ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Samsung Galaxy S23 Ultra Vs iPhone 14 Pro Max – Sama-sama Mutakhir Meski Sangat Berbeda

Samsung Galaxy S23 Ultra Vs iPhone 14 Pro Max - Header

Gadgetren – Di atas kertas, baik Samsung Galaxy S23 Ultra maupun iPhone 14 Pro Max sama-sama bisa menjadi alternatif pilihan jika kita memerlukan handphone yang sangat mutakhir di masa sekarang.

Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max soalnya sama-sama dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat tinggi baik di sisi peranti keras maupun lunak. Fitur yang diusung juga sangat komplit di mana beberapa menjadi unggulan dibandingkan model pendahulunya.

Meskipun begitu, kedua handphone papan atas tersebut tetap perangkat yang benar-benar berbeda. Tak hanya dari ekosistem peranti lunak yang digunakan di mana Galaxy S23 Ultra menggunakan Android sementara iPhone 14 Pro Max memakai iOS melainkan juga pada beberapa aspek lainnya.

Samsung Galaxy S23 Ultra Vs iPhone 14 Pro Max

Dapur pacu yang digunakan oleh kedua handphone tersebut menjadi salah satu di antaranya. Bagi kamu yang belum tahu, Galaxy S23 Ultra dalam hal ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy sedangkan iPhone 14 Pro Max memakai Apple A16 Bionic.

Kedua chipset tersebut sama-sama mumpuni untuk pemakaian di masa sekarang. Kita bahkan bisa menggunakannya untuk menangani berbagai macam jenis pekerjaan mulai dari ringan hingga berat sekalipun.

Bagian layar kedua handphone tersebut juga menggunakan teknologi yang berbeda. Saat iPhone 14 Pro Max mengandalkan panel yang disebut dengan Super Retina XDR OLED, Galaxy S23 Ultra memakai kembali Dynamic AMOLED 2X.

Apple-iPhone-14-Pro-dan-iPhone-14-Pro-Max-layar

Secara teknis, keduanya memang sama-sama mendukung teknologi LPTO yang mampu menangani perubahan refresh rate secara adaptif mulai dari 1 hingga 120Hz. Hanya saja Samsung dan Apple menyematkan ukuran yang berbeda.

Layar Galaxy S23 Ultra dalam hal ini mempunyai dimensi yang sedikit lebih luas. Handphone tersebut berukuran 6,8” dengan resolusi 3088 x 1440 piksel saat iPhone hanya 6,7” dengan dukungan 2796 x 1290 piksel.

Sebagai gantinya, layar iPhone 14 Pro Max mempunyai tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Super Retina XDR OLED miliknya mampu menghasilkan hingga 2.000 nits jika Dynamic AMOLED 2X pada Galaxy S23 Ultra hanya sampai 1.750 nits saja.

Proteksi yang digunakan untuk melapisi layar pun juga sangat berlainan. Apple soalnya menggunakan lapisan Ceramic Shield glass sementara Samsung mengandalkan Corning Gorilla Glass Victus 2 yang notabene juga dipakai untuk bodi belakangnya.

Samsung-Galaxy-S23-Ultra-5G-200-MP.

Pada bagian kamera, Galaxy S23 Ultra juga tercatat membawa sensor lebih tinggi. Handphone tersebut dibekali dengan lensa utama yang mampu menghasilkan gambar hingga 200MP saat iPhone 14 Pro Max hanya sampai 48MP.

Kemampuan pengambilan gambar dari kedua handphone tersebut makanya akan cukup berlainan. Samsung terlebih lagi sudah menggunakan teknologi autofocus Super QPD yang menggunakan empat buah pixel sementara Apple masih Dual PDAF.

Selain itu, lensa tambahan yang digunakan oleh kedua handphone tersebut juga tidak sama. Galaxy S23 Ultra mengandalkan telefoto 10MP dan periscope telephoto 10MP sementara iPhone 14 Pro Max menggunakan telefoto 12MP dengan TOF 3D LiDAR scanner sebagai pengganti meskipun sama-sama memakai sensor sudut lebar dan selfie 12MP.

Samsung pun menyematkan baterai 5.000mAh dengan dukungan pengisian cepat PD3.0 berdaya hingga 45W, nirkabel 15W, serta wireless reverse charging 4,5W. Sementara iPhone 14 Pro Max yang berkapasitas 4.323mAh menggunakan PD2.0, nirkabel 15W, dan wireless reverse charging 7,5W.

Sensor pemindai sidik jari ultrasonik yang terintegrasi dengan layar dan S pen dari Galaxy S23 Ultra juga menjadi pembeda selanjutnya. iPhone 14 Pro Max soalnya mengganti fitur ini dengan face ID tanpa dukungan pena stylus bawaan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar