ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A34 5G – Desain Glastic yang Indah

Samsung-Galaxy-A34-5G

Gadgetren – Samsung Galaxy A34 5G secara resmi telah meluncur di Indonesia dengan membawa spesifikasi mumpuni yang dilengkapi fitur menarik bersamaan dengan saudaranya yang satu kelas di atasnya.

Sebagai ponsel pintar masa kini, Samsung Galaxy A34 5G sudah dilengkapi dukungan jaringan 5G dengan kecepatan download maksimal yang mencapai 1,2 Gbps sehingga bisa menikmati konten dengan kualitas lebih baik.

Sensor fingerprint di dalam layar yang dibawanya juga dapat mendeteksi sidik jari dengan baik untuk membuka kunci layar dengan cepat. Fitur NFC (Near Field Communication) pun sudah tersedia supaya lebih mudah dalam pembayaran digital, pengisian e-money, dan transfer data.

Untuk harganya, Samsung Galaxy A34 5G dibanderol mencapai Rp 4.999.000 untuk varian RAM 8 GB + penyimpanan 128 GB dan Rp5.399.000 untuk varian RAM 8 GB + penyimpanan 256 GB.

Kelebihan Samsung Galaxy A34 5G

1. Layar Jernih Memanjakan Mata

Sebagai salah satu komponen penting, layar dari Samsung Galaxy A34 5G hadir secara maksimal dengan panel Super AMOLED selebar 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) yang mampu menghadirkan konten dengan terang, jernih, kaya warna, dan luas sehingga akan terasa lebih memanjakan mata.

Apalagi layar tersebut mempunyai tingkat kecerahan maksimal hingga 1.000 nits yang membuat segala jenis konten yang ditampilkan masih dapat dilihat dengan sangat jelas walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun. Lalu berkat refresh rate 120Hz, gerakan transisi antar menu maupun animasi bakal turut terlihat semakin halus yang mana akan sangat terasa pada saat bermain game yang sudah mendukung frame rate tinggi.

2. Desain Sangat Gaya dan Tahan Air

Meskipun menggunakan Glastic atau bahan polikarbonat yang dibuat menyerupai kaca, namun bodi belakang dari Samsung Galaxy A34 5G tetap terlihat elegan untuk kelasnya. Warnanya bahkan dapat berubah-ubah tergantung dari pantulan cahaya dan arah sudut pandang yang melihatnya.

Apalagi Samsung telah menawarkan beberapa kombinasi warna cantik pada bodi belakangnya sehingga menampilkan gradasi menawan ketika dilihat secara kasat mata yang tentunya semakin menambah nilai estetik dari perangkat yang satu ini.

Untuk memberikan banyak pilihan kepada para calon pembeli, Samsung pun menghadirkan beberapa varian warna pada Galaxy A34 5G yang terdiri dari Awesome Lime, Awesome Silver, Awesome Violet, dan Awesome Graphite.

Samsung Galaxy A34 5G - 3

Selain itu, ornament bodi belakangnya pun dibuat polos dengan hanya disematkan tiga kamera belakang yang disusun secara vertikal, LED Flash, dan tulisan Samsung yang mana memberikannya kesan simpel dan minimalis.

Tak ketinggalan hadirnya sertifikasi IP67 membuktikan bahwa Samsung Galaxy A34 5G dibuat secara solis karena telah tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1 meter dengan waktu maksimal 30 menit.

3. Multi Kamera Untuk Beragam Aktivitas

Soal urusan fotografi, Samsung Galaxy A34 5G sudah dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP (apertur f/1.8), ultrawide 8 MP (apertur f/2.2), dan makro 5 MP (apertur f/2.4) yang mana masing-masing bermanfaat untuk skenario tertentu.

Samsung pun menghadirkan kamera ultrawide sebagai salah satu tambahannya karena bakal lebih mudah dalam menghasilkan foto dengan area yang luas secara instan tanpa perlu repot menggunakan mode Panorama.

Selain itu juga membawa kamera makro 5 MP, lebih besar dibandingkan kompetitor yang biasanya hanya membawa 2MP saja. Dengan begitu memungkinkan pengguna dapat membidik obyek dari jarak dekat untuk menghasilkan foto dalam dunia mini yang baik.

Fitur Nightography yang menjadi andalan Samsung belakangan ini tak luput hadir untuk membantu dalam menghasilkan foto malam yang tetap terang dan tajam, bahkan pada kondisi hampir gelap atau minim cahaya sekalipun.

Samsung Galaxy A34 5G - 2

Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 13 MP (apertur f/2.2) yang dapat menghasilkan foto selfie dengan subjek terfokus dan memiliki wajah yang mulus lewat batuan Artificial Intelligence (AI).

Menariknya, Galaxy A34 5G sudah dilengkapi fitur Photo Remaster yang dapat menurunkan tingkat buram dan noise pada foto sambil meningkatkan resolusi dengan bantuan algoritma kecerdasan buatan

Tak ketinggalan, Samsung juga telah membenamkan fitur Object Eraser pada Galaxy A34 5G yang memungkinkan pengguna untuk menghapus objek, bayangan, maupun pantulan yang tidak diinginkan agar foto terlihat lebih profesional.

Menariknya lagi, kamera utama dan kamera depan dari Galaxy A34 5G mampu mendukung perekaman video dengan resolusi maksimal yang mencapai 4K 30fps.

Apalagi pada kamera utamanya sudah mengandalkan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) yang dikombinasikan dengan VDIS (Video Digital Image Stabilization) untuk membuat rekaman video tetap stabil dan tidak buram walaupun diambil sambil berjalan maupun berlari.

4. Performa Ngebut Untuk Kelasnya

Tidak hanya memiliki layar yang memanjakan mata dan dukungan multi kamera, Samsung Galaxy A34 5G juga menawarkan performa bertenaga untuk menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar berkat dapur pacunya yang dipercayakan pada MediaTek Dimensity 1080 (6nm) Octa-Core 2,6 GHz.

Dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya, Dimensity 1080 hadir dengan kecepatan CPU yang meningkat dan dukungan resolusi kamera lebih tinggi. Ditambah lagi Dimensity 1080 sudah dilengkapi dengan fitur MediaTek HyperEngine 3.0 yang mampu membuat kinerja semakin baik ketika sedang menjalankan game, termasuk optimalisasi jaringan internet dan efisiensi penggunaan daya baterai.

Samsung Galaxy A34 5G - 1

Hadirnya APU (AI Processing Unit) 3.0 pun membuat Dimensity 1080 mampu memberikan kinerja yang semakin optimal pada Samsung Galaxy A34 5G menjadi khususnya dengan penggunaan daya baterai yang lebih baik.

Hadirnya RAM berkapasitas 8 GB pun sudah sangat memadai untuk menangani aktivitas multitasking dari aplikasi favorit yang ingin dijalankan pada Samsung Galaxy A34 5G seperti WhatsApp, Facebook, Gmail, Chrome, YouTube, dan lainnya dengan tetap lancar.

5. Baterai Besar dengan Pengisian Cepat

Sumber energi kehidupan dari Samsung Galaxy A34 5G dipercayakan pada baterai berkapasitas besar mencapai 5.000mAh. Adapun pengujian internal dari Samsung mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan 2 hari dalam pemakaian normal.

Sementara itu, Samsung juga mengungkapkan bahwa perangkat ini mampu digunakan selama 21 jam untuk menjalankan video, 22 jam untuk mengakses internet, 35 jam melakukan percakapan di jaringan 4G-LTE, atau 84 jam untuk memutar video.

Pada saat hampir kehabisan daya, maka Samsung Galaxy A34 5G pun dapat diisi kembali baterainya secara cepat karena hanya membutuhkan waktu 30 menit dari kondisi 0% ke 50% berkat hadirnya fitur 25W Fast Charging.

Tentunya daya tahan baterai dan kemampuan pengisian daya yang cepat menjadi kombinasi optimal untuk menunjang kesibukan sehari-hari yang membutuhkan perangkat selalu siap siaga digunakan.

Samsung Galaxy A34 5G - 4

Kekurangan Samsung Galaxy A34 5G

1. Charger Absen Dalam Kotak Penjualan

Hampir sama dengan ponsel generasi sebelumnya, Samsung tidak lagi menghadirkan charger dalam kotak penjualan Samsung Galaxy A34 5G. Hal ini tentunya membuat kamu harus mengeluarkan dana lagi untuk membeli charger secara terpisah jika belum memilikinya.

Apalagi charger dengan dukungan 25W Fast Charge mempunyai harga yang mencapai Rp200 ribuan jika ingin mengandalkan teknologi pengisian baterai yang dimilikinya secara maksimal. Walaupun begitu kamu bisa saja menggunakan charger dari perangkat sebelumnya apabila masih ada yang bisa digunakan.

2. Tidak ada Port 3,5mm Audio Jack

Tidak hadirnya port 3,5mm audio jack membuat kamu harus sedikit repot ketika ingin menghubungkan earphone atau headphone yang menggunakan masih membutuhkan port tersebut. Sebagian besar perangkat audio berkualitas tinggi pun masih mengandalkan 3,5mm jack sebagai tipe konektornya.

Mau tidak mau, kamu harus menggunakan adaptor 3,5 mm jack ke USB Type-C yang mana tentunya menambah aksesori yang harus dibawa. Sementara alternatif, kamu perlu membeli earphone atau handphone yang sudah menggunakan koneksi Bluetooth atau USB Type-C yang mana tentunya punya pilihan lebih terbatas dengan harga yang juga lebih mahal.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar