ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Review MSI Delta 15 A5EFK – Elegan Tapi Tangguh di Dalam

Review MSI Delta 15 A5EFK Header

Review MSI Delta 15 A5EFK
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.6/10

Kesimpulan

MSI Delta 15 A5EFK membawa desain elegan yang cocok untuk suasana formal, tapi tetap memiliki kinerja tangguh untuk mengerjakan berbagai hal, termasuk gaming.

Yang Disukai

  • Kinerja bertenaga
  • Layar mulus 240Hz
  • Baterai tahan lama
  • SSD cepat 1TB
  • Desain kokoh
  • Sudah WiFi 6E

Yang Tidak Disukai

  • Backlit keyboard 1 zona
  • Tidak ada port Ethernet
  • Adapter daya cukup besar

Gadgetren – Setiap tahunnya kinerja yang dibutuhkan pada sebuah game khususnya kelas AAA terus meningkat berkat grafis yang juga turut semakin realistis.

Untuk memenuhi hasrat para gamer yang ingin dapat bermain game dengan kualitas grafis tinggi di mana pun, MSI menghadirkan laptop Delta 15 sebagai salah satu solusinya.

Spesifikasi yang dibawanya tentu saja tidak main-main seperti Ryzen 7 5000 Series sebagai pusat pemrosesannya. Penasaran seperti apa pengalaman yang ditawarkannya? Berikut review MSI Delta 15 A5EFK dari tim Gadgetren.

Tidak tampil dengan aksen gaming yang kuat layaknya beberapa laptop gaming, MSI Delta 15 tampil dengan desain yang cukup kalem dari luar, namun tetap memiliki sentuhan gaming pada area keyboard lewat lampu backlit dan ventilasi berpola heksagonal.

Pada bagian penutupnya tidak terlalu banyak hiasan di samping logo thunderbird di salah satu sudutnya ketimbang logo naga yang menjadi ciri khas MSI. Ditemani penutup berbahan aluminum berlapis warna abu metal yang terasa kokoh, MSI Delta 15 terlihat premium dan elegan sambil memberikan kesan yang minimalis.

MSI Delta 15 A5EFK (1)

Sebagai laptop dalam kategori 15 inci, bodi dari MSI Delta 15 mempunyai dimensi 357 x 247 x 19 mm yang mana masih terbilang cukup ramping dan mudah untuk dibawa dalam tas. Bobotnya pun sekitar 1,9 kg yang mana tidak ringan tetapi juga tidak terlalu berat.

MSI Delta 15 memang memiliki bodi dengan potongan-potongan pinggiran yang bersudut sehingga terasa ramping untuk sebuah laptop di kelas ini. Akan tetapi itu tidak mengurangi fitur yang ditawarkannya sama sekali.

MSI Delta 15 A5EFK (8)

Pasalnya laptop ini masih menyediakan deretan port yang bervariasi mulai dari 2x USB-C 3.2 Gen2 yang mana port di sebelah kanan juga mendukung DisplayPort, 2x USB-A 3.2 Gen2, HDMI, dan audio combo jack sehingga seharusnya tidak perlu membutuhkan dongle untuk sebagian umum penggunaan.

Sementara untuk konektivitas nirkabelnya sudah mengandalkan WiFi 6E dan Bluetooth 5.2 untuk menjamin kualitas jaringan yang didapat selalu stabil dan cepat dengan penggunaan daya yang lebih efisien.

MSI Delta 15 A5EFK (5)

Tentunya kecanggihan spesifikasi yang dibawanya tidak berhenti di situ saja karena dapur pacu dari MSI Delta 15 A5EFK terbilang menjanjikan. Untuk varian yang diulas ini, pada pusatnya terdapat prosesor AMD Ryzen 7 5800H dengan TDP 45W yang dibuat fabrikasi 7nm.

Menemani prosesor tersebut ada AMD Radeon RX 6700M dengan GDDR6 10GB untuk olah grafisnya. Lalu tersedia pula RAM DDR4 berkapasitas 16GB dalam konfigurasi Dual Channel serta solusi penyimpanan NVMe SSD berkapasitas 1TB untuk menjamin sistem responsif dengan ruang yang luas untuk memasang berbagai game masa kini.

MSI Delta 15 A5EFK Spesifikasi

Tentunya dengan dapur pacu seperti itu, kinerja yang dihadirkan sudah tergolong sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk dalam hal multimedia seperti edit video dan foto. Kinerjanya yang tangguh pun tercermin dari hasil benchmark yang didapat laptop ini.

Pada Cinebench R25 misalnya memperlihatkan kemampuan CPU dengan skor 1.421 poin untuk Single Core dan 10.981 poin untuk Multi Core. Sementara pada 3DMark Time Spy memperlihatkan skor 7.626 poin untuk kemampuan olah grafisnya.

MSI Delta 15 A5EFK Benchmark

Oleh karena itu kinerja dari MSI Delta 15 rasanya tidak perlu diragukan lagi karena dipastikan dapat menjalankan segala jenis aplikasi dengan lancar. Sangat cocok sekali jika ingin menggunakan laptop ini sebagai perangkat kerja hingga untuk mengolah multimedia.

Namun tentunya saja untuk memastikan seperti apa kemampuannya lebih jauh, MSI Delta 15 pun dibawa untuk memain game AAA yang bisa dikatakan tidak ringan. Dalam seluruh pengujian ini, resolusi yang digunakan merupakan native 1920 x 1080 piksel dengan pengaturan grafis yang berbeda untuk setiap game.

MSI Delta 15 A5EFK Tomb Raider

Shadow of Tomb Raider sebagai game keluaran 2018 masih tetap menjadi salah satu game yang memiliki grafis dengan detail memukau. MSI Delta 15 pun dapat menjalankan game ini pada pengaturan grafis Highest sekalipun secara lancar dengan kisaran 81 FPS.

MSI Delta 15 A5EFK Hitman

Sementara untuk game bertipe sandbox, Hitman 3 bakal menguji kemampuan dari CPU lebih keras lagi karena banyak sekali objek ada di dalamnya. Akan tetapi, laptop ini masih dapat melibasnya dengan mudah dengan mendapatkan rata-rata 82 FPS di Dartmoor dan 125 FPS di Dubai dengan pengaturan grafis High.

MSI Delta 15 A5EFK Cyberpunk

Cyberpunk 2077 menjadi game yang bakal cukup berat secara keseluruhan karena bersifat open world dengan tingkat detil yang sangat tinggi. Pada game yang satu ini, MSI Delta 15 untungnya masih bisa menjalankannya dengan lancar pada kisaran 56 FPS. Namun performa yang didapat akan tergantung dari seberapa padat area yang sedang dimainkan.

Supaya dapat bermain game maupun menikmati konten multimedia lainnya lebih memuaskan, MSI Delta 15 dilengkapi dengan layar berbentang 15,6 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang mana dapat menampilkan gambar secara luas dan tajam.

Sementara itu panelnya setara dengan IPS untuk memberikan warna yang baik tanpa ada distorsi saat dilihat dari berbagai sudut serta refresh rate mencapai 240 Hz yang mana tentunya menghasilkan pergerakan yang jauh lebih mulus dibandingkan layar pada umumnya dengan refresh rate 60Hz.

MSI Delta 15 A5EFK (15)

Tak ketinggalan dilengkapi juga dengan stereo speaker yang mendukung Hi-Res Audio dan fitur Nahimic Audio sehingga menghasilkan suara yang jernih. Kombinasi tersebut memberikan pengalaman audio visual yang memuaskan ketika bermain game maupun menonton film.

Dengan segala kinerja tinggi yang dihadirkannya, daya tahan baterai tentu menjadi salah satu segmen yang kerap dikorbankan. Dalam hal ini, MSI Delta 15 dibekali baterai 4-cell 82 Whr yang bisa dikatakan tidak kecil.

Ketika diuji menggunakan PCMark 8 pada mode Work dengan tingkat kecerahan layar 50%, laptop ini berhasil mendapatkan skor mencapai 5 jam 9 menit. Angka yang terbilang di atas kebanyakan laptop gaming pada umumnya, namun masih di bawah laptop kelas ultrabook. Namun cukup mengesankan bisa menembus 5 jam jika melihat kinerja yang dibawanya, apalagi terdapat grafis diskrit di dalamnya.

MSI Delta 15 A5EFK Baterai

Sementara untuk pengisian dayanya sendiri berlangsung sekitar 2 jam 40 menit agar baterai kembali terisi penuh menggunakan adapter 240W yang tersedia secara bawaan. Adapternya sendiri berukuran cukup besar yang mana bakal sedikit mengganggu ketika dibawa-bawa.

Yang pasti, menggunakan MSI Delta 15 dalam keseharian terasa menyenangkan. Tidak hanya punya kinerja tinggi, pengalaman secara keseluruhan yang ditawarkan oleh laptop ini pun terbilang nyaman untuk berbagai hal.

Engsel layarnya ringan dan halus yang mana memungkinkan untuk diangkat dengan satu jari saja. Keyboard laptop ini memiliki tombol yang nyaman untuk digunakan mengetik serta jarak yang cukup pas sehingga tidak mepet. Hanya saja sebagai gantinya touchpad mempunyai area yang tergolong kecil walaupun untungnya tetap memadai.

MSI Delta 15 A5EFK (4)

Menariknya lagi, area keyboard bisa dikatakan tergolong adem bahkan saat digunakan bermain game berat sekalipun. Suhu dari CPU dan GPU sendiri bisa mencapai 92 °C dan 82 °C secara berurutan. Bagian tengah keyboard memang sedikit hangat, akan tetapi sebagian besar area masih dapat tersentuh tangan dengan nyaman.

Hanya saja memang area pembuangan udara di atas keyboard lama kelamaan sebaiknya tidak disentuh. Selain itu suara kipas pun cukup terdengar kencang, namun tetap dalam batas wajar dan masih terdengar cukup halus.

Secara keseluruhan MSI Delta 15 adalah laptop tangguh yang dilengkapi Ryzen 7 5800H dan Radeon RX 6700M yang bakal mampu melihat berbagai kebutuhan komputasi masa kini mulai dari bekerja, multimedia, hingga bermain game.

Desainnya mungkin akan terlihat membosankan bagi yang ingin terlihat gamer, namun sebagai timbal baliknya MSI Delta 15 bakal cocok untuk digunakan dalam berbagai situasi termasuk formal karena tampilan luarnya terlihat berkelas.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar