ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengganti Tombol Kembali OPPO Jadi Posisi Lain Atau Gesture

Cara Mengganti Tombol Kembali OPPO Header

Gadgetren – Jika tidak suka dengan penempatannya, ada cara untuk mengganti tombol Kembali baik itu posisi maupun metode input.

Pada saat pertama kali menyalakan dan melakukan pengaturan di perangkat OPPO, kamu biasanya diminta untuk memilih menggunakan gesture atau tombol virtual untuk navigasi.

Apabila kamu memilih tombol virtual secara otomatis akan dimunculkan tombol Recent App, Home, dan Kembali di bagian bawah layar. Tombol tersebut digunakan melakukan navigasi di perangkat OPPO yang mana sudah jauh lebih dulu ada ketimbang metode gesture.

Secara bawaan letak tombol Recent App berada di kiri, Home di tengah, dan Kembali di kanan. Namun bagi kamu yang lebih nyaman sebaliknya dapat mengganti tombol Kembali ke posisi lain.

Cara Mengganti Tombol Kembali OPPO

  • Buka aplikasi Settings di perangkat OPPO
  • Ketik kata kunci navigation pada kolom Search
  • Pilih opsi System navigation untuk mengatur tombol Kembali
  • Pilih Button layout sesuai di mana letak tombol Kembali diinginkan
  • Selanjutnya, tombol pun akan langsung berpindah posisi
    OPPO - Tombol Kembali

Pada halaman System navigation, kamu juga sebenarnya dapat mengatur navigasi dengan menggunakan metode Gesture yang memungkinkan kamu hanya perlu menggunakan gesture jari untuk melakukan Back, Home, dan Recent App.

Lebih jelasnya, tombol Back memungkinkan kamu dapat kembali ke halaman sebelumnya sementara tombol Home mengizinkan kamu untuk keluar langsung ke halaman Home Screen tanpa harus kembali satu per satu.

Sementara tombol Recent App berfungsi untuk menampilkan beragam aplikasi yang telah dibuka sehingga dapat berpindah antar aplikasi dengan cepat dan mudah.

Bahkan pada perangkat OPPO, tombol Recent App yang ditekan lama dapat mengaktifkan fitur Split Screen. Kamu dapat membuka satu aplikasi terlebih dulu lalu tekan dan tahan tombol Recent App hingga aplikasi tersebut berada di setengah layar.

Kemudian, kamu tinggal memilih aplikasi kedua yang akan dibuka secara berdampingan. Dengan begitu, kamu akan langsung melihat dua aplikasi yang muncul sekaligus dalam layar yang mana terbagi menjadi setengah di atas dan di bawah.

Split Screen sangat membantu ketika kamu ingin melakukan proses multitasking dalam menjalankan dua aplikasi sekaligus. Misalnya menonton video di YouTube sambil melakukan chat di WhatsApp.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar