Smartphone

Seberapa Tangguh Baterai OPPO Reno8 T 5G? Ini Hasil Pengetesannya

OPPO Reno8 T 5G 3D Half Display Top

Sebagai salah satu komponen terpenting untuk sumber energi kehidupan, OPPO menghadirkan baterai berkapasitas 4.800mAh pada Reno8 T 5G.

Dengan kapasitas sebesar itu, OPPO mengklaim bahwa daya tahan dari Reno8 T 5G ini hampir seharian ketika digunakan dalam pemakaian normal. Apalagi terdapat Battery Health Engine besutan OPPO yang dapat memperpanjang masa pakai baterai dengan memastikan baterai dapat mempertahankan kinerja yang bagus, bahkan setelah empat tahun penggunaan.

Menariknya dengan Battery Health Engine mampu mempertahankan kapasitas baterai lebih dari 80% setelah 1.600 siklus pengisian penuh pada daya Reno8 T 5G atau 2 kali lipat dari standar industri handphone.

OPPO-Reno8-T-5G-BackHalfTop

Berdasarkan simulasi dari penggunaan harian OPPO Reno8 T 5G di laboratorium OPPO, ketahanan sisa kapasitas baterai tersebut setara dengan penggunaan sekitar 4 tahun. Nantinya Battery Health Engine akan secara cerdas melakukan pengontrolan pengisian daya untuk meminimalkan Lithium yang mati.

Untuk mengetahui kemampuan daya tahannya secara nyata, tim Gadgetren pun telah melakukan benchmark daya baterai pada Reno8 T 5G dengan menggunakan aplikasi PCMark for Android ditambah parameter Work 3.0 battery Life, tingkat kecerahan 50%, dan kondisi baterai 100%.

Pada benchmark baterai dengan layar yang dikunci ke refresh rate 120Hz, OPPO Reno8 T 5G ini mampu mendapatkan skor 14 jam 45 menit. Sedangkan pada pengujian dengan refresh rate 60Hz, handphone ini mampu mendapatkan skor yang lebih tinggi lagi mencapai 15 jam 54 menit.

Selanjutnya, tim Gadgetren juga melakukan pengujian untuk aktivitas sehari-hari dengan menjalankan beberapa aplikasi, mulai dari chat, media sosial, editor dokumen, email, kamera, pemutar lagu, video streaming, SMS, dan telepon.

Hasilnya AccuBattery mencatatkan Screen on Time yang mampu diraih oleh Reno8 T 5G mencapai 7 jam 42 menit dari kondisi 100% ke 12% ketika layar menggunakan refresh rate 120Hz.

OPPO-Reno8-T-5G-BatteryBenchmark

Sedangkan pada penggunaan sehari-hari pada layar dengan refresh rate 60Hz, handphone yang satu ini berhasil mendapatkan Screen on Time mencapai 8 jam 32 menit dari kondisi 100% ke 12%.

Tak hanya sampai di situ saja, handphone ini sudah dilengkapi dengan fitur 67W SUPERVOOC yang diklaim mampu mengisi daya dengan cepat dari kondisi 0% ke 100% cuma 44 menit.

Sementara berdasarkan catatan AccuBattery, pengecasan baterai OPPO Reno8 T 5G ini mampu berjalan selama 50 menit dari kondisi 12% ke 100%. Bisa dibilang waktu pengisian daya baterainya masih termasuk cepat karena tidak terlalu jauh dibandingkan dari pengujian OPPO.

Mengingat baterainya yang berkapasitas 4.800mAh, OPPO Reno8 T 5G mampu bertahan lama berdasarkan skor dari benchmark dengan PCMark for Android dan catatan waktu untuk penggunaan aktivitas sehari-hari.

Apalagi handphone ini sudah dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat yang tentunya dapat mempercepat waktu tunggu pengguna dari fase pengecasan daya ke fase siap untuk digunakan.

Bisa dibilang daya tahan baterai yang lama dan kemampuan pengisian daya yang cepat menjadi salah satu keunggulan dari OPPO Reno8 T 5G. Jika kamu tertarik dengan produk ini, maka sudah bisa membelinya di Indonesia dengan harga Rp5.999.000 untuk RAM 8 GB + ROM 128 GB dan Rp6.499.000 untuk RAM 8 GB + ROM 256 GB.

Tinggalkan Komentar