ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menjaga Kesehatan Baterai Samsung Galaxy S23 Series 5G Supaya Semakin Awet

Samsung Galaxy S23 Ultra Lavender Meja

Gadgetren – Baterai menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah smartphone karena berfungsi sebagai sumber kehidupan ketika digunakan dalam keseharian.

Tentunya menjaga kesehatan baterai agar tetap dalam kondisi prima akan memberikan banyak keuntungan, seperti perangkat dapat tetap menyala hingga seharian penuh walaupun sudah lama digunakan.

Oleh karena itu, Samsung pun memberikan ragam fitur pada Galaxy S23 Series 5G yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan baterai. Selain itu kamu juga perlu tahu alasan kenapa kesehatan baterai bisa menurun.

Gunakan Fitur Protect Battery

Samsung melalui Samsung Galaxy S23 Series 5G memiliki fitur yang dapat membatasi kapasitas baterai yang digunakan hanya sebanyak 85% saja untuk memperpanjang siklus hidup baterai. Fitur yang bernama Protect battery ini dapat ditemukan pada pengaturan Baterai yang ada di menu Setting.

Fitur ini cocok bagi kamu yang sering mengisi daya di malam hari sambil tidur. Jadi kamu tidak perlu khawatir baterai akan berada di kondisi 100% sepanjang malam karena sudah dibatasi oleh sistem yang mana dapat menurunkan kesehatan baterai jika hal tersebut sering terjadi. Kenapa?

Samsung OneUI Protect Battery

Pada dasarnya baterai pada smartphone masa kini menggunakan Lithium yang mana akan menurun kondisinya secara natural akibat siklus penggunaan walaupun punya keunggulan seperti waktu pengisian yang cepat hingga kapasitas yang besar.

Dalam hal ini, ketika baterai dipakai dari 100% hingga 0% akan dihitung sebagai 1 siklus dan akan bertambah jumlah siklus seterusnya selama digunakan. Semakin banyak siklus yang telah dilalui, maka semakin menurun juga kemampuan baterai dalam menyimpan daya.

Begitu juga jika membiarkan baterai berada di kondisi 0% atau 100% dalam jangka waktu yang lama. Proses ini bisa sedikit diredam dengan cara mengisi daya ketika baterai tersisa 40% dan mengisi kembali hingga 80% sehingga baterai tidak akan terlalu terbebani akibat perubahan yang terlalu drastis.

Aktifkan Disable USB Power Deliver

Kesehatan baterai Lithium juga dapat menurun akibat suhu ekstrem yang mana dalam hal ini terlalu dingin atau terlalu panas. Tepatnya suhu ideal dari Lithium berada di kisaran -20 °C hingga 60 °C agar dapat bekerja secara optimal.

Oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan perangkat secara terus menerus ketika sudah terasa panas jika ingin menjaga baterai tetap prima. Apalagi perangkat juga digunakan di bawah terik matahari maupun sambil diisi dayanya karena dapat membuat suhu komponen semakin panas.

Untuk membantu kamu yang sering memakai smartphone sambil mengisi daya, Galaxy S23 Series 5G pun menghadirkan sebuah solusi berupa fitur baru bernama Pause USB Power Deliver yang bisa diakses melalui pengaturan Game Booster.

Dengan fitur ini, daya akan langsung dialirkan ke chipset ketika digunakan sambil mengisi daya sehingga tidak melalui baterai terlebih dahulu. Fitur ini pun akan aktif ketika baterai minimal memiliki daya 20%, Jadi kamu bisa tetap menggunakan Galaxy S23 Series 5G sambil terhubung ke charger buat main game dengan lebih nyaman karena suhu komponen lebih adem dan tidak khawatir kesehatan baterai cepat menurun.

Optimalkan Dark Mode

Dark Mode merupakan fitur yang sudah cukup lama hadir di OneUI besutan Samsung. Fitur ini dapat mengubah tampilan sistem menjadi warna gelap, bahkan hingga benar-benar hitam. Jadi melihat layar di malam hari akan terasa lebih nyaman oleh mata.

Namun keuntungannya Dark Mode tidak hanya itu saja. Galaxy S23 Series 5G yang sudah menggunakan panel layar Dynamic AMOLED X2 dapat mematikan setiap piksel untuk mendapatkan warna hitam sebenarnya. Dengan begitu, konsumsi daya juga bisa semakin hemat terutama jika banyak warna hitam di gambar latar.

Samsung OneUI Dark Mode

Dengan semakin hemat penggunaan daya, Galaxy S23 Series 5G pun dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama sebelum harus diisi ulang. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada siklus baterai karena tidak harus sering diisi daya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Sebenarnya prinsip menjaga kesehatan baterai pada Galaxy S23 Series 5G tidak jauh berbeda pada umumnya. Hanya saja Samsung telah menyematkan beberapa fitur seperti Protect Battery dan Pause USB Power Delivery yang dapat lebih memudahkan kamu dalam memastikan baterai dapat bekerja optimal selama mungkin.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar