ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Samsung Galaxy S23 Ultra Hadir di Indonesia dengan Kamera Utama 200MP

Samsung-Galaxy-S23-Ultra-5G

Gadgetren – Dalam ajang Galaxy Unpacked 2023, Samsung secara resmi telah menghadirkan seri Galaxy S23 5G dalam menawarkan tiga model yang mana Galaxy S23 Ultra jadi yang tertinggi.

Harganya dibanderol mulai Rp19.999.000 yang sudah bisa dipesan di Indonesia melalui situs Samsung.com/id sampai tanggal 23 Februari 2023 dengan ragam bonus menarik.

Selain melalui kanal Samsung.com/id, Galaxy S23 Ultra juga bisa dipesan melalui e-commerce yang menjadi partner resmi Samsung di Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Eraspace. Ada empat pilihan warna Galaxy S23 Ultra yang bisa dipilih mencakup Green, Phantom Black, Lavender, dan Cream.

Selain itu, Samsung juga turut menyediakan warna eksklusif untuk pemesanan online berupa Graphite, Sky Blue, Lime, dan Red. Berbeda dengan dua saudaranya, Galaxy S23 Ultra mengusung spesifikasi tertinggi khususnya pada sektor fotografi dan videografi.

Dari segi desain Galaxy S23 Ultra tampil dengan bingkai bodi lebih datar. Namun pada bagian modul kamera belakangnya masih menggunakan lima lensa yang mana tiga lensa tersusun sama dan dua lensa berada di sebelahnya. Tersedia pula dukungan S Pen khusus untuk Galaxy S23 Ultra yang tertanam untuk mencatat atau menggambar.

Pada bagian dapur pacu, Galaxy S23 Ultra mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 Octa-Core 3,2GHz (4nm) seperti dua saudaranya yang mendukung jaringan 5G. Chipset tersebut juga ditemani RAM berkapasitas 12GB dan penyimpanan dalam pilihan 256GB, 512GB, atau 1TB.

Chipset tersebut juga didukung olah gambar real time Ray Tracing yang mampu membuat grafis tampak lebih hidup. Lalu untuk menjaga suhu CPU dan GPU tidak mudah cepat panas, pada bagian dalam komponennya dibekali Vapor Cooling Chamber.

 Samsung-Galaxy-S23-Ultra-5G-Header

Kamera belakang Galaxy S23 Ultra menyajikan lensa utama 200MP dengan aperture f/1,7, lensa sudut lebar 12MP dengan aperture f/2,2 dan luas 120°, lensa telephoto 10 MP dengan aperture f/2,4 dan pembesaran optik 3x, serta lensa telephoto 10MP dengan aperture f/4,9 dan pembesaran optik 10x. Kemudian di bagian depan terdapat lensa 12MP dengan aperture f/2,2.

Berkat dukungan image signal processing (ISP) berbasis Artificial Intelligence (AI), Galaxy S23 Ultra bakal mampu menghasilkan foto dan video baik di malam hari maupun siang hari dengan gambar yang tajam dan warna yang detail.

Soal perekamannya, Galaxy S23 Ultra diklaim mampu merekam video dengan stabil melalui Optical Image Stabilization (OIS) yang dua kali lebih lebar dan Adaptive VDIS di semua arah pengambilan gambar agar hasilnya lebih baik. Resolusi perekaman video yang bisa dihasilkan pun hingga 8K pada 30fps.

Kamera belakang Galaxy S23 Ultra juga bisa menganalisis tiap detail pada bingkai seperti wajah, rambut, dan mata menggunakan pengenal objek AI. Tersedia pula fitur Multiple Exposure hingga bisa mengabadikan langit penuh bintang dengan fitur Astrophoto.

Samsung-Galaxy-S23-Ultra-5G-Lavender.

Untuk mendukung kreativitas penggunanya, Galaxy S23 Ultra juga mendukung aplikasi Expert RAW yang memungkinkan pengguna bisa mengambil dalam format RAW dan JPEG.

Aspek tampilan Galaxy S23 Ultra tebar pesona dengan ukuran layar 6,8″ yang memiliki resolusi Quad HD+ dengan dukungan panel Dynamic AMOLED 2X, refresh rate 120Hz, dan dilindungi Corning Gorilla Glass Victus 2. Tentunya tersedia pemindai sidik jari di dalam layar untuk masuk dengan cepat ke One UI 5.1 berbasiskan Android 13.

Kemudian baterai Galaxy S23 Ultra berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi fitur pengisian cepat 45W. Baterainya tersebut diklaim bisa mengisi daya dari 0 persen menjadi 65 persen hanya dalam waktu 30 menit. Sayangnya charger untuk seri Galaxy S23 Ultra harus dibeli secara terpisah.

Handphone ini juga tidak menyediakan slot MicroSD mengingat kapasitas penyimpanan yang diberikan sudah mendukung memori besar. Ditambah lagi tidak tersedia port 3,5mm sehingga harus mengandalkan perangkat audio dengan koneksi nirkabel atau membutuhkan dongle.

Akan tetapi sudah didukung pula sertifikasi IP68 yang telah tahan air tawar hingga 1,5 meter selama 30 menit dan tahan di lingkungan debu, tanah, dan pasir. Di samping itu juga sudah dibekali sistem keamanan bawaan berupa Samsung Knox dan Samsung Knox Vault.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar