ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi Biar Bisa Lebih Berkonsentrasi

Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi - Header

Gadgetren – Berbagai macam perangkat Android umumnya meluncur dengan fitur bernama Digital Wellbeing yang memungkinkan kita menggunakan teknologi dalam rutinitas keseharian secara lebih sehat.

Di dalam dukungan tersebut, kita tak hanya dapat melihat lama waktu penggunaan perangkat maupun aplikasi melainkan juga menggunakan berbagai dukungan yang bisa digunakan untuk mengontrol pemakaian. Salah satu di antaranya Mode Fokus.

Mode Fokus adalah salah satu dukungan dari Digital Wellbeing yang berfungsi untuk menjeda sejumlah aplikasi mengganggu seperti media sosial maupun game. Jadi kita nanti bisa lebih berkonsentrasi saat melakukan aktivitas penting seperti bekerja atau belajar.

Kabar baiknya, fitur Digital Wellbeing pun turut hadir di berbagai macam model ponsel buatan Xiaomi yang umumnya mengandalkan sistem operasi Android. Kita makanya bisa ikut memanfaatkan Mode Fokus di perangkat POCO, Redmi, atau Xiaomi Series.

Jadi jika ingin bekerja atau belajar dengan lebih berkonsentrasi, kita hanya perlu mengaktifkan Mode Fokus di perangkat-perangkat tersebut. Kita tak perlu khawatir karena cara memakainya pun sangat mudah.

Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi

  • Buka Settings.
  • Cari dan pilih menu Digital Wellbeing & parental controls.
    Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi - 1
  • Ketuk menu Focus mode di bagian Ways to disconnect.
    Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi - 2
  • Centang semua aplikasi yang dirasa bisa mengurangi konsentrasi.
    Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi - 3
  • Tekan Turn On Now setelah selesai mencentang.
    Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi - 4

Setelah Mode Fokus diaktifkan, setiap aplikasi yang masuk ke daftar blokir nantinya akan berubah menjadi abu-abu dan tidak bisa dibuka. Notifikasi-notifikasi dari layanan yang berkaitan pun tidak akan muncul dan mengganggu konsentrasi pengguna.

Cara Menjeda Mode Fokus Xiaomi

  • Tarik status bar untuk membuka panel notifikasi.
  • Ketuk Take A Break di jendela notifikasi Digital Wellbeing.
    Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi - 5
  • Pilih lama waktu istirahat.
    Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi - 6

Yang cukup menarik, Mode Fokus Xiaomi juga dilengkapi dengan fitur untuk menjeda pemblokiran. Tujuannya agar kita bisa beristirahat sejenak dari aktivitas yang dikerjakan sembari memakai aplikasi-aplikasi terblokir sementara waktu.

Secara khusus, ada tiga durasi waktu yang bisa kita pertimbangkan saat memutuskan untuk beristirahat sejenak dari Mode Fokus di perangkat-perangkat besutan Xiaomi. Kita di antaranya dapat memilih mulai dari 5, 15, hingga 30 menit sesuai kebutuhan.

Cara Mengaktifkan Mode Fokus Xiaomi Secara Terjadwal

  • Buka halaman pengaturan Digital Wellbeing & parental controls.
  • Masuk ke menu Focus mode.
  • Pilih aplikasi yang ingin dijeda.
  • Ketuk opsi Set a Schedule.
    Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi - 7
  • Atur jam dan hari ke waktu yang diinginkan.
  • Ketuk tombol Set.
    Cara Menggunakan Mode Fokus Xiaomi - 8

Selain melakukannya secara manual, pengaktifan Mode Fokus Xiaomi juga bisa dibuat secara terjadwal. Kita pun tidak perlu bersusah payah mengaturnya secara berulang-ulang jika ingin memakai dukungan tersebut setiap hari.

Cara Mematikan Mode Fokus Xiaomi

Sama seperti saat ingin menjedanya, kita bisa mematikan Mode Fokus Xiaomi dengan membuka panel notifikasi. Selanjutnya kita hanya perlu mengetuk tombol Turn Off Now dari jendela pemberitahuan Digital Wellbeing.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar