ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan vivo Tanpa Tombol Power Biar Komponen Awet

Cara Mematikan vivo Tanpa Tombol Power - Header

Gadgetren – Meskipun kebanyakan ponsel pintar memang dirancang agar dapat menyala secara terus-menerus, tetapi dalam kondisi tertentu kita kadang-kadang tetap harus mematikannya.

Kita misalnya perlu melakukan hal tersebut untuk menghemat daya ketika bepergian atau mengurangi tingkat gangguan saat sedang ingin fokus mengerjakan sesuatu. Pada beberapa tempat seperti masjid atau pesawat, kita tak jarang juga disarankan untuk mematikan perangkat.

Di sisi lain, mematikan daya juga bisa membuat perangkat menjadi lebih segar ketika nanti dinyalakan kembali. Berbagai macam tugas baik itu yang berjalan di depan maupun belakang layar akan ditutup sehingga bisa mengurangi beban kerjanya.

Untungnya, mematikan daya bukan hal sulit karena setiap manufaktur membekali perangkat-perangkatnya dengan tombol Power. Kita biasanya hanya perlu menekan tombol itu lalu memilih Power off dari menu yang muncul untuk melakukannya.

Yang cukup menarik, sebagian manufaktur bahkan membekali perangkat-perangkat buatannya dengan fitur khusus yang bisa dipakai untuk mematikan daya tanpa perlu menekan tombol. Kita salah satu di antaranya dapat menjumpainya di ponsel-ponsel besutan vivo.

Cara Mematikan vivo Tanpa Tombol Power

  • Masuk ke halaman Settings di perangkat vivo.
  • Cari dan buka menu Shortcut & accessibility.
  • Gulir ke bawah jika diperlukan lalu ketuk Accessibility.
  • Untuk mematikan tanpa tombol power, pilih bagian Accessibility Menu.
  • Nyalakan tombol sakelar di samping opsi Accessibility Menu shortcut.
  • Ketuk Allow jika fitur meminta sejumlah akses perizinan.
  • Pilih opsi pengaturan Tap accessibility button.
  • Ketuk tombol Save.
  • Tombol melayang Accessibility Menu akan muncul.
  • Ketuk tombol tersebut jika ingin mematikan daya.
  • Selanjutnya pilih Power dari menu yang muncul.
  • Ketuk opsi Power off.

Di ponsel-ponsel buatan vivo, kita secara khusus dapat memanfaatkan Accessibility Menu jika mau mematikan daya perangkat tanpa menekan tombol Power. Fitur tersebut soalnya memuat berbagai pintasan ke sejumlah menu termasuk Power Menu.

Secara umum, kita bisa menemukan pengaturan untuk mengaktifkan fitur Accessibility Menu seperti langkah-langkah di atas terutama untuk perangkat vivo yang baru. Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan ada beberapa hal yang perlu disesuaikan di sejumlah model ponsel terganggu versi sistemnya.

Selain mematikan daya, kita juga dapat memanfaatkan fitur restart jika hanya ingin sekadar menyegarkan perangkat. Jika mengalami sejumlah masalah maka kadang-kadang kita juga perlu melakukan factory reset untuk membersihkan data, aplikasi, atau pengaturan yang menjadi penyebabnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar