ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Ponsel Tanpa Hapus Aplikasi

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan HP Tanpa Hapus Aplikasi Header

Gadgetren – Meskipun perangkat masa kini telah banyak yang menggunakan penyimpanan internal berkapasitas besar, namun permasalahan kehabisan ruang penyimpanan tetap selalu menghantui.

Apalagi kamu juga tidak mau menghapus berbagai aplikasi yang digunakan untuk rutinitas baik pekerjaan, hiburan, percakapan, dan lainnya. Padahal beberapa aplikasi tersebut bisa saja memakan kapasitas yang besar dari ruang penyimpanan.

Mau tidak mau kamu harus mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi tersebut sama sekali. Sebagai salah satu solusinya, kamu dapat melakukan berbagai hal di samping menghapus atau memindahkan file yang sudah tidak penting.

1. Kelola Data Pribadi dan Penting

Kita ketahui bersama bahwa penyimpanan internal memiliki kecepatan tinggi sehingga banyak file sistem dan aplikasi yang disimpan di dalamnya. Supaya tidak mengganggu kinerjanya, kamu dapat memindahkan data yang sudah tidak penting ke penyimpanan lain.

Biasanya banyak foto, lagu, maupun video yang menjadi kenangan sehingga lebih baik memindahkannya ke penyimpanan lain supaya kembali lega dan lebih aman.

Selain itu kamu juga bisa menghapus berkas foto, video, dan lagu berukuran besar yang dirasa sudah lagi tidak dibutuhkan karena malah hanya akan memenuhi ruang penyimpanan saja.

2. Cadangkan Foto di Google Photos

Google Photos yang bisa diunduh dari Google Play Store biasanya sudah langsung terpasang di berbagai perangkat Android. Selain bisa digunakan untuk mengakses foto yang telah diambil menggunakan kamera perangkat, kamu dapat juga mencadangkan fotonya langsung ke penyimpanan awan.

Kamu dapat mencadangkan setiap foto yang diambil secara otomatis sehingga akan membuat kapasitas penyimpanan internal perangkat tidak terlalu penuh. Namun perlu dicatat Google hanya menyediakan kapasitas sebesar 15GB untuk akun gratis sehingga kamu perlu berlangganan jika melebihinya.

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Biasanya sistem akan membuat file cache dan menyimpannya untuk setiap aplikasi yang pernah dijalankan. Cache merupakan data sementara yang berfungsi untuk membuat akses aplikasi menjadi lebih cepat.

Namun seiring dengan penggunaan, ukuran cache akan semakin banyak dan menumpuk yang mana tentu memenuhi penyimpanan internal perangkat. Kamu pun dapat menghapus cache setiap perangkat dengan mengunjungi Settings lalu masuk ke menu App atau App Management.

Setelah memilih aplikasi mana, tekan menu App Info dan masuk ke menu Storage Usage untuk menemukan tombol Clear Cache yang bisa digunakan untuk menghapusnya.

Perlu dicatat bahwa Cache akan kembali terbentuk ketika kamu membuka aplikasi tersebut. Jadi kamu perlu menghapusnya secara berkala terutama pada aplikasi media sosial, chat, maupun email yang biasanya memiliki Cache berukuran besar.

4. Gunakan Fitur Cleaner Bawaan

Berbagai perangkat kini telah menyematkan aplikasi Cleaner yang dapat membantu penggunanya dalam membersihkan file sampah, cache, maupun yang mengganggu.

Aplikasi Cleaner akan mendeteksi secara otomatis file mana saja yang mungkin bisa dihapus dengan aman. Bahkan apabila terdapat beberapa file berukuran besar, maka aplikasi pun akan memberikan sugesti kepada kamu untuk menghapusnya.

Biasanya aplikasi Cleaner akan memindai secara otomatis ketika kamu membukanya sehingga cukup menekan tombol Clean Now atau lainnya tergantung apa yang ingin kamu lakukan.

5. Pasang Aplikasi Pembersih Pihak Ketiga

Jika tidak tersedia aplikasi cleaner bawaan atau dirasa masih belum cukup, maka solusinya dapat mengunduh aplikasi seperti CCleaner, Nox Cleaner, dan lainnya dari Google Play Store.

Biasanya aplikasi Cleaner akan langsung memperlihatkan tombol pembersihan pada halaman utama dengan ikon dan tulisan yang besar sehingga akan sangat mudah diakses oleh pengguna awam sekalipun.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar