ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Keluar Mode Aman HP OPPO Agar Tulisa Safe Mode Hilang

Cara Keluar Mode Aman HP OPPO Header

Gadgetren – Mode Aman atau Safe Mode pada ponsel OPPO biasanya sering digunakan untuk memperbaiki sistem atau menghapus aplikasi yang bermasalah.

Terkadang ada sebuah aplikasi terpasang di ponsel OPPO yang menyebabkan masalah dan tidak bisa dihapus begitu saja sehingga perlu mengakses Mode Aman yang mana hanya menjalankan sistem utama saja.

Untuk mengakses Mode Aman sebenarnya tidak dapat dilakukan sembarangan karena membutuhkan kombinasi tombol khusus. Namun ada kalanya kamu masuk Safe Mode karena kejadian tidak sengaja, seperti menekan tombol-tombolnya atau sistem perangkat sedang bermasalah sehingga perlu mengeluarkannya.

1. Restart Sistem HP OPPO

  1. Tekan tombol Power dan Volume Atas bersamaan.
  2. Selanjutnya, menu Restart dan Power Off akan muncul.
  3. Geser tombol ke menu Restart untuk menghilangkan Mode Aman.
  4. Ponsel akan mati dan menyala kembali secara otomatis.
  5. Jika berhasil, maka tidak akan muncul lagi tulisan Mode Aman atau Safe Mode di pojok layar.

Pada saat tulisan Mode Aman menghilang, berarti ponsel OPPO sudah kembali ke Mode Normal sehingga kamu dapat melakukan navigasi, mengakses aplikasi, dan fitur seperti biasanya.

Biasanya pada saat masuk ke Mode Aman, beberapa aplikasi pihak ketiga yang terpasang dari Google Play Store tidak dapat dijalankan sehingga hanya beberapa aplikasi utama dan yang sudah terpasang dari awal saja yang akan aktif di ponsel OPPO.

Dengan begitu aplikasi pihak ketiga yang bermasalah pun seharunya tidak akan aktif di ponsel dan dapat langsung dihapus ketika berada di Mode Aman. Selain itu, kamu juga dapat mendiagnosis fungsi atau fitur yang dirasa membuat perangkat error dengan Mode Aman.

Namun jika tulisan Mode Aman atau Safe Mode tetap muncul juga setelah proses restart, maka kamu mungkin perlu melakukan Factory Reset. Namun perlu dicatat bahwa proses Factory Reset akan menghilangkan semua data di ponsel sehingga selalu cadangkan data ke penyimpanan lain sebelum melakukannya.

2. Lakukan Factory Reset

  1. Masuk ke aplikasi Settings di ponsel OPPO.
  2. Ketik kata kunci Reset pada kolom Search di bagian atas.
  3. Pilih opsi Erase all data.
  4. Pilih lagi opsi Erase all data.
  5. Masukkan PIN, Password, atau Pattern yang digunakan.
  6. Pada menu pop-up, tekan Erase data.
  7. Kemudian, tekan lagi Erase data apabila sudah yakin.
  8. Proses Reset akan berjalan.
  9. Tunggu hingga proses selesai dan sistem kembali menyala.

Apabila setelah melakukan dua metode di atas tetap tidak bisa menyelesaikan masalah Mode Aman, maka kamu bisa membawa ponsel ke Service Center OPPO terdekat agar dibantu oleh teknisi bersertifikasi untuk mengatasi masalahnya.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar