ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Rekam Layar Samsung Galaxy A14 5G Dalam Bentuk Video

Cara rekam layar Samsung Galaxy A14 5G Header

Gadgetren – Selain memiliki fitur screenshot bawaan, Samsung Galaxy A14 5G juga sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam layar atau Screen Recorder.

Dengan menggunakan Screen Recorder, kamu dapat merekam layar dari handphone besutan Samsung tersebut untuk beragam kebutuhan mulai dari bahan konten tutorial, bukti pembayaran, walkthrough game, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, fitur Screen Recorder yang hadir pada Galaxy A14 5G sendiri mudah untuk diakses. Fitur tersebut dapat kamu aktifkan tepat pada menu Quick Settings yang biasanya berada di bagian atas.

Cara Rekam Layar Samsung Galaxy A14 5G

Melalui Quick Settings

  • Cari dan pilih area untuk perekaman layar
  • Sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari hingga Quick Settings muncul
  • Tekan tombol Screen Recorder
  • Tekan tombol Record berikon bulat pada menu yang melayang
  • Apabila perekaman layar dirasa telah selesai, tekan tombol Stop berikon kotak
  • Nantinya hasil video rekaman layar dapat kamu lihat langsung dari Gallery atau File Manager

Perlu dicatat bahwa fitur Screen Recorder memiliki tombol Pause berikon dua garis yang fungsinya untuk menjeda perekaman layar. Kamu juga dapat memilih sumber suara untuk perekaman layar mulai dari sistem atau media saja, media serta mikrofon, atau tidak ada suara sama sekali.

Selain itu, kamu juga dapat mengaktifkan atau mematikan tombol penanda jari menyentuh layar berbentuk lingkaran putih ketika perekaman layar berlangsung. Selain lewat fitur bawan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, seperti Screen Recorder – XRecorder yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Menggunakan Screen Recorder – Xrecorder

  • Cari dan pilih area untuk perekaman layar.
  • Setelah area ditentukan, aktifkan aplikasi Screen Recorder – Xrecorder.
  • Setelah aplikasi aktif, maka kamu dapat kembali ke area perekaman layar.
  • Nantinya akan muncul menu melayang berikon camcorder berwarna oren.
  • Tekan tombol Record berikon bulat merah.
  • Saat perekaman berlangsung, menu melayang akan memperlihatkan indikator waktu.
  • Setelah perekaman dirasa telah selesai, tekan tombol Stop berikon kotak merah pada menu melayang.
  • Selanjutnya, video hasil perekaman layar dapat disaksikan melalui aplikasi Gallery atau File Manager.

Pada aplikasi Screen Recorder – XRecorder dapat ditentukan resolusi dari video yang dibuat mulai dari 240p, 360p, 480p, 540p, 640p, 720p, hingga 1080p. Semakin besar resolusi yang dipilih, maka kejernihan dan kualitas dari videonya semakin bagus.

Namun perlu diingat bahwa semakin tinggi resolusinya, maka membuat ukuran file menjadi lebih besar. Sementara kualitas bitrate juga dapat ditentukan dari yang terendah 1 Mbps hingga tertinggi 16 Mbps.

Secara bawaan frame rate video perekaman layar akan diatur ke 60fps atau Auto, namun kamu harus menggunakan aplikasi Screen Recorder – XRecorder versi Pro ketika ingin menggunakan 90fps atau 120fps.

Sementara untuk sumber suara dari video perekaman layar pun dapat dipilih antara mikrofon saja, suara dari sistem saja, keduanya, atau tidak ada suara sama sekali. Terdapat juga fitur Noise Reduction yang dapat meminimalisir gangguan suara sekitar.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar