Tips dan Trik

Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Dibuka?

Google Play Store Dark Mode

Gadgetren – Pada smartphone bersistem operasi Android, Google Play Store mempunyai peranan penting karena menghadirkan beragam aplikasi untuk membantu aktivitas sehari-hari penggunanya, baik untuk pelajaran, pekerjaan, maupun hiburan.

Namun biasanya sebagian orang akan merasa jengkel apabila Google Play Store tidak dapat dibuka, terutama pada saat sedang ingin melakukan update aplikasi. Tentu saja banyak faktor bisa menyebabkan masalah ini terjadi.

Bagi kamu yang penasaran mengapa Google Play Store tidak dapat dibuka, maka dapat melihat informasi sebagai berikut ini.

Alasan Kenapa Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Permasalahan sistem operasi Android

Suatu saat terkadang sistem operasi kita mengalami bug sehingga menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali, salah satunya Google Play Store. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan restart terhadap smartphone.

Apabila setelah restart smartphone dan Google Play Store masih tidak dapat dibuka, maka kamu dapat membersihkan cache dengan menggunakan cara berikut ini:

  1. Pertama, masuk ke aplikasi atau menu Settings
  2. Pada halaman Settings, pilih menu Apps atau App Management
  3. Pada halaman berikutnya, pilih Google Play Store
  4. Selanjutnya, pilih Storage dan tekan tombol Clear Cache
  5. Setelah cache dibersihkan, biasanya Google Play Store sudah mau dibuka
  6. Apabila masih tidak mau dibuka, maka kamu dapat melakukan Clear Data untuk membersihkan secara menyeluruh

Update Google Play Store bermasalah

Apabila pembersihan Data dan Cache masih gagal, maka kemungkinan besar terlah terjadi permasalahan saat update Google Play Store.

Untuk itu, kamu dapat mengikuti langkah uninstall update Google Play Store sebagai berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi atau menu Settings
  2. Selanjutnya, pilih menu Apps atau App Management
  3. Kemudian, pilih Google Play Store
  4. Pilih Force Stop untuk menghenti aplikasi yang berjalan
  5. Selanjutnya, tekan tombol Uninstall Update untuk menghapus pembaruan
  6. Google Play Store akan kembali ke versi sebelumnya dan kamu perlu melakukan pembaruan kembali

Kapasitas RAM yang penuh

Biasanya pada saat smartphone kamu banyak menjalankan aplikasi, kapasitas RAM akan mendekati penuh yang berpengaruh pada kinerja dari sistem operasi dan aplikasi. Biasanya RAM yang sudah penuh akan membuat Google Play Store langsung ditutup paksa

Untuk membuat kapasitas RAM kembali lega, kamu dapat mengeluarkan beberapa aplikasi di menu Recent App. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Free RAM dari aplikasi Cleaner bawaan yang sudah tersedia di smartphone milikmu.

Kesalahan sistem operasi

Apabila semua cara di atas masih tidak berhasil untuk membuka Google Play Store, kemungkinan besar sistem operasi atau smartphone sedang dalam keadaan bermasalah. Untuk itulah, kamu dapat melakukan Factory Reset pada perangkatmu.

Sebelum Factory Reset dilakukan, ada baiknya kamu mencadangkan atau backup data yang terdapat di perangkatmu. Apabila data telah selesai dicadangkan, maka kamu dapat langsung melakukan Factory Reset di smartphone.

Biasanya Factory Reset merupakan cara paling ampuh untuk membuat berbagai permasalahan kembali normal karena semua data maupun sistem smartphone akan kembali seperti semula.

Itulah beberapa alasan mengapa Google Play Store tidak bisa dibuka dan cara penyelesainnya yang bisa tim Gadgetren berikan. Namun apabila kamu memiliki solusi lain yang menarik, maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar