ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Aplikasi

Kenapa Muncul Pesan Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp?

Kenapa Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp - Header

Gadgetren – Bagi sebagian orang, WhatsApp memang telah menjadi bagian cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Makanya bisa mengakibatkan sejumlah masalah komunikasi ketika layanan tiba-tiba tidak bisa dibuka.

Masalah semacam itu padahal bisa mengenai siapa saja. Walaupun dalam hal ini, alasannya dapat berbeda-beda untuk setiap kasus di mana masing-masing tentu memerlukan penanganan khusus yang cukup berlainan satu sama lain.

Keterangan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp” pun sering menjadi salah satu penanda bahwa layanan tersebut tidak bisa dibuka. Kamu yang sedang kebingungan mencari-cari penyebab dan solusinya bisa menyimak penjelasan berikut.

Kenapa Muncul Keterangan Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp?

Penyebab dari munculnya keterangan tersebut adalah akun yang sedang bermasalah atau ditangguhkan. Dalam hal ini alasannya bisa sangat beragam di mana secara umum terjadi akibat kesalahan pengguna sendiri.

WhatsApp sudah menegaskan bahwa mereka memang akan melakukan penangguhan akun apabila pengguna diyakini telah melanggar ketentuan layanannya. Termasuk seperti spam, penipuan, atau aktivitas membahayakan keamanan pengguna lain.

Jangan lupa, aplikasi WhatsApp juga mempunyai fitur untuk melaporkan sebuah nomor yang dirasa mengganggu atau berbahaya. Penangguhan akun oleh sistem pun bisa terjadi jika kita terlalu banyak dilaporkan oleh pengguna lain.

Penangguhan akun juga bisa terjadi karena kita menggunakan aplikasi pihak ketiga. Walaupun menawarkan sejumlah fitur yang menggiurkan, modifikasi yang dilakukan pengembang di luar WhatsApp memang bisa berbahaya bagi pengguna.

Jika sebuah nomor ditangguhkan oleh sistem, maka keterangan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp” akan muncul ketika kita membuka aplikasi. Layanan pun tidak akan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Kabar baiknya, penangguhan akun yang dilakukan WhatsApp tidak semuanya akan berlaku secara permanen. Jadi masih ada kesempatan untuk memulihkannya terutama jika kita merasa tidak pernah melanggar ketentuan WhatsApp.

Cara Memulihkan Akun WhatsApp yang Ditangguhkan

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Di halaman dengan keterangan pemblokiran, ketuk tombol Request a review
  • Masukkan 6 digit kode pendaftaran yang dikirim lewat SMS
  • Kirim permintaan peninjauan akun
  • Jangan lupa menambahkan informasi yang diperlukan untuk mendukung pemulihan

Selain melalui aplikasi sebagaimana keterangan di atas, kita juga bisa melakukannya dengan menghubungi WhatsApp lewat https://www.whatsapp.com/contact/. Ketuk tombol Hubungi kami pada Dukungan WhatsApp Messenger atau Business sesuai layanan yang digunakan.

Perlu diingat bahwa tidak ada jaminan bahwa akun akan dikembalikan setelah kita meminta peninjauan. Apalagi jika pelanggaran yang kita lakukan memang sangat berat, penangguhan akun justru bisa dilakukan secara permanen.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar