HOT 30i dengan bantuan ISP yang ditawarkan oleh Helio G37 pun mampu mendongkraknya sehingga lensa utamanya menjadi 50MP.

Hanya saja di balik peningkatan kamera utama ini, Infinix HOT 30i harus mengorbankan kemampuan dari lensa depannya. Perangkat tersebut kini hanya mengandalkan sensor beresolusi 5MP padahal Infinix HOT 20i sebelumnya sudah menawarkan hingga 8MP.

Hal ini dilakukan mungkin untuk membuat harganya tidak melonjak tinggi dengan chipset yang lebih bertenaga. Pastinya bermain game atau menonton video juga bakal terasa lebih menyenangkan dengan Infinix HOT 30i karena tidak hanya dapur pacu yang mendapatkan peningkatan.

Meskipun mempunyai ukuran dan resolusi yang hampir sama dengan Infinix HOT 20i, layar ponsel terbaru ini sudah dilengkapi dengan dukungan refresh rate hingga 90Hz yang menawarkan pergerakan animasi lebih baik.

Infinix HOT 20i Vs HOT 30i - 2

Infinix HOT 30i

Layar yang mendukung refresh rate lebih tinggi umumnya akan mampu menghasilkan animasi lebih mengalir sehingga gerakan gambar terlihat lebih natural. Hanya saja dengan catatan, konten yang ditayangkan pun sudah ikut membawa pengaturan untuk bisa mendukungnya.

Yang tak kalah menarik, konfigurasi memori Infinix HOT 30i juga menjadi lebih besar meskipun diluncurkan dengan banderol harga serupa Infinix HOT 20i. Ponsel tersebut kini mengandalkan RAM berkapasitas 8GB padahal generasi sebelumnya hanya 4GB.

Peningkatan kapasitas memori pun juga diikuti dengan pemutakhiran fitur Extended RAM miliknya untuk membantu kebutuhan multitasking. Tidak seperti Infinix HOT 20i yang hanya mampu memberikan tambahan hingga 3GB sehingga totalnya menjadi 7GB saja, Infinix HOT 30i mendukung penambahan yang lebih besar lagi hingga 8GB sehingga bisa menjadi 16GB.

Perubahan yang cukup kentara dari kedua ponsel tersebut juga terletak pada desain. Salah satu di antaranya, penempatan sidik jari Infinix HOT 30i tidak lagi di belakang bodi seperti Infinix HOT 20i melainkan memindahkannya di sisi samping bersama tombol Power selayaknya perangkat-perangkat masa kini. Dengan begitu desainnya pun menjadi terlihat lebih modern.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar