Berita

Cara Ganti Tema dan Wallpaper WhatsApp Untuk Mempercantik Tampilan

Cara Ganti Tema dan Wallpaper WhatsApp[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Mengganti tema telah menjadi dukungan yang cukup banyak diminati oleh para pengguna WhatsApp.

Namun sayang hingga sekarang, layanan pesan singkat yang berada di bawah naungan Facebook tersebut terlihat belum memaksimalkannya.

Sampai-sampai supaya mendapatkan tampilan yang lebih menarik, sebagian dari kita harus menggunakan aplikasi modifikasi di mana umumnya menawarkan berbagai macam fitur yang tidak ada di dalam WhatsApp termasuk tema dalam kasus ini.

Menggunakan aplikasi modifikasi padahal sangat berbahaya untuk keamanan data. Selain rentan terhadap penyadapan karena pesan bisa saja dilewatkan proksi atau server tertentu, berkas instalasinya rawan membawa malware apalagi jika diunduh dari tempat yang tidak bisa dipercaya.

Hingga artikel ini terbit, WhatsApp sendiri hanya menyediakan dua tema khusus untuk mengubah tampilan antarmuka aplikasi meliputi tema gelap yang akan mengaktifkan dark mode dan terang guna menonaktifkannya.

Namun tentu saja, ketersediaan dua tema tersebut bukanlah hal yang buruk. Kita masih dapat memanfaatkannya untuk mempercantik tampilan aplikasi WhatsApp jika dikombinasikan dengan wallpaper yang pas.

Opsi tersebut pun juga lebih aman untuk digunakan. Kita tak perlu khawatir pesan akan disadap karena WhatsApp memastikan perlindungan terhadap pengguna akan berjalan maksimal melalui fitur enkripsi end-to-end.

Lalu bagaimana memanfaatkan fitur tema WhatsApp yang terbatas dan dukungan pengaturan wallpaper untuk memperoleh tampilan lebih menarik? Kamu yang belum tahu, berikut langkah lengkap mengenai hal tersebut.

Cara Mengganti Tema WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Ketuk More options (ikon titik tiga) di sudut kanan atas
    Cara Ganti Tema WhatsApp -1
  3. Pilih Settings
    Cara Ganti Tema WhatsApp -2
  4. Buka menu pengaturan Chats
    Cara Ganti Tema WhatsApp -3
  5. Klik opsi Theme lalu ubah ke tema yang diinginkan
    Cara Ganti Tema WhatsApp -4

Langkah-langkah di atas berlaku jika kamu memakai handphone berbasis Android. Jika menggunakan iOS, opsi ganti tema WhatsApp hanya bisa bisa dilakukan dengan mengubah seluruh tampilan perangkat pada halaman Settings tepatnya di menu Display & Brightness.

Setelah berhasil mengubah tema ke gelap atau terang, kita pun dapat mempercantik tampilan aplikasi dengan menambahkan wallpaper sesuai dengan mode yang dipilih. Kabarnya baiknya kita bisa melakukan hal ini dengan cara yang hampir mirip pada handphone Android maupun iOS.

Cara Mengganti Wallpaper WhatsApp

Di Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik More Options dan pilih Settings
  3. Masuk ke menu Chats
  4. Ketuk menu Wallpaper
    Cara Ganti Tema WhatsApp -5
  5. Tekan tombol Change
    Cara Ganti Tema WhatsApp -6
  6. Klik kategori gambar yang diinginkan
  7. Pilih gambar yang akan diatur sebagai wallpaper
  8. Tekan tombol Set Wallpaper
    Cara Ganti Tema WhatsApp -8

Tak jauh berbeda dengan langkah-langkah di atas, kita pun dapat mengubah gambar untuk wallpaper di iOS. Adapun kamu dapat menyimak cara secara lebih lanjut pada langkah berikut jika menginginkannya.

Di iOS

  1. Di halaman WhatsApp, klik Settings (ikon roda gigi)
  2. Pilih menu Chats
  3. Ketuk Chat wallpaper
  4. Klik kategori yang diinginkan
  5. Pilih gambar yang ingin diatur sebagai wallpaper
  6. Ketuk tombol Set

Pengaturan tema di aplikasi WhatsApp memang sangat terbatas. Namun saran saya, manfaatkan saja apa yang ada supaya lebih aman daripada menggunakan versi modifikasi tetapi rawan dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab.

Tinggalkan Komentar