ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan realme C30s – Kelas Entri Layak Dipertimbangkan

Kelebihan dan Kekurangan realme C30s - Header

Gadgetren – Beberapa waktu yang lalu, realme kembali menyegarkan lini kelas entri mereka di Indonesia dengan memboyong sebuah ponsel baru yang diberi nama realme C30s.

Perangkat baru tersebut pun kini dapat menjadi salah satu opsi yang bisa dilirik ketika sedang mencari perangkat pengganti terutama jika kita baru mau beralih dari ponsel lawas dan memerlukan dukungan yang lebih mutakhir.

Dibanderol mulai dari Rp1.399.000 untuk varian memori terendahnya, perangkat buatan realme tersebut memang bukan perangkat sempurna. Ada kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum meminangnya.

Kelebihan realme C30s

Untuk sebuah perangkat kelas entri, dukungan yang diusung oleh realme C30s bisa dibilang lumayan komplit. Perangkat yang dibanderol dengan harga kurang dari Rp1,5 juta tersebut bahkan sudah membawa sensor pemindai sidik jari.

Mungkin bukan hal yang “wah” jika kita membandingkannya dengan ponsel menengah ke atas. Namun perlu diketahui bahwa kebanyakan perangkat yang dipasarkan pada kelas setara dengan realme C30s belum membawa fitur proteksi biometrik ini.

Kita yang mempunyai dua nomor telepon berbeda juga bisa tetap memakainya secara bersamaan. Soalnya realme C30s dilengkapi dengan slot kartu terdedikasi yang terdiri dari dua tempat SIM dan satu memori eksternal.

Perangkat besutan realme tersebut juga memungkinkan kita beraktivitas secara lebih nyaman tanpa perlu khawatir kehabisan daya. Secara teknis, baterai berkapasitas 5.000mAh yang diusungnya bisa dipakai sepanjang hari.

Kalaupun nanti kehabisan daya, terdapat juga Mode Ultra Hemat yang memungkinkan kita tetap bisa mengoperasikan perangkat dengan durasi lebih lama. Jadi kita bisa tetap berkomunikasi atau melakukan hal penting yang lain.

Kekurangan realme C30s

Namun perlu digarisbawahi, realme C30s sayangnya memang bukan perangkat berkinerja tinggi. Ponsel tersebut hanya dilengkapi dengan chipset Unisoc SC9863A yang masih dibangun berdasarkan arsitektur ARM Cortex-A55 berkecepatan hingga 1,6GHz.

Dengan chipset ini, kemampuan realme C30s tentu cukup terbatas. Bahkan mungkin tidak dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi berat dengan baik. Namun untungnya, ponsel tersebut memakai realme UI Go (berbasis Android 12) yang ringan sehingga tetap bisa lancar untuk memenuhi kebutuhan esensial.

Kamera realme C30s juga terlihat cukup biasa saja karena masih menggunakan sensor 8MP saja padahal beberapa perangkat di kelasnya sudah menggunakan lensa ganda dengan resolusi yang bahkan lebih tinggi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar