Mengenal Lebih Dalam NPU MariSilicon X yang Hadir di OPPO Reno8 Pro 5G

OPPO Reno8 Pro 5G MariSilicon X

Pada ajang Reno8 1st Impression Design & Night Portrait Capability, OPPO telah mengumumkan bahwa handphone terbarunya tersebut akan ditenagai chip NPU (Neural Processing Unit) untuk pencitraan bernama MariSilicon X.

Hadirnya chip NPU ini mampu membuat Reno8 Pro 5G menghasilkan foto yang bagus dengan di berbagai kondisi, baik siang dan malam hari. Bisa dibilang kinerja Reno8 Pro 5G terdongkrak untuk menghasilkan foto yang terang, tajam, dan minim noise di kondisi hampir gelap sekalipun.

Tidak hanya di sektor fotografi saja, MariSilicon X juga dapat meningkatkan kemampuan OPPO Reno8 Pro 5G untuk perekaman video 4K Ultra-Clear yang diklaim kejernihan gambarnya 4 kali lebih tinggi dibandingkan video Full HD (1080p).

Sebenarnya pada tahun 2021 silam, NPU MariSilicon X telah diumumkan pada ajang OPPO INNO Day 2021. Jaing Bo selaku Senior Director OPPO pernah mengatakan bahwa teknologi pencitraan NPU MariSilicon X merupakan sebuah lompatan terbesar dalam pengembangan sistem pencitraan seluler dan menghadirkan pengalaman luar biasa bagi para pengguna handphone OPPO nantinya.

OPPO-Indonesia-MariSilicon-X-1

“Perlu diketahui bahwa chip NPU ini dibuat dengan teknologi proses 6nm yang menggabungkan ISP (Image Signal Processor) dan multi-tier memory architecture yang canggih untuk memberikan kinerja luar biasa pada perangkat dengan tingkat efisiensi yang tak tertandingi,” tambah Jiang.

Selanjutnya, NPU MariSilicon X dibenamkan untuk pertama kalinya pada OPPO Find X5 Pro 5G. Dengan dukungan NPU tersebut, terjadi peningkatan kemampuan kamera pada handphone flagship tersebut.

Salah satu hal menarik pada MariSilicon X merupakan algoritma Advanced AI Noise Reduction (AINR) yang dapat mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap frame dan memproses piksel per piksel sehingga mampu menghasilkan gambar yang memiliki detail bagus dengan warna kulit pada subyek terlihat akurat serta mulus.

OPPO Marisilicon X

Kinerja yang ditawarkan oleh NPU ini pun menarik karena mampu mengurangi noise atau bintik pada foto hingga 20 kali lebih cepat dibandingken dengan chip yang dipakai oleh OPPO Find X3 Pro.

Untuk memperluas jangkauan orang yang dapat mencicip NPU ini, OPPO pun langsung menghadirkan MariSilicon X pada OPPO Reno8 Pro 5G. Tentu saja kemampuan fotografi dan videografi perangkat ini meningkat dibandingkan yang dimiliki OPPO Reno7 Pro 5G sebegai generasi sebelumnya.

NPU MariSilicon X menjadi solusi dari kesenjangan konsumsi daya, kekuatan pemrosesan, hasil, dan kualitas pencitraan yang disesuaikan melalui fotografi komputasional melalui kecerdasan buatan yang dihadirkan oleh para produsen chipset.

NPU pada dasarnya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Central Processing Unit (CPU) dan juga Graphic Processing Unit (GPU) yang mana satu kesatuan ini biasa disebut System-on-a-Chip (SoC). Untuk mendukung kinerja sebuah SoC, para pengembang akan menambahkan sebuah memori shared DDR Bandwith.

OPPO-Reno8Pro-5G-Handling

Sistem shared DDR Bandwith sesungguhnya dapat membuat proses pengolahan gambar berlangsung jauh lebih lama dan tentunya boros daya karena memori akan bekerja untuk ketiga bagian dalam SoC.

Dengan hadirnya MariSilicon X pada OPPO Reno8 Pro 5G, pemrosesan pencitraan dapat berlangsung jauh lebih cepat karena adanya Extra DDR Bandwith Dedicated dengan kecepatan transmisi data hingga 8,5 GB/s yang dibuat ekslusif untuk chipset MariSilicon X.

OPPO mengklaim bahwa MariSilicon X juga dapat menghadirkan kualitas foto terbaik pada OPPO Reno8 Pro 5G lewat dukungan Ultra High Dynamic Range yang memiliki rasio kontras 1.000.000 : 1 atau 4 kali Dynamic Range dari yang dihasilkan Find X3 Pro.

Foto MariSilicon X

Pada saat melakukan foto di depan sumber cahaya yang sangat kuat, NPU akan membuat rentang dinamis tinggi untuk memberikan struktur wajah yang jelas dengan warna alami pada subyek yang dipotret.

Sementara MariSilicon X pada OPPO Reno8 Pro 5G membawa peningkatan mode RGBW (Red, Green, Blue, White) yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih jelas dan kecepatan pemrosesan file mentah 2 kali lebih cepat dibandingkan Find X3 Pro.

MariSilicon X juga dilengkapi algoritma RAW terbaru yang mampu melakukan pengurangan noise melalui kecerdasan buatan pada masing-masing saluran warna R/G/B secara paralel sehingga dapat menghasilkan foto potret malam hari yang jernih.

OPPO-Reno8Pro-5G-GlazedGreen

Tak hanya sampai di situ saja, MariSilicon X yang digabungkan dengan algoritma HDR Fusion dan AINR memiliki dukungan perekaman video 4K Ultra Night yang mampu membuat hasilnya terlihat terang dan minim noise walaupun diambil pada kondisi malam hari atau hampir gelap.

Sementara dukungan 4K Ultra HDR Video pada MariSilicon X mampu membuat hasil video menampilkan subyek yang terlihat jelas dan mulus walaupun direkam pada kondisi cahaya latar yang sangat kuat.

Berdasarkan penjelasan di atas terlihat bahwa chip NPU MariSilicon X mampu meningkatkan kemampuan fotografi dan videografi dari OPPO Reno8 Pro 5G dengan hasil bagus di beragam kondisi pencahayaan, terutama malam hari dibandingkan generasi sebelumnya.

Untuk melihat lebih jauh mengenai kemampuan MariSilicon X di OPPO Reno8 Pro 5G, maka kamu harus menunggu terlebih dulu hingga waktu peluncuran resmi handphone tersebut tiba di Indonesia.

Tinggalkan Komentar