ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

realme C30s Vs realme C30 – Ada Sejumlah Penyesuaian

realme C30s Vs realme C30 - Header

Gadgetren – Pilihan ponsel pintar di kelas entri kini semakin beragam. Perusahaan realme soalnya baru saja memboyong sebuah perangkat yang lumayan menarik bernama realme C30s ke Indonesia.

Perangkat realme C30s sendiri merupakan model lain dari keluarga realme C30 yang meluncur sebelumnya. Sejumlah aspek yang dibawa oleh kedua perangkat tersebut makanya mempunyai spesifikasi tak jauh berbeda satu dengan lainnya.

Pada aspek layar, perangkat tersebut misalnya kembali menawarkan spesifikasi yang sama dengan realme C30. Keduanya dalam hal ini sama-sama menggunakan panel IPS berukuran 6,5” dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel).

Perangkat tersebut juga masih mengandalkan kapasitas penyimpanan daya yang cukup mirip. Seperti realme C30, kita bisa menemukan baterai berkapasitas 5.000mAh yang didukung dengan teknologi pengisian 10W.

Hanya saja memang terdapat sejumlah penyesuaian, realme setidaknya menyematkan chipset berbeda dan sejumlah fitur baru ke dalam realme C30s. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai hal itu buat kamu yang sedang menimbang-nimbang untuk membelinya.

Perbedaan realme C30s Vs realme C30

Sebagaimana apa yang sudah disebutkan di atas, pembeda pertama dari kedua perangkat besutan realme tersebut adalah chipset yang mana realme C30s secara khusus menggunakan Unisoc SC9863A berkecepatan hingga 1,6GHz sementara realme C30 menggunakan Unisoc T612 hingga 1,8GHz.

realme C30s Vs realme C30 - 1

realme C30s

Perlu dicatat bahwa bukan hanya kecepatannya saja yang berbeda. Kedua chipset kelas entri ini juga mempunyai basis inti, GPU, dan beberapa teknologi yang cukup berlainan di mana Unisoc T612 sedikit lebih unggul.

Unisoc T612 sudah dikembangkan menggunakan basis inti ARM Cortex-A75 dan Cortex-A55 yang dikombinasikan dengan GPU ARM Mali-G57. Sementara Unisoc SC9863A masih memakai Cortex-A55 dan IMG8322.

Berkat Unisoc T612, realme C30 pun dapat menggunakan koneksi Bluetooth 5.0 yang mendukung teknologi Bluetooth Low Energy (BLE). Ini tentunya lebih mutakhir ketimbang Bluetooth 4.2 yang diusung Unisoc SC9863A pada realme C30s.

realme C30s Vs realme C30 - 2

realme C30

Penurunan spesifikasi chipset ini menariknya diganti dengan pemasangan pemindai sidik jari di realme C30s. Implementasinya apalagi cukup menggoda karena sudah mengikuti tren yang sedang populer di mana turut menempatkan sensor di bagian tombol Power.

Selain beberapa aspek di atas, realme C30s bisa dibilang sebagai kembaran dari realme C30. Kamera hingga dukungan-dukungan tambahan yang diusung oleh kedua perangkat tersebut relatif mirip satu sama lain.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar