ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Review ASUS ROG Zephyrus G14 (Ryzen 6000 Series) – Laptop Trendi dengan Performa Ganas

Review ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ Header

Review ASUS ROG Zephyrus G14 (Ryzen 6000 Series)
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Fitur - 10/10
    10/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9.2/10

Kesimpulan

ASUS ROG Zephyrus G14 merupakan laptop luar biasa yang bisa dikatakan hampir sempurna dengan membawa kinerja tangguh yang dibalut dalam desain trendi.

Yang Disukai

  • Performa ngebut
  • Bodi masih ramping dan ringan
  • Layar terasa memuaskan
  • Keyboard dan touchpad luas
  • Mendukung Windows Hello
  • Banyak fitur-fitur menarik

Yang Tidak Disukai

  • Bodi terasa panas saat nge-game
  • Baterai masih bisa lebih baik
  • Warna putih yang mudah kotor

Gadgetren – ASUS ROG Zephyrus G14 hadir meneruskan generasi sebelumnya dengan membawa dapur pacu lebih mutakhir dengan fitur yang lebih baru.

Laptop dari lini Zephyrus yang bisa dikatakan tidak biasa ini semakin menyempurnakan apa yang sudah dibangun oleh pendahulunya.

Kini ASUS ROG Zephyrus G14 selain menghadirkan desain yang lebih gaya juga dibekali prosesor AMD Ryzen 6000 Series untuk memastikan kinerja yang diberikan selalu terbaik. Lebih jauh lagi, berikut ulasan dari tim Gadgetren selama mencoba laptop ini.

ASUS ROG Zephyrus G14 kembali tampil dengan desain sangat trendi lewat bodinya yang dilapisi Prismatic Film untuk varian berwarna Moonlight White seperti unit yang diuji. Tersedia pula varian lainnya berupa Eclipse Gray yang tidak kalah menariknya.

Tak ketinggalan ada AniMe Matrix yang berisikan 1.499 mini-LED yang menghiasi bagian penutupnya. Fitur ini pun menjadi salah salah segmen yang mendapat peningkatan pada ASUS ROG Zephyrus G14 terbaru.

Hadirnya jumlah lampu mini-LED yang lebih banyak membuat kanvas untuk berkreasi semakin luas. Lampu-lampu dari AniMe Matrix juga akan menyala ketika bermain game-game dari OMNI virtual pet sehingga membuat suasana semakin seru.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ (1)

Tentu seperti generasi sebelumnya, AniMe Matrix dapat digunakan untuk menampilkan berbagai hal termasuk gambar buatan sendiri sehingga ROG Zephyrus G14 dapat terlihat lebih personal dan beda dari lainnya.

AniMe Matrix yang sudah menjadi ciri khas dari seri ROG Zephyrus G14 ini dapat menampilkan animasi, teks, audio, hingga informasi sistem yang mana dapat disesuaikan dengan kebutuhan melalui Armoury Crate yang terpasang secara bawaan.

Sebagai laptop berukuran 14 inci, area keyboard terasa cukup luas dan nyaman untuk digunakan mengetik. Setiap tuts pun terasa responsif ketika ditekan berkat aktuasi yang baik dan permukaannya yang tegas. Tidak membutuhkan waktu lama untuk terbiasa dengan susunan keyboard laptop ini agar bisa mengetik dengan lancar.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ (3)

Di bagian atas keyboard tersedia empat hotkey khusus yang juga dapat berfungsi sebagai tombol makro. Sementara untuk area touchpad pun memiliki permukaan yang sangat luas sehingga memudahkan jari menelusur dalam menggerakkan kursor untuk navigasi.

ASUS ROG Zephyrus G14 pun kembali membawa desain ErgoLift andalan ASUS yang mana bodi laptop akan sedikit mengangkat ketika dibuka untuk memberikan ergonomis yang lebih baik sambil memberikan ruang untuk ventilasi udara.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ (4)

Kembali ke bodinya, rangka yang terbuat dari aluminium memungkinkan laptop ini dapat memiliki bodi tetap kokoh dengan dimensi yang ramping dan ringan dengan bobot 1,72 Kg. Pada bagian bawahnya pun tersedia ventilasi berupa lubang-lubang kecil agar komponen yang bekerja di dalamnya selalu mendapat udara segar.

Sistem pendinginan yang baik pastinya sangat dibutuhkan mengingat dapur pacu yang dibawa oleh ASUS ROG Zephyrus G14 tergolong sangat bertenaga untuk sebuah laptop. Untuk unit yang diuji, pada pusatnya terdapat AMD Ryzen 9 6900HS yang memiliki 8 Core dan 16 Thread dengan kecepatan maksimal 4,9 GHz.

Bersamaan dengan itu ada AMD Radeon RX 6700HS dengan VRAM 8GB untuk kebutuhan olah grafis. Sebagai catatan, unit yang diuji merupakan sample regional yang mana sedikit berbeda di GPU karena menggunakan RX 6800S. Namun yang pasti kombinasi CPU dan GPU yang sama-sama dari AMD tersebut dapat digunakan untuk segala kebutuhan mulai dari membuat konten hingga bermain game AAA keluaran terbaru.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ Spesifikasi

Sebagai laptop yang masuk ke dalam jajaran AMD Advantage, kehadiran teknologi AMD SmartShift Max dapat mengalokasikan daya dengan lebih baik yang mana untuk GPU bisa mencapai 100 Watt sehingga dapat disesuaikan dengan beban kinerja yang dibutuhkan. Serta teknologi AMD Smart Access Memory yang memungkinkan CPU mendapatkan akses penuh VRAM yang ada di GPU.

Sementara itu tersedia pula RAM DDR5 16GB (32GB untuk unit yang diuji) dalam konfigurasi Dual-Channel yang dapat ditingkatkan hingga 32GB serta penyimpanan M.2 NVMe PCIe SSD berkapasitas 512GB (1TB untuk unit yang diuji). Dengan begitu kebutuhan aplikasi masa kini maupun multitasking dapat dipenuhi dengan mudah sambil menjaga sistem tetap berjalan responsif.

Berdasarkan pengujian sintentis menggunakan Cinebench R23, ASUS ROG Zephyrus G14 dengan Ryzen 9 69000HS mampu meraih skor 1.482 poin untuk Single Core dan 10.262 poin untuk Multi Core. Pada pengujian yang lebih umum menggunakan PCMark 10, skor yang didapat mencapai 6.823 poin.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ Benchmark

Angka tersebut tentunya tergolong tinggi untuk sebuah laptop yang mana bahkan bisa disandingkan dengan performa desktop. Maka dari itu apapun aplikasi yang dijalankan khususnya aplikasi populer dijamin lancar tanpa perlu khawatir beban yang dibutuhkan.

Begitu juga dalam hal multimedia, konten yang ditampilkan dapat berjalan tanpa kendala seperti konten video 4K. Untuk layarnya sendiri, laptop ini menyajikan ukuran 14 inci dengan panel IPS-level dengan resolusi 1920 x 1200 yang didukung Refresh Rate 144Hz dan cakupan 100% sRGB.

Selain itu layarnya juga sudah memiliki Adaptive Sync dan mendukung Dolby Vision HDR untuk membuat konten dapat semakin nyaman dinikmati. Menariknya lagi, kehadiran MUX Switch akan mengurangi latensi dan membuat kinerja GPU semakin optimal.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ (10)

Layar dengan rasio 16:10 ini memiliki tingkat respon 3ms saja dengan kecerahan mencapai 400 nits dan sudah tervalidasi oleh Pantone untuk menjamin pengalaman visual yang gesit agar bermain game menjadi semakin nyaman.

Oleh karena itu tidak heran jika ASUS ROG Zephyrus G14 dapat memainkan game AAA dengan lancar. Misalnya saja pada Shadow of The Tomb Raider, laptop ini mampu mendapatkan rata-rata 107 FPS dan maksimal 126 FPS pada preset grafis High dan resolusi 1920 x 1200 piksel.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ Tomb Raider

Begitu juga pada Cyberpunk 2077 yang dapat dijalankan pada preset grafis dan resolusi serupa dengan raihan rata-rata 99 FPS dan maksimal 145 FPS. Angka tersebut tentunya mengartikan pengalaman bermain yang mulus tanpa perlu mengorbankan kualitas grafis.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ Cyberpunk 2077

Pastinya ASUS ROG Zephyrus G14 sanggup untuk dibawa bermain game berat sekalipun. Jadi bagi yang ingin bermain game kasual atau eSport bakal bisa mendapatkan FPS tinggi dan memanfaatkan secara penuh refresh rate 144Hz dari layarnya.

Hanya saja walaupun ASUS ROG Zephyrus G14 sudah dibenamkan solusi pendingin yang cukup canggih di dalamnya seperti vapor chamber hingga kipas Arc Flow, suhu komponen masih cukup panas ketika dibawa bermain game berat hingga terasa pada bagian permukaan, khususnya sisi keyboard yang mana panas ketika disentuh.

Tentunya ini mengurangi kenyamanan jika bermain dalam waktu lama, namun tidak berpengaruh sama sekali saat digunakan beraktivitas umum. Suhu komponen sendiri baik GPU dan CPU tercatat bisa lebih dari 90C ketika bermain game.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ Suhu

Selain segmen visual dan performa yang jempolan, laptop ini juga dibekali Dolby Atmos untuk urusan audio. OIeh karena itu ASUS ROG Zephyrus G14 dalam hal menikmati konten audio visual sebagai hiburan maupun kebutuhan produktivitas sudah tidak perlu diragukan lagi kinerjanya.

Keunggulan laptop yang satu ini pun tidak berhenti di situ saja karena masih banyak fitur-fitur lain yang dibawanya untuk menunjang aktivitas sehari-hari maupun bekerja lebih nyaman. Sudah langsung menjalankan Windows 11 secara bawaan, laptop ini mendukung Windows Hello menggunakan pemindai wajah berkat adanya kamera HD 720p IR.

Dalam hal konektivitas, ASUS ROG Zephyrus G14 sudah dilengkapi dukungan nirkabel mutakhir lewat Wi-Fi 6E Triple Band dan Bluetooth 5.2 untuk memastikan jaringan yang diterima maupun perangkat lain terhubung secara stabil.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ (6)

Sementara untuk dukungan port sendiri tersedia cukup lengkap mulai dari 3,5mm combo audio jack, USB 3.2 Gen 2 Type-A, USB 3.2 Gen 2 Type-C, HDMI, dan micro SD sehingga dapat mendukung perangkat masa kini tanpa perlu teralu bergantung pada dongle. Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, ASUS mempercayakan baterai sebesar 76Whr sebagai daya kehidupannya ketika tidak terhubung ke sumber listrik.

Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 8 pada mode Work, laptop ini berhasil mendapatkan skor 2 jam 41 menit yang terbilang bersaing dengan laptop lain di kelasnya. Angka tersebut pun terbilang wajar untuk sebuah laptop gaming yang mana memang punya konsumsi daya besar.

Untuk pengisian dayanya sendiri terbilang cepat karena dibekali charger 100 Watt yang dapat mengisi dayanya sebanyak 50% hanya dalam waktu 30 menit saja. Dengan begitu laptop bakal selalu siap digunakan dan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengisi daya ketika kehabisan daya.

ASUS ROG Zephyrus G14 - GA402RJ Baterai

Secara keseluruhan ASUS ROG Zephyrus G14 merupakan laptop luar biasa yang bisa dikatakan hampir sempurna untuk sebagian besar pengguna pada umumnya. Kinerja tangguh yang dibalut dalam desain trendi pastinya membuat laptop ini patut untuk dilirik.

Hanya saja memang dalam hal panas sedikit perlu diperhatikan karena cukup terasa secara langsung pada bodinya. Warna putihnya pun mudah kotor dan berpotensi menguning setelah sekian lama digunakan. Akan tetapi fitur yang dibawanya sudah lengkap untuk menunjang kebutuhan masa kini dan yang akan datang sehingga memungkinkan laptop ini digunakan dalam waktu yang lama.

Versi retail dari ASUS ROG Zephyrus G14 – GA402RJ sendiri sudah tersedia di Indonesia dan bisa kamu dapatkan dengan harga banderol Rp31.999.000 melalui kanal resmi ASUS Store.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar