Gadget Smartphone

OPPO R17 Pro VS OPPO F9: Lebih Inovatif Bukan?

OPPO R17 Pro VS OPPO F9 Header

Gadgetren – Setelah diumumkan pada bulan Agustus 2018 lalu di China, perangkat OPPO R17 Pro dipastikan akan hadir di pasaran Indonesia pada awal tahun 2019, tepatnya pada bulan Januari mendatang.

Perangkat OPPO R17 Pro ini membawa beberapa peningkatan yang cukup inovatif jika dibandingkan dengan perangkat-perangkat pendahulunya, termasuk OPPO F9 yang menjadi andalan OPPO dalam menyasar pasar di Indonesia.

Apa saja peningkatan yang dibawa oleh OPPO R17 Pro tersebut? Berikut lima peningkatan yang dibawa oleh OPPO R17 Pro jika dibandingkan dengan perangkat OPPO F9.

Performa: Snapdragon 710 VS MediaTek Helio P60

OPPO R17 Pro VS OPPO F9 Kinerja

Di sektor performa, OPPO R17 Pro telah didukung oleh chipset Snapdragon 710 sedangkan OPPO F9 masih menggunakan chipset MediaTek Helio P60. Tentu saja, Snapdragon 710 lebih unggul jika dibandingkan chipset MediaTek Helio P60.

Untuk lebih jelasnya, Snapdragon 710 menawarkan inti Kryo 360 dan dapat dipacu hingga 2,2 GHz, sementara MediaTek Helio P60 dilengkapi inti ARM Cortex-A73 yang hanya mampu dipacu hingga 2,0 GHz.

Chipset buatan Qualcomm ini juga dibangun dengan manufaktur 10 nm yang tentunya lebih bisa hemat daya jika dibandingkan MediaTek Helio P60 yang masih dibangun dengan manufaktur 12 nm.

Di kinerja GPU-nya pun, Snapdragon 710 telah menawarkan Adreno 616 yang notabene lebih bisa diandalkan dalam mengolah gambar jika dibandingkan Mali G72 MP3 yang ada dalam MediaTek Helio P60.

Kamera Utama: Tiga Kamera VS Dua Kamera

OPPO R17 Pro VS OPPO F9 kamera

Hadirnya OPPO R17 Pro juga membawa inovasi yang lebih baik di sektor fotografinya. Perangkat ini telah dilengkapi dengan kamera utama berjumlah tiga, dengan konfigurasi 12 MP + 20 MP + sensor TOF 3D.

Menariknya, untuk lensa 12 MP, OPPO telah menggunakan teknologi aperture ganda seperti yang telah digunakan Samsung, yang disebut dengan Smart Lens, dengan kombinasi aperture f/1.5 dan f/2.4.

Sementara itu, OPPO F9 masih menggunakan teknologi kamera ganda, dengan lensa beresolusi 16 MP + 2 MP, tanpa teknologi Smart Lens dan teknologi TOF 3D yang bisa membaca kedalaman dengan lebih presisi.

Teknologi Pengisian Daya: SuperVOOC VS VOOC Flash Charge

OPPO R17 Pro VS OPPO F9 Charge

OPPO R17 Pro juga menawarkan kemampuan pengisian daya yang lebih baik dari OPPO F9, karena teknologi VOOC Flash Charge-nya telah ditingkatkan dan dalam perangkat ini menggunakan nama SuperVOOC Flash Charge.

Pada teknologi baru ini, OPPO mengklaim bahwa pengisian dayanya kini dapat berlangsung lebih cepat, yang bahkan bisa melakukan pengisian penuh dalam waktu sekitar 35 menit.

Fingerprint: Sensor Optik VS Kapasitif

OPPO R17 Pro VS OPPO F9 Fingerprint

Menggunakan sensor fingerprint tertanam di layar, OPPO R17 Pro menggunakan sensor berbasis optik, yang mana memiliki kelemahan saat digunakan dalam kondisi tertentu yang menyebabkan terjadinya sedikit perubahan bentuk sidik jari.

Sementara OPPO F9 masih mengandalkan sensor fingerprint berbasis sensor kapasitif, yang notabene telah lama menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh sensor berbasis optik di atas.

Layar: AMOLED VS IPS

OPPO R17 Pro VS OPPO F9 Layar

Agar lebih hemat daya karena dituntut menampilkan lokasi fingerprint yang ada di layar, OPPO R17 Pro dilengkapi dengan layar berteknologi AMOLED yang diklaim lebih hemat daya hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan teknologi IPS, sepertiĀ  yang digunakan pada OPPO F9.

Tinggalkan Komentar