ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Ini Fitur Baru One UI 5.1 Untuk Perangkat yang Mendukung

Samsung Galaxy S22 Ultra

Gadgetren – Setelah membawa pembaruan One UI 5, Samsung kembali menghadirkan pembaruan tampilan antarmuka melalui One UI 5.1 untuk perangkat yang mendukung.

Pengguna handphone seri Galaxy S22, Z Fold4, Z Flip4, seri S21, seri S20, Z Fold3 dan Z Flip3 akan bisa menikmati update terbaru dari One UI 5.1 dalam beberapa minggu mendatang.

Dalam pembaruan One UI 5.1, Samsung pun memberikan fitur-fitur baru untuk memanjakan penggunanya. Pengguna akan bisa mengeksplorasi kreativitas mereka lebih jauh, lebih personal, hingga memberikan kemudahan untuk penggunaan sehari-hari.

Tampilan antarmuka ini pertama kali diperkenalkan pada ajang Galaxy Unpacked 2023 bersama handphone kelas atas seri Galaxy S23. Adapun fitur-fitur yang diberikan mencakup fitur kamera terbaru, pengalaman mobile yang bisa dipersonalisasi, hingga konektivitas antar perangkat untuk membantu pengguna meningkatkan produktivitas secara multitasking.

Fitur Kamera Baru

 Samsung-One-UI-5.1-Remaster.

Berkat One UI 5.1, perangkat Galaxy bisa mengandalkan fitur kamera terbaru yang mencakup Expert RAW dan Photo Remaster berbasis Artificial Intelligence (AI). Fitur kamera Expert RAW pun telah hadir bersama seri Galaxy S23 yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan hasil foto berkualitas tinggi tanpa pengurangan data.

Fitur Expert RAW tersedia langsung dari kamera seri Galaxy S23 setelah pengguna mengunduh aplikasi Galaxy Camera. Untuk menggunakannya, cukup dengan memilih tombol More ketika mengambil foto untuk menghasilkan foto dalam format tersebut.

Selain itu, fitur baru lainnya Photo Remaster berbasis AI mampu memperbaiki gambar yang kurang secara otomatis dengan meningkatkan kecerahan, menyempurnakan detail, dan membuat koreksi warna termasuk pada gambar dengan cahaya latar.

Fitur Photo Remaster juga bisa menghilangkan bayangan dan pantulan yang tidak diinginkan untuk menciptakan foto yang sempurna. Navigasi untuk pencarian foto dalam aplikasi Galeri dan pembuatan album keluarga bersama juga mendapatkan pembaruan melalui One UI 5.1.

Pengalaman Mobile Kini Dipersonalisasi

 Samsung-One-UI-5.1-Smart-Suggestion-Spotify

One UI 5.1 juga memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih menarik lagi pada tampilan, saat komunikasi, melakukan tindakan, dan lainnya. Seperti pengguna bisa memilih desain khusus yang telah disediakan Samsung untuk mencerminkan cuaca hari yang dijalani.

Kemudian melalui menu Modes and Routines, pengguna juga bisa mengaktifkan kustomisasi wallpaper, nada dering, sensitivitas sentuhan, dan huruf yang bisa dipersonalisasi dengan aktivitas tertentu.

Begitu pula saat mendengarkan musik, pengguna bisa menambahkan rekomendasi lagu dan playlist Spotify berdasarkan aktivitas lewat widget Smart Suggestions.

Konektivitas Antar Perangkat

Samsung-One-UI-5.1-Multi-Control

Pengguna Galaxy yang mendapatkan pembaruan One UI 5.1 kini bisa menghubungkan perangkat Galaxy ke perangkat lain seperti laptop untuk menghadirkan pengalaman multitasking seperti melihat chat di layar laptop, transfer foto, dokumen, copy dan paste teks, serta ‘drag and drop’ gambar dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Di samping itu, fitur Link to Windows memungkinkan pengguna dapat menjelajah dengan Samsung Internet di perangkat Galaxy dan berlanjut menjelajah halaman yang sama di laptop. Tidak hanya perangkat handphone Galaxy saja, tetapi juga tablet seri Galaxy juga mendukung fitur koneksi antar perangkat ini

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar