ASUS TUF Gaming FX507
Laptop / PC

Mengenal AMD Advantage yang Diklaim Hadirkan Pengalaman Gaming Optimal

Apa Itu AMD Advantage - Header

Gadgetren – Komputer dan laptop pada dasarnya memerlukan dukungan dari peranti keras maupun lunak yang tepat supaya bisa menjalankan berbagai macam judul game dengan lebih lancar.

Makanya, sejumlah manufaktur komputer maupun laptop secara khusus mengembangkan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sebagian di antara mereka bahkan sampai ada yang berkolaborasi supaya perangkat buatannya bisa lebih menyenangkan.

Dari sekian banyak kolaborasi yang ada, AMD Advantage menjadi salah satu di antaranya. Kita pun bisa mempertimbangkan jajaran perangkat hasil kerja sama ini jika sedang mencari komputer atau laptop untuk bermain game.

Apa Itu AMD Advantage?

Bagi kamu yang belum tahu, AMD Advantage adalah kerangka desain dari kolaborasi antara AMD dengan mitra global mereka untuk menghasilkan perangkat desktop dan laptop generasi selanjutnya yang mempunyai kinerja mumpuni dalam bermain game.

Berbagai macam perangkat AMD Advantage umumnya akan dirancang agar dapat menjadi perlengkapan terbaik untuk bermain game. Laptop dan desktop dalam jajarannya akan memadukan antara peranti keras dan lunak dengan kerangka yang tepat sehingga cocok untuk profesional maupun pembuat konten.

AMD Advantage akan menyatukan berbagai produk dalam ekosistem AMD. Mencakup prosesor AMD Ryzen dan kartu grafis AMD Radeon terbaik yang dikombinasikan dengan AMD Smart Technologies dengan berbagai macam fitur pendukungnya.

Sedikit informasi buat kamu yang belum tahu, AMD Smart Technologies merupakan sistem yang dirancang untuk membuka kemampuan prosesor Ryzen dan pemroses grafis Radeon. Di dalamnya termasuk AMD Smart Access Memory, AMD SmartShift, hingga AMD SmartAccess Graphics.

AMD SmartAccess Graphics di Laptop ASUS

AMD Smart Access Memory sendiri merupakan fitur yang memungkinkan prosesor Ryzen dapat mengakses secara lancar memori grafis Radeon. AMD SmartShift untuk mengelola pemakaian daya. AMD SmartAccess Graphics untuk mengontrol pengaturan pemroses gambar.

Secara khusus untuk laptop, AMD Advantage pun akan memastikan bahwa perangkat-perangkat dalam kerangka ekosistem pengembangannya bakalan dilengkapi dengan layar beresolusi tinggi yang canggih, berkelas game, dan premium.

Selain menawarkan AMD FreeSync technology yang menjanjikan animasi bisa berjalan lebih mengalir tanpa kendala, jajaran laptop AMD Advantage akan menawarkan setidaknya layar yang mempunyai refresh rate hingga 144Hz dengan tingkat kecerahan lebih dari 300 nit.

Salah satu produk bersertifikat AMD Advantage yang sudah tersedia di Indonesia meliputi ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition lewat prosesor berasitektur Zen 3+ dan Zephyrus G14 2022 yang mengandalkan Ryzen 6000 Series sebagai dapur pacunya.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ (10)

Kedua laptop tersebut dijamin memiliki performa yang dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas komputasi. Bahkan Zephyrus G14 yang sebelumnya sudah tim Gadgetren ulas mampu mendapatkan +100 FPS ketika diuji bermain Shadow of Tomb Raider pada pengaturan grafis High di resolusi native.

Pengalaman bermain game pun terasa semakin memuaskan berkat adanya layar dengan refresh rate tinggi yang responsif. Salah satu aspek yang menjadi syarat untuk bisa mendapatkan label AMD Advantage.

Hadirnya AMD Advantage memungkinkan CPU dan GPU dapat bekerja harmonis untuk memberikan kinerja optimal lewat fitur-fitur yang diusungnya seperti AMD SmartAccess Graphics. Kombinasi CPU dan GPU yang sama-sama besutan AMD tersebut menjadi senjata yang ampuh untuk melibas segala jenis kebutuhan mulai dari membuat konten hingga bermain game.

ASUS Zephyrus G14 2022 dengan Ryzen 6000 Series sendiri tersedia di Indonesia dalam konfigurasi Ryzen 9 69000HS, Radeon RX 6700HS, RAM DDR5 16GB (Dual-Channel), M.2 NVMe PCIe SSD 512GB, dan layar 1920 x 1200 piksel dengan refresh rate 144Hz.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar