ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A54 5G – Semakin Bersaing?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A54 - Header

Gadgetren – Setelah banyak rumor dan bocoran yang beredar selama beberapa waktu belakangan, Samsung Galaxy A54 5G akhirnya resmi memperkenalkan diri di Indonesia dengan banderol harga mulai Rp5.999.000.

Sebagai jembatan antara kelas menengah dan flagship Samsung, perangkat tersebut tentu bisa menjadi salah satu opsi saat kita ingin membeli ponsel pintar baru. Terlebih Samsung Galaxy A54 5G memang mempunyai spesifikasi yang lumayan menarik.

Perangkat tersebut mengemas mulai dari chipset bertenaga hingga kamera yang dapat diandalkan untuk berbagai macam kebutuhan. Kamu yang berencana membelinya bisa menyimak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A54 5G berikut untuk memastikan hal tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy A54 5G

1. Chipset Baru yang Membawa Peningkatan

Samsung Galaxy A54 5G meluncur dengan Samsung Exynos 1380 (5nm) hingga 2,4GHz. Chipset baru tersebzut dikembangkan berdasarkan empat buah inti ARM Cortex-A78 dan empat buah ARM Cortex-A55 yang dikombinasikan bersama GPU ARM Mali-G68 MP5.

Di atas kertas, chipset tersebut diklaim mempunyai waktu eksekusi 40 persen lebih cepat, pemuatan game 20 persen lebih unggul, dan kinerja multi-core 30 persen lebih bertenaga ketimbang Samsung Exynos 1280 yang digunakan pada Samsung Galaxy A53.

Sejumlah peningkatan yang diusung oleh Exynos 1380 tentu dapat memberikan pengalaman lebih baik. Samsung Galaxy A54 5G apalagi mengombinasikannya dengan RAM berkapasitas 8GB dan media penyimpanan internal mulai dari 128GB.

Exynos 1380 juga memungkinkan Samsung Galaxy A54 5G mempunyai sejumlah fitur mutakhir untuk ponsel kelas menengah. Termasuk di antaranya jaringan 5G dan Bluetooth 5.3 yang mempunyai beberapa peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Samsung Galaxy A54 5G sendiri yang sudah diperkenalkan di Indonesia tersedia dalam dua varian meliputi RAM 8GB dan penyimpanan 128GB dengan dibanderol Rp5.999.000 serta RAM 8GB dan penyimpanan 256GB yang dilepas seharga Rp6.399.000 sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

2. Konfigurasi Kamera yang Mumpuni

Di bodinya yang tampak menawan dengan desain menyerupai lini Galaxy S23 Series, Samsung Galaxy A54 5G pun menyematkan sistem kamera dengan konfigurasi yang menarik. Perangkat ini sudah mengemas lensa beresolusi tinggi dengan jenis sensor yang lengkap sehingga bakal lebih menunjang untuk digunakan foto-foto.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A54 - Camera

Kamera utama milik Samsung Galaxy A54 5G sudah memuat lensa 50MP yang dipadukan bersama sensor sudut lebar 12MP dan makro 5MP. Sementara di bagian depan pun sudah menggunakan kamera selfie beresolusi hingga 32MP.

Dengan konfigurasi tersebut, kamera Samsung Galaxy A54 5G tentu bisa diandalkan untuk berbagai macam kebutuhan. Terlebih lagi terdapat berbagai macam dukungan seperti Nightography, Photo Remaster, hingga Object Eraser yang bisa meningkatkan kemampuan pengambilan gambar maupun memberikan sentuhan ekstra dengan proses edit yang sangat mudah.

Lensa utama Samsung Galaxy A54 5G pun sudah mendukung teknologi OIS (Optical Image Stabilization) yang bisa membuat pengambilan gambar lebih stabil. Ada juga Video Digital Image Stabilization (VDIS) untuk perekaman video yang lebih baik sehingga hasil rekaman dapat tetap terlihat jelas walaupun diambil sambil bergerak sekalipun.

Ditambah lagi, Samsung Galaxy A54 5G untungnya juga mengandalkan Exynos 1380 sebagai dapur pacu. Perangkat tersebut makanya mendukung perekaman video hingga 4K di 30fps baik untuk kamera depan maupun belakang yang mana absen dari kebanyakan chipset menengah Qualcomm Snapdragon.

3. Layar yang Memanjakan

Sama seperti perangkat menengah ke atas buatan Samsung lainnya, Samsung Galaxy A54 5G juga dilengkapi dengan dukungan layar yang memesona. Perangkat tersebut mempunyai panel Super AMOLED yang bakal memanjakan mata dengan warna, kecerahan, dan kontras lebih baik.

Kita yang sering menggunakan ponsel di luar ruangan juga tak perlu khawatir karena Samsung Galaxy A54 5G pun mendukung Vision Booster. Teknologi yang awalnya diperkenalkan bersama lini Galaxy S22 Series ini memungkinkan layar perangkat mempunyai visibilitas lebih baik dalam situasi cahaya terik.

Layar Samsung Galaxy A54 5G sendiri sudah berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel). Bermain game hingga menonton konten pun bisa lebih menyenangkan karena panelnya sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz karena gerakan animasi akan terlihat lebih halus.

Berbekal teknologi Super AMOLED, Samsung Galaxy A54 5G juga membawa pemindai sidik jari terintegrasi di layar. Membuka kunci layar bisa dilakukan lebih praktis karena kita tidak perlu mengetikkan PIN atau membuat pola.

4. Pembaruan OS yang Berkesinambungan

Yang cukup menjanjikan, Samsung akan memberikan pembaruan untuk Samsung Galaxy A54 5G dengan jangka lumayan panjang. Ponsel ini akan memperoleh setidaknya hingga empat generasi pengembangan sistem operasi.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A54 - Update

Samsung Samsung Galaxy A54 5G secara bawaan meluncur dengan antarmuka sistem One UI 5.1 berbasis Android 13. Jika merujuk kepada apa yang ditawarkan oleh Samsung, maka perangkat tersebut akan memperoleh pembaruan hingga One UI 9 (Android 17).

Masa pakainya pun bisa lebih lama karena Samsung juga menjanjikan dukungan patch keamanan hingga lima tahun. Artinya, Samsung Galaxy A54 5G masih cukup layak untuk digunakan hingga satu tahun setelah pembaruan sistem berakhir.

Kekurangan Samsung Galaxy A54 5G

1. Belum Bawa Lapisan Kaca Pelindung yang Kuat

Meskipun menawarkan layar dengan tampilan yang menawan, Samsung Galaxy A54 5G sayangnya melewatkan lapisan pelindung khusus seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya. Jadi kemungkinan akan lebih mudah tergores ketika digunakan dalam keseharian jika tidak dilapisi pelindung lagi.

Agar bisa lebih terlindungi dengan baik, kita makanya perlu menambahkan lapisan khusus sebagai penggantinya yang mana sudah banyak tersedia. Kita bisa membeli baik itu screen guard, tempered glass, atau hydrogel sesuai preferensi yang dimiliki.

2. Slot Kartu Hibrida

Fitur yang dibawa oleh Samsung Galaxy A54 5G memang terbilang cukup lengkap di mana kita pun bisa menemukan dukungan untuk memasang SIM ganda dan memori penyimpanan eksternal. Hanya saja sayangnya slot kartu yang dipakai bertipe hibrida.

Buat kamu yang belum tahu, slot kartu hibrida tidak mendukung pemakaian dua nomor dan memori eksternal secara bersamaan. Kita hanya perlu memilih untuk menggunakan SIM ganda atau MicroSD dengan SIM tunggal sehingga tidak bisa menggunakan ketiganya secara bersamaan.

Kita yang mempunyai dua nomor pun harus mengorbankan salah satu nomor atau slot memori eksternalnya. Kabar baiknya, Samsung Galaxy A54 5G mendukung penyimpanan mulai dari 128GB yang sudah cukup besar untuk pemakaian di masa sekarang jika terpaksa memilih menggunakan SIM ganda.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A54 - Battery

3. Pengisian Daya yang Lumayan Ketinggalan

Pada saat manufaktur lain berlomba-lomba mengembangkan teknologi pengisian berdaya cepat, Samsung terlihat sangat berhati-hati untuk urusan yang satu ini. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut bahkan akhirnya hanya menyematkan dukungan 25W Fast Charge saja pada Samsung Galaxy A54 5G.

Untuk baterai berkapasitas 5.000mAh yang diusung oleh Samsung Galaxy A54 5G, teknologi pengisian itu hanya mampu mengisi sekitar 50 persen dalam waktu 30 menit. Lebih lambat jika dibandingkan dengan ponsel pintar kompetitor yang punya kemampuan isi daya lebih tinggi yang bahkan sebagian justru dijual lebih murah.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar