ASUS TUF Gaming FX507
Mading

Kenapa Google Tidak Bisa Dibuka? Ini Beberapa Faktor Penyebabnya!

Kenapa Google Tidak Bisa Dibuka - Header

Gadgetren – Google menjadi salah satu layanan yang mungkin pertama kali akan kita cari ketika sedang membutuhkan informasi atau solusi dari berbagai macam permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Layanan mesin pencari tersebut soalnya mampu menampilkan daftar dari berbagai macam situs yang mempunyai penjelasan-penjelasannya. Bahkan kita bisa menemukan berbagai hal mulai dari artikel, gambar, hingga video sekalipun.

Mengakses layanan Google pun bukan perkara yang sulit di masa sekarang karena bisa dilakukan lewat berbagai perangkat. Selain melalui peramban yang terpasang di laptop atau handphone, kini kita pun bisa membukanya dengan aplikasi khusus yang dirancang untuk hal itu.

Meskipun semakin ke sini semakin disempurnakan, Google sayangnya masih buatan manusia sehingga tidak lupun dari permasalah. Kadang-kadang masih ada sejumlah kendala yang akan mempengaruhinya di mana bahkan dapat membuat layanan tersebut tidak bisa dibuka.

Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan, setidaknya ada lima kendala umum yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Adapun buat kamu yang belum tahu dapat menyimak penjelasannya dalam uraian berikut untuk mengetahui apa alasannya.

Kenapa Google Tidak Bisa Dibuka?

1. Server Sedang Bermasalah

Sama seperti layanan berbasis daring pada umumnya, server menjadi salah satu elemen utama yang akan menjadi tumpuan agar Google dapat beroperasi dengan baik. Kita pun tidak akan bisa membukanya apabila sedang bermasalah atau dalam pemeliharaan.

Kabar baiknya, server Google jarang sekali mengalami hal ini walaupun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi. Perusahaan yang mengembangkannya pun tentu mempunyai beberapa cadangan sebagai antisipasinya. Kalaupun terjadi, biasanya tidak akan berlangsung lama.

Hanya saja ketika server Google sedang bermasalah atau dalam pemeliharaan, kita pun tak bisa berbuat banyak. Kita hanya bisa menunggu sampai selesai diperbaiki jika ingin kembali mengakses layanannya.

2. Bug dari Aplikasi yang Dipakai

Google sekarang ini dapat diakses melalui berbagai macam media baik itu peramban atau aplikasi mereka sendiri. Jika muncul bug dalam pengembangan aplikasi-aplikasi ini, layanan tersebut sayangnya juga akan ikut terpengaruh dan bahkan bisa jadi tidak dapat dibuka.

Kita pun dapat coba mengakses layanan melalui aplikasi lain sebagai salah satu solusinya. Walaupun nanti pada akhirnya, kita tetap harus menunggu perbaikan bug yang didistribusikan lewat pembaruan jika ingin kembali memakai aplikasi terkait.

3. Penumpukan Data atau Cache Aplikasi yang Digunakan

Agar bisa bekerja secara lebih cepat dan lancar, sejumlah aplikasi umumnya akan menyimpan data dan cache secara lokal ke dalam perangkat. Hanya saja sayangnya tak jarang berubah jadi masalah jika terjadi penumpukan yang mana bisa menyebabkan masalah.

Penumpukan data maupun cache aplikasi ini juga dapat menjadi salah satu penyebab kenapa layanan Google tidak bisa dibuka. Kita untungnya hanya perlu menghapus penyimpanannya dari perangkat agar nanti bisa kembali normal yang mana sangat mudah untuk dilakukan.

4. Aplikasi atau Sistem Sudah Tidak Mendukung

Memperbarui aplikasi atau sistem operasi ke versi paling mutakhir adalah hal yang cukup penting. Kita perlu melakukannya supaya nanti tetap memperoleh berbagai macam dukungan untuk mengakses sejumlah layanan termasuk Google di antaranya.

Jika sudah tidak mendukung karena versi yang dipakai lumayan usang, aplikasi atau perangkat soalnya sering kali tidak akan bisa digunakan untuk membuka layanan karena server akan menolak akses. Melakukan pembaruan tentu menjadi satu-satunya solusi yang bisa dilakukan apabila hal ini terjadi.

5. Jaringan Tidak Mumpuni

Mengakses Google pun memerlukan dukungan koneksi yang baik. Ketika terjadi masalah pada sambungan internet seperti terputus atau diblokir, maka layanan tersebut tidak akan bisa dibuka apa pun perangkat atau layanan yang digunakan.

Mencoba jaringan lain atau menyegarkan koneksi dengan restart perangkat bisa menjadi sejumlah solusi yang dikerjakan. Beralih ke sambungan yang lebih cepat dan stabil tak jarang juga diperlukan agar layanan dapat berjalan dengan semakin lancar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar