ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

OPPO Find X6 Pro Berhasil Jadi Raja Ponsel Berkamera Terbaik Menurut DxOMark

OPPO-Find-X6-Pro

Gadgetren – Dengan total skor 153 poin, OPPO Find X6 Pro dinobatkan sebagai ponsel pintar dengan kamera terbaik versi DxOMark yang berhasil mengalahkan dua perangkat flagship lainnya, yakni Honor Magic5 Pro dan HUAWEI Mate 50 Pro.

DxOMark menilai kamera OPPO Find X6 Pro memiliki kemampuan menangkap gambar sangat detail di malam hari maupun di kondisi pencahayaan yang minim baik dalam bentuk foto maupun video.

Selain itu, kamera OPPO Find X6 Pro mampu menghasilkan tangkapan foto maupun video yang tajam dan bertekstur dengan noise gambar rendah di semua kondisi. Fitur autofocus pada kameranya juga secara otomatis mampu mendeteksi objek dengan cepat.

Pada tangkapan dengan lensa bokeh turut memberikan hasil foto objek dengan latar buram yang mengesankan. Ditambah lagi penggunaan stabilisasi pada perekaman video efektif dalam meredam guncangan saat mengambil gambar tanpa tripod atau gimbal.

Pengujian yang dilakukan DxOMark pada kamera OPPO Find X6 Pro melingkupi semua aspek kamera, lensa, dan fitur-fitur yang mendukungnya mencakup sensor, efek bokeh, eksposur, pembesaran, kontras, autofocus, stabilisasi, noise, tekstur hingga warna.

OPPO Find X6 Pro sebelumnya telah melenggang di pasar Tiongkok pada tanggal 21 Maret 2023 kemarin berbarengan dengan OPPO Find X6. Untuk varian kapasitas terendah dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB, OPPO Find X6 Pro dibanderol mulai 5999 Yuan atau setara Rp13 juta.

Sektor kamera, OPPO Find X6 Pro dibekali sensor kamera besar buatan Sony dan fitur kalibrasi warna dari Hasselblad. OPPO Find X6 Pro menyajikan sejumlah fitur fotografi menarik seperti Hasselblad Natural Colour, Hasselblad Pro Mode, mode XPAN, Panorama, Hasselblad Watermark, Hasselblad Portrait Mode, dan masih banyak lagi.

 OPPO-Find-X6-Pro-2

Agar hasil kamera lebih optimal, OPPO Find X6 Pro menggunakan chipset NPU MariSilicon X buatan OPPO sendiri dengan fabrikasi 6nm yang memungkinkan hasil tangkapan foto dan video jadi tajam dengan detail warna terjaga pada kondisi pencahayaan redup maupun malam hari.

Kamera belakangnya menggunakan tiga lensa berupa lensa 50 MP dengan aperture f/1.8 dan sensor Sony IMX989 1″, lensa telephoto 50 MP dengan aperture f/2.6 dan sensor Sony IMX890 1/1.56″ dengan pembesaran optik 2,8 kali, serta lensa sudut lebar 50 MP dengan aperture f/2.2 dan sensor Sony IMX890 1/1.56″.

Kamera belakang OPPO Find X6 Pro juga turut didukung Optical Image Stabilization (OIS) pada lensa utama dan telephoto. Kemudian kamera depannya menggunakan lensa 32 MP dengan aperture f/2.4 dan sensor Sony IMX709 RGBW. Perekaman video dengan kamera belakangnya mampu menghasilkan kualitas 4K 60fps.

OPPO-Find-X6-Pro-3

Performa pacu OPPO Find X6 Pro sendiri ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen2 Octa-Core (4nm) yang menggunakan RAM LPDDR4X dan penyimpanan internal UFS 4.0. Baterainya berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi fitur pengisian cepat 100W melalui USB Type C.

Ada tiga pilihan warna yang bisa dipilih pengguna yakni hitam, cokelat, dan hijau. Aspek tampilannya mengusung layar LTPO3 AMOLED berukuran 6,82″ yang mempunyai resolusi 3168 x 1440 piksel yang didukung refresh rate 120Hz, Dolby Vision, HDR10+, tingkat kecerahan hingga 2500 nit, dan dilindungi lapisan anti gores Corning Gorilla Glass Victus 2.

Layarnya juga menyediakan pemindai sidik jari untuk masuk dengan cepat ke tampilan antarmuka ColorOS 13.1 berbasis Android 13. Fitur-fitur penunjang lainnya juga hadir 4seperti IP68 yang menandakan tahan cipratan air dan debu, NFC untuk koneksi jarak dekat, speaker stereo Dolby Atmos, hingga koneksi 5G.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar