Review Laptop / PC

Hands On ASUS Zephyrus G14 dengan AMD Ryzen 6000 Series – Laptop Gaming Bisa Buat Kerja

ASUS-ROG-Zephyrus-G14-x-AMD-1

Gadgetren – Selain membawa deretan ASUS ROG terbaru dengan prosesor Intel Core generasi ke-12 di tahun 2022, ASUS juga dalam waktu dekat akan turut menghadirkan jajaran laptop ROG ke Indonesia yang ditenagai oleh AMD Ryzen 6000 Series.

Salah satu yang akan dibawa ke Indonesia ialah laptop ROG Zephyrus G14 yang dikenal menawarkan fitur khasnya berupa AniMe Matrix di mana muncul di bagian penutup laptopnya. AniMe Matrix merupakan kumpulan mini LED yang mampu menampilkan beragam jenis animasi seperti teks, audio, efek, dan kondisi sistem ROG Zephyrus G14.

Tim Gadgetren pun mendapatkan kesempatan mencoba dan melihat secara langsung laptop gaming ROG Zephyrus G14 versi AMD ini. Terlihat ada yang berbeda dari generasi sebelumnya pada fitur AniMe Matrix yang mana kali ini ASUS menyematkan lubang CNC lebih banyak.

Adapun ROG Zephyrus G14 versi AMD memiliki sebanyak 14.969 lubang CNC dengan 1.449 mini LED sedangkan sebelumnya hanya 6.536 dengan 1.215 mini LED sehingga saya bisa lebih puas melihat animasi yang tampil pada AniMe Matrix.

Laptop ini cocok digunakan untuk pengguna yang suka bermain game yang tidak terlalu berat tetapi juga menginginkan laptop yang bisa diajak untuk bekerja di manapun berada. Oleh karena itu, laptop gaming versi AMD ini masih mengusung desain Ergolift pada bagian engsel penutup laptopnya.

Ditambah lagi kini bisa diputar hingga 180º sehingga layar akan bisa rebahan. Dengan begitu saya bisa menggunakan laptop tersebut untuk keperluan seperti presentasi untuk memperlihatkan konten di layar kepada teman maupun rekan kerja.

ASUS-ROG-Zephyrus-G14-x-AMD-2

Berkat desain Ergolift, ketika mengetik posisinya pun terasa pas dan tangan saya tidak pegal atau menggantung karena keyboard mengangkat ke atas. Hadirnya desain Ergolift pada engsel penutup juga berkaitan dengan aliran udara pada sistem pendinginan yang membuat sirkulasinya akan semakin lancar dibandingkan dengan laptop yang tidak memiliki desain tersebut.

Lebih jauh, warna ROG Zephyrus G14 versi AMD akan tersedia di Indonesia mencakup putih dan abu-abu. Ketika saya menggenggam laptop ini, saya merasakan permukaannya mulus dan lembut bila disentuh oleh telapak tangan.

ASUS-ROG-Zephyrus-G14-x-AMD-7

Bobotnya pun tidak terlalu berat di mana sekitar 1,65 kg dengan dimensi yang menurut saya tidak terlalu besar seperti laptop gaming pada umumnya maupun seri laptop ROG lainnya. Pada bagian touch pad tampak memiliki area yang lebih luas dibandingkan pendahulunya sehingga saya tidak perlu menggunakan mouse.

ROG Zephyrus G14 versi AMD ini hanya mengandalkan Windows Hello melalui kamera layarnya dan tidak menyematkan pemindai sidik jari. Sementara di pinggir kanan dan kiri bodinya terdapat speaker serta port yang terbilang lengkap mencakup 1x audio jack, 1 slot microSD, 1x HDMI, 2x USB tipe A 3.2 Gen2, 1x USB tipe C 3.2 Gen2, dan USB tipe C untuk Power Delivery.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar