Mading

Mengenal Teknologi PDAF di Kamera dan Handphone, Tangkap Fokus Lebih Cepat

Apa Itu PDAF di Kamera Header

Gadgetren – Phase Detection Autofocus (PDAF) menjadi salah satu aspek penting dalam pengembangan teknologi kamera di handphone masa kini untuk menghasilkan foto atau video lebih baik.

Sistem autofocus memang menjadi kunci bagaimana kamera dapat digunakan secara mudah untuk menghasilkan foto maupun video dengan tampilan bersih dan jernih meskipun obyek yang ditangkap sedang bergerak.

Hanya saja tidak boleh dipungkiri bahwa teknologi yang digunakan biasanya berbeda-beda tergantung sensor di dalamnya. PDAF yang sebenarnya sudah meluncur sejak lama pun menjadi salah satu opsi autofocus yang akan sering kita jumpai.

PDAF mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam menangani fokus kamera. Dibandingkan dengan tipe classic contrast detection, teknologi ini diklaim mampu bekerja secara lebih cepat dan akurat.

Lalu apa yang membuatnya bisa mempunyai kemampuan lebih baik? Buat kamu yang penasaran mengenai hal tersebut alangkah baiknya berkenalan terlebih dulu dengan apa itu PDAF.

Apa Itu PDAF di Kamera?

Sebagaimana kepanjangan katanya, PDAF adalah teknologi autofocus yang akan menyesuaikan elemen kamera berdasarkan pembacaan sinar dari dua sudut pandang berbeda sampai nanti keduanya menjadi satu fase.

Proses tersebut mirip dengan sepasang mata di mana bagian kanan dan kiri akan melihat obyek sebagai dua gambar dengan perbedaan sudut pandang (tutup salah satu untuk membuktikan hal itu) kemudian menumpuk keduanya.

Fokus kamera nantinya akan dinilai berdasarkan perbedaan sudut pandang dari kedua gambar tersebut. Sinar bakal dikatakan satu fase jika sudah pas dan tidak terlihat tumpang tindih antara satu dengan yang lain.

Yang sangat menarik, teknologi PDAF juga akan menggunakan data perbedaan fase di antara kedua gambar untuk menghitung seberapa jauh elemen lensa harus digeser jika kamera belum fokus. Proses inilah yang membuatnya dapat bekerja lebih cepat dibanding tipe contras detection.

Dalam perkembangannya, teknologi PDAF banyak diadopsi ke dalam inovasi baru yang mempunyai kemampuan mengelola fokus kamera lebih mumpuni yang mana Dual Pixel PDAF termasuk salah satu di antaranya.

Dual Pixel PDAF sebenarnya mempunyai konsep yang sama. Bedanya, teknologi lebih anyar tersebut menggunakan jumlah pendeteksi sinar lebih banyak karena disematkan di seluruh piksel sensor kamera sementara PDAF hanya beberapa saja.

Tinggalkan Komentar