ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 – Layak Buat Upgrade?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S23 - Header

Gadgetren – Lewat gelaran acara Samsung Galaxy Unpacked 2023, Samsung memperkenalkan beberapa perangkat baru di mana salah satunya adalah Samsung Galaxy S23 yang kini pun sudah diboyong ke Indonesia.

Perangkat Samsung tersebut tentu saja bisa menjadi opsi menarik bagi kita yang ingin membeli ponsel baru maupun sekadar melakukan upgrade. Tidak bisa dipungkiri bahwa Galaxy S23 soalnya mempunyai beberapa hal yang lumayan menggoda.

Mulai dari spesifikasi hingga dukungan-dukungan yang dibawanya menunjukkan bahwa Galaxy S23 adalah salah satu perangkat paling mutakhir Samsung untuk sekarang ini.

Buat kamu yang sedang menimbang-nimbang ponsel tersebut, berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy S23

Galaxy S23 meluncur dengan versi kustom Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) yang berfrekuensi hingga 3,2GHz. Jadi secara teknis, ponsel tersebut bakalan cocok dengan berbagai macam aktivitas pengguna dari ringan hingga berat sekalipun.

Bagi kamu yang belum tahu, Snapdragon 8 Gen 2 merupakan chipset papan atas dari Qualcomm yang dikembangkan berdasarkan arsitektur mikro terbaru. Kemampuan Galaxy S23 makanya tidak boleh diragukan apalagi Samsung memadukannya dengan RAM berkapasitas 8GB.

Bagian layar dari perangkat ini pun sudah menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X yang mendukung refresh rate hingga 120Hz. Samsung pun tidak lupa menyematkan sensor pemindai sidik jari ultrasonik di dalamnya.

Yang cukup menarik, Samsung menambahkan kaca Corning Gorilla Glass Victus 2 di bagian layar sekaligus bodi belakangnya. Lapisan pelindung dari Corning Incorporated ini tentu lebih tangguh dari generasi sebelumnya yang dipakai oleh Samsung Galaxy S22.

Kaca pelindung ini tak hanya diklaim mempunyai proteksi lebih mumpuni karena bisa menjaga bodi dan layar ponsel dari benturan ke permukaan keras, tetapi juga ramah lingkungan. Dengan rata-rata tingkat kandungan sekitar 22%, Gorilla Glass Victus 2 dibangun dari material daur ulang.

Samsung-Galaxy-S23-dan-S23-Plus.

Dengan sejumlah peningkatan di sisi peranti lunak serta kecerdasan buatan, Samsung pun membawa konfigurasi kamera yang bisa menghasilkan gambar maupun video dengan kualitas lebih unggul. Bahkan saat pengguna memakainya di kondisi kurang cahaya.

Galaxy S23 membawa kamera belakang dengan lensa utama 50MP yang dipadukan bersama sensor sudut lebar 12MP dan telefoto 10MP. Perangkat tersebut pun dibekali dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) untuk menunjang kemampuannya.

Sementara untuk bagian depan, Samsung mengandalkan lensa beresolusi 12MP. Kamera selfie Galaxy S23 ini sudah mendukung teknologi piksel ganda seperti sensor utama dan sudut lebar yang tersemat di bodi belakang.

Mirip dengan generasi-generasi sebelumnya, ponsel flagship baru besutan Samsung tersebut juga mengemas dukungan yang sangat komplit. Terdapat bermacam dukungan mulai dari sertifikasi IP68, Samsung DeX, wireless charging, reverse charging, hingga Eye Comfort Shield.

Kekurangan Samsung Galaxy S23

Dengan spesifikasi dan dukungan mumpuni, Galaxy S23 sayangnya memang bukan perangkat yang benar-benar sempurna. Salah satu di antaranya bisa kita lihat dari teknologi pengisian cepat yang disematkan oleh Samsung ke dalam ponsel tersebut.

Untuk mengakomodasi baterai berkapasitas 3900mAh milik Galaxy S23, Samsung hanya mengandalkan teknologi 25W Super Charge. Dukungan ini memang mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit tetapi bisa terlihat lebih lambat jika dibandingkan ponsel lain yang bahkan di bawahnya maupun dari saudaranya sendiri.

Selain itu, beberapa fitur juga dipangkas dari ponsel tersebut seperti beberapa perangkat flagship yang lain. Galaxy S23 di antaranya tidak mempunyai jack audio 3,5mm maupun dukungan untuk memasang kartu memori eksternal.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar