Tips dan Trik Handphone

Cara Hilangkan Tombol Navigasi Handphone OPPO Diganti Jadi Gesture

Cara Hilangkan Tombol Navigasi OPPO Header

Gadgetren — Handphone berbasis Android masa kini termasuk merek OPPO sudah dilengkapi dengan pilihan menggunakan tombol virtual di bagian bawah atau gesture untuk navigasinya.

Pada saat menyalakan dan melakukan pengaturan handphone OPPO untuk pertama kali, pastinya akan ditanyakan mengenai cara untuk navigasi baik memakai tombol virtual atau hanya gesture saja.

Sementara itu, sebagian orang yang terbiasa dengan perangkat lamanya akan langsung memilih tombol virtual untuk navigasi. Namun di kemudian hari saat ternyata ingin menghilangkan tombol virtual karena ingin menggunakan gesture untuk navigasinya.

Untungnya hal tersebut sangat mudah dilakukan di menu Setttings dengan mengikuti langkah-langkah berikut

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi OPPO

  • Buka aplikasi Settings di handphone OPPO
  • Ketik kata kunci Navigation pada kolom Search
  • Selanjutnya, masuk ke menu System navigation
  • Pilih Gestures
  • Selanjutnya, tombol virtual navigasi akan menghilang
    OPPO - Hide Virtual Button Navigation

Setelah tombol navigasi benar-benar menghilang, maka kamu harus melakukan gerakan menyapu dengan satu jari dari bagian sudut ke arah dalam layar untuk melakukan fungsi Back, Home, dan Recent App.

Bagi kamu yang belum terbiasa tentunya tidak perlu khawatir karena sistem pada handphone OPPO akan mengajari kamu gesture navigasi yang diperlukan setelah tombol virtual hilang. Jadi kamu dapat mempelajarinya secara terus-menerus agar terbiasa menggunakan fitur gesture yang mana memang akan membutuhkan waktu.

Apabila kamu sudah tidak lagi ingin menggunakan fitur gesture untuk melakukan navigasi, maka dapat menampilkan kembali tombol virtual dengan memilih opsi Buttons pada halaman System Navigation di aplikasi Settings. Dengan begitu akan muncul tombol Back, Home, dan Recent di bagian bawah layar.

Sebenarnya handphone berbasis Android masa kini lebih menyarankan penggunanya menggunakan gesture untuk navigasi. Namun tombol virtual masih tetap dihadirkan untuk menunjang beberapa orang yang memang sudah sangat nyaman melakukan navigasi menggunakan tombol yang terlihat.

Beberapa layanan dan aplikasi pun menggunakan gesture untuk melakukan navigasi untuk memperluas tampilan sehingga bisa lebih banyak konten diperlihatkan tanpa ada bagian mengganggu di bawah layar. Walaupun begitu, kamu tetap dapat menggunakan tombol untuk navigasi secara umum.

Tinggalkan Komentar