Tekno

Deretan Fitur Baru iOS 15 Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Fitur Baru iOS 15

Gadgetren – iOS 15 sudah diumumkan pada ajang Apple Worldwide Developers Conference di bulan Juni 2021 dan akan bergulir untuk iPhone pada bulan September 2021 mendatang.

Biasanya jadwal update tersebut akan bertepatan dengan peluncuran iPhone generasi terbaru untuk memanfaatkan segala fitur terbarunya. Sambil menunggu update tersebut, Apple juga telah mengumumkan berbagai fitur dari iOS 15.

Selain menghadirkan pengembangan dari fitur yang telah ada sebelumnya, iOS 15 juga menawarkan beberapa fitur baru yang menarik untuk dicoba oleh pengguna iPhone. Penasaran dengan kelebihan dan fitur iOS 15 yang bakal berubah di iPhone kamu?

Peningkatan Safari

iOS 15 Safari

Sebagai browser andalan Apple, kini Safari hadir dengan desain tab yang lebih sederhana di iOS 15 sehingga mudah untuk dinavigasikan oleh pengguna iPhone. Selain itu, terdapat dukungan tab yang dapat dikelompokkan di dalam Safari dan dapat tersinkron ke semua perangkat. Mengikuti tren saat ini, browser Safari pun sudah mempunyai dukungan ekstensi.

Weather Terlihat Interaktif

Weather iOS 15

Meskipun Weather sudah hadir pada iOS generasi sebelumnya, namun aplikasi ini mendapatkan perombakan pada iOS 15 dimana Apple memberikan desain, latar belakang, dan dukungan peta baru pada aplikasi Weather generasi anyar ini.

Menariknya, tampilan aplikasi Weather akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi cuaca di lokasi sekitar pengguna. Hal ini membuat aplikasi terlihat lebih interaktif karena apabila terjadi hujan, maka tampilan akan menjadi gelap dan memperlihatkan air hujan yang turun dari awan.

FaceTime Lebih Fleksibel

FaceTime iOS 15

Fitur SharePlay akan membuat pengguna iPhone dapat melakukan percakapan FaceTime yang diiringi dengan menonton film maupun acara TV, mendengarkan musik, atau berbagai layar dengan pengguna lain secara langsung. Menariknya Apple kini bahkan mengizinkan handphone dengan sistem operasi lain untuk dapat ikut melakukan percakapan atau video call FaceTime

Sebelumnya FaceTime hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna perangkat Apple. Namun kini pengguna dengan perangkat lain dapat melakukan video call di FaceTime melalui tautan yang dikirimkan. Hal ini tentunya membuat FaceTime dapat digunakan untuk percakapan seperti aplikasi Zoom.

Pengguna iPhone dapat memberikan link virtual room kepada pengguna handphone lain melalui beragam aplikasi seperti Mail, Messages, Calendar, dan lainnya. Selain itu, fitur Spatial Audio yang hadir pada FaceTime akan membuat suara orang yang melakukan percakapan menjadi lebih hidup layaknya sedang berada dalam satu ruangan secara 360 derajat.

Live Text

Live Text iOS 15

Pada update iOS 15, aplikasi Photos mendapatkan fitur mirip Google Lens yang dapat menerjemahkan tulisan dengan dukungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Pengguna cukup mengarahkan kamera iPhone ke teks yang kemudian secara otomatis akan diterjemahkan sesuai dengan bahasa yang ditentukan.

Focus

iOS 15 Focus

Pada iOS 15 terdapat fitur Focus yang memungkinkan penggunanya untuk lebih memusatkan diri ketika memerlukan konsentrasi atau menenangkan diri. Fitur ini juga dapat membantu pengguna lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan atau melakukan aktivitas lainnya tanpa gangguan.

Nantinya pengguna dapat memilih opsi fokus yang diinginkan seperti pada saat sedang berkendara, olah raga, bermain game, bekerja, membaca, atau bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan. Pada saat fitur Focus diaktifkan, maka pesan status pengguna dalam mode Focus pun akan ditampilkan secara otomatis di aplikasi Pesan atau Messages.

Notifikasi Lebih Segar

iOS 15 Notification

Apple mendesain ulang notifikasi atau pemberitahuan yang hadir pada iOS 15. Pengguna akan melihat tampilan notifikasi dengan foto kontak atau ikon aplikasi yang lebih besar agar lebih mudah dikenali jenis-jenis pesannya.

Nantinya notifikasi juga akan menampilkan pesan yang diurutkan secara cerdas berdasarkan prioritas dengan pemberitahuan yang paling penting diposisikan pada bagian teratas.

Peningkatan Fitur Maps

Maps iOS 15

Dibandingkan versi sebelumnya, tampilan Maps pada iOS 15 dibuat menjadi lebih menarik dan interaktif. Apple menambahkan beragam informasi penting mulai dari bangunan, lokasi, jalan, lingkungan sekitar, pohon, dan lainnya dalam bentuk 3D yang detail.

Pada aplikasi Maps juga terdapat fitur berkendara baru dengan menambahkan detail jalan yang cukup terperinci dan peta baru khusus untuk pengguna iPhone yang sedang berkendara sehingga membantu dalam mengetahui insiden dan kondisi lalu lintas terkini.

iOS 15 Maps AR

Untuk membuatnya lebih interaktif, Apple juga telah menambahkan fitur Augmented Reality yang akan menambahkan berbagai macam tanda dan arah untuk membuat penggunanya dapat sampai tujuan dengan menyenangkan.

Maps juga sudah terintegrasi dengan transportasi umum sehingga dapat menunjukkan stasiun terdekat, waktu transit, dan memungkinkan pengguna iPhone menyematkan rute favoritnya di bagian atas aplikasi.

Wallet

Wallet iOS 15

Pada iOS 15, aplikasi Wallet sudah ditambahkan dengan fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat membuka kunci rumah, garasi, kamar hotel, dan tempat kerja hanya dengan menggunakan iPhone. Namun fitur kunci rumah baru tersedia pada Wallet untuk iPhone XS atau seri di atasnya.

Selain itu, Wallet pada iOS 15 mempunyai kemampuan untuk menyimpan Identification Cards yang dapat digunakan untuk identifikasi digital di bandara seluruh Amerika Serikat. Setelah kartu identitas atau SIM dipindai iPhone dan disimpan pada aplikasi Wallet, maka dapat berfungsi sebagai kartu identitas digital dengan TSA maupun layanan lainnya.

Messages

Messages iOS 15

Pengguna iPhone dapat berbagi konten seperti musik, podcast, gambar, artikel Apple News, dan lainnya melalui aplikasi Messages berkat hadirnya fitur Shared Stacks yang disematkan di iOS 15. Tentunya hal ini akan memuat beragi pesan menjadi lebih menarik.

Itulah beberapa kelebihan dan fitur iOS 15 yang lebih menarik dibandingkan dengan iOS 14 yang bisa kamu tunggu hingga notifikasi update sistem operasi ini muncul di iPhone masing-masing.

Tinggalkan Komentar