ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menyembunyikan Nomor di GetContact dengan Mengatur Visibility

Cara Menghapus Penanda di Getcontact - Header

Gadgetren – Aplikasi GetContact kini sangat populer diunduh dan digunakan oleh pengguna perangkat Android maupun iOS untuk melindungi panggilan spam hingga untuk mencari identitas nomor telepon orang lain.

Aplikasi ini sebenarnya diunduh secara gratis. Namun untuk mendapatkan layanan atau fitur-fitur yang lebih lengkap, kita harus berlangganan paket premium yang ditawarkan mulai dari Rp29 ribu per bulan hingga Rp235 ribu per tahun.

Berlangganan paket premium akan memberikan keuntungan tambahan seperti tidak hadirnya iklan, bisa menemukan atau melihat orang lain yang mengintip tag nomor kita, bisa melihat statistik pencarian nomor kita sendiri, hingga mendapatkan label tanda centang biru pada profil sebagai tanda pengguna GetContact Premium.

Dengan GetContact, kita bisa melihat identitas dari nomor yang bahkan belum tersimpan di kontak. Biasnya identitas nomor tersebut akan terlihat dalam bentuk penamaan lain seperti profesi, asal instansi, maupun komunitas.

Langganan Premium GetContact juga bisa mencegah kita dari adanya penipuan nomor yang tak dikenal dengan mengatur semua panggilan spam untuk memberikan notifikasi lebih dulu atau langsung ditolak.

Namun demikian, pastinya ada yang merasa kurang nyaman dengan hadirnya GetContact karena nomor bisa diketahui begitu saja. Untuk menjaga kenyamanan privasi, GetContact secara bawaan telah menghadirkan fitur khusus bernama Visibility yang memungkinkan nomor kita tidak bisa dicari.

Namun perlu ditekankan bahwa fitur ini tidak tersedia pada aplikasi GetContact sehingga pasti kamu tidak akan menemukannya selain melalui halaman web.

Cara Menyembunyikan Nomor di GetContact

  • Untuk menyembunyikan nomor, masuk ke https://www.getcontact.com/en/manage/profile
  • Pilih metode log in menggunakan WhatsApp atau SMS. cara-menyembunyikan-nomor-visibility-di-GetContact-1
  • Jika menggunakan WhatsApp, pilih perangkat yang digunakan Android atau iOS. cara-menyembunyikan-nomor-visibility-di-GetContact-2
  • Setelah itu akan muncul QR Code untuk log in dengan WhatsApp.  cara-menyembunyikan-nomor-visibility-di-GetContact-3.
  • Pindai QR Code dengan fitur Scan QR Code di ponsel kamu.
  • Pesan untuk masuk ke GetContact akan terkirim ke nomor WhatsApp.
  • Kamu pun akan masuk ke halaman profil GetContact.
  • Kamu dapat melihat statistik pengguna yang mencari nomor beserta fitur tag.
  • Di bawah fitur Tag, ketuk menu Visibility Settings.
    cara-menyembunyikan-nomor-visibility-di-GetContact-4
  • Geser tombol Search Visibility On ke kiri dari warna biru menjadi warna abu-abu. cara-menyembunyikan-nomor-visibility-di-GetContact-5
  • Lalu akan muncul pertanyaan Are you sure you want to unlist from search results? dengan pilihan Yes atau No. cara-menyembunyikan-nomor-visibility-di-GetContact-6
  • Ketuk Yes. 

Setelah itu kamu bisa mencoba mengecek untuk memastikan apakah nomor telepon kamu sudah tidak bisa dicari di GetContact. Jika berhasil, maka aplikasi GetContact pengguna lain yang mencari nomor kamu akan muncul notifikasi yang menyebutkan nomor kamu sudah tidak bisa terlihat lagi.

Di sisi lain jika nomor kamu sudah tidak bisa dicari, maka aplikasi yang kamu gunakan juga tidak bisa menampilkan fitur-fitur hingga informasi nomor yang kamu selama Search Visibility masih dimatikan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar