ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Operator Seluler

Apa Itu Kuota Lokal Smartfren? Ini Cara Klaim dan Menggunakannya

Kuota Lokal Smartfren Header

Gadgetren – Untuk bersaing dengan operator lain di Indonesia, Smartfren telah menghadirkan beragam paket dan layanan yang menarik untuk penggunanya.

Bahkan pada saat membeli paket di Smartfren, kamu bisa mendapati bahwa ada beberapa bonus kuota yang bisa digunakan mulai dari Kuota Lokal, Kuota Sosial Media, Kuota Malam, hingga Kuota Chat.

Tentunya semua kuota tersebut dapat berguna tergantung dari kebutuhan masing-masing. Namun, Kuota Lokal menjadi salah satu bonus yang mungkin membuat penasaran.

Biasanya Kuota Lokal bisa kamu dapatkan saat membeli paket Gokil Max. Namun tidak menutup kemungkinan juga pihak Smartfren akan memberikannya sebagai bonus khusus maupun pada paket lain nantinya.

Kuota Lokal Untuk Apa?

Kuota Lokal Smartfren adalah pembagian jenis kuota yang hanya dapat digunakan pada lokasi yang sama dengan area atau zona yang telah ditentukan oleh Smartfren.

Kuota Lokal pun dapat kamu digunakan pada area atau zona di mana paket data diaktifkan oleh pengguna. Misalnya saja kamu mengaktifkan paket Smartfren di Bogor, maka kuota lokal hanya bisa digunakan di daerah Bogor saja dan tidak akan aktif ketika sedang berada di luar kota tersebut.

Kuota Lokal sendiri mendukung semua jaringan dari Smartfren dan akan secara otomatis digunakan terlebih dulu dibandingkan Kuota Utama. Kamu pun dapat menggunakan Kuota Lokal untuk mengakses internet, membuka aplikasi, menjalankan video atau lagu streaming, video conference, dan lainnya.

Kuota Lokal memiliki masa aktif yang mengikuti paket Smartfren yang dibeli maupun paket terkait, hanya saja memang wilaya pemakaiannya terbatas dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun jika didapatkan sebagai bonus yang diberi oleh Smartfren, biasanya akan memiliki masa aktif tersendiri.

Cara Klaim Kuota Lokal

Melalui Aplikasi MySmartfren

  • Buka aplikasi MySmartfren.
  • Login dengan nomor Smartfren.
  • Pada halaman utama, pilih notifikasi Yuk, klaim Kuota Lokal [Area atau Zona) Kamu.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman Klaim Sekarang.
  • Tekan tombol Ambil Sekarang di bagian bawah layar.
  • Selanjutnya kamu akan dialihkan pada halaman Klaim Berhasil.

Apabila kamu kembali ke halaman utama aplikasi, maka kamu akan langsung melihat bahwa Kuota Lokal telah aktif. Sementara itu aplikasi MySmartfren dapat kamu unduh melalui Google Play Store atau Apple App Store sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Jika kamu sudah memasang aplikasi tersebut, Smartfren terkadang akan secara tiba-tiba memunculkan notifikasi klaim Kuota Lokal setelah kamu membeli paket sehingga tidak perlu repot-repot masuk ke berbagai menu.

Pada aplikasi MySmartfren pun tersedia beberapa metode pembayaran seperti saldo Pulsa, DANA, OVO, Shopee Pay, GoPay, LinkAja, dan Simobi Plus untuk memudahkan dalam membeli paket data karena selain ada banyak yang bisa dipilih juga bakal lebih praktis.

Melalui Kode Telepon USSD

  • Buka aplikasi Phone atau Telepon.
  • Ketik kode *123*789#.
  • Tekan SIM 1 atau SIM 2 tergantung dari lokasi SIM berada.
  • Pilih menu Top Up Kuota.
  • Pilih Paket Data yang ingin dibeli.
  • Setelah itu, lakukan konfirmasi pembelian.

Apabila langkah pembayaran berhasil dilakukan, maka kamu akan mendapatkan notifikasi SMS mengenai paket yang di dalamnya juga berisi informasi mengenai besaran kuota yang didapatkan baik Kuota Utama, Ekstra Kuota, hingga Kuota Lokal.

Secara pastinya, Kuota Lokal akan langsung aktif ketika kamu membeli paket melalui Kode Telepon USSD. Namun pihak Smartfren sendiri yang memutuskan bahwa kamu bisa mendapatkan Kuota Lokal atau tidak.

Cara Menggunakan Kuota Lokal

Setelah kamu berhasil mengklaimnya, maka sisa Kuota Lokal akan muncul di halaman utama aplikasi MySmartfren dan secara otomatis akan diprioritaskan pada saat mengakses internet dibandingkan Kuota Utama. Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan pengaturan tambahan sama sekali.

Namun pada saat memasuki jam tertentu misalnya seperti 01.00 hingga 05.00 WIB, maka Kuota Malam akan lebih diutamakan untuk digunakan dibandingkan Kuota Lokal. Setelah melewati waktu tersebut, maka Kuota Lokal akan kembali digunakan.

Pada saat Kuota Lokal sudah habis, tentunya akan langsung diganti dengan menggunakan Kuota Utama. Jadi pastikan zona atau wilayah kamu berada sesuai dengan saat membeli paket karena Kuota Lokal tidak akan bisa terpakai ketika sedang berada di daerah lain.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Halo, kenapa paket Area saja tidak bisa digunakan ? Bahkan untuk WA aja gak bisa, katanya bisa di pakai dimana saja ? Pdhl sy bru saja dapat paket Area nya.. jangan suka tipulah, klw bgini mending ke Telkomsel aja