ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Cek Akun Kena Shadowban Instagram Atau Tidak

Cara Cek Akun Kena Shadowban Instagram - Header

Gadgetren – Pembuat konten di media sosial Instagram tentu tak asing lagi dengan istilah Shadowban sebagai sebuah kebijakan untuk membatasi unggahan yang dinilai telah melanggar atau menyalahgunakan pedoman komunitas.

Untuk kasus Shadowban di Instagram, unggahan Feed dan Story para pembuat konten nantinya malah tidak bisa ditemukan meskipun akun mereka publik.

Dengan begitu hanya yang sudah mengikuti saja yang bisa melihat unggahan Feed dan Story pembuat konten yang terkena Shadowban sehingga impresi unggahan menjadi tidak luas dan berdampak pada performa pertumbuhan akun tersebut.

Akun yang terkena Shadowban sebenarnya ada sebabnya. Akun tersebut ibaratnya mendapat teguran dari Instagram atas suatu pelanggaran karena mungkin sebelumnya telah menyebarkan spam atau menyalahi aturan pedoman komunitas.

Spam biasanya berisi dikarenakan melakukan hal serupa berulang kali dalam jumlah yang sangat banyak. Selain adanya pelanggaran tersebut, akun yang terkena Shadowban juga menggunakan bot, software pengunggah otomatis, atau cara ilegal lainnya.

Bagi pembuat konten yang ini cek apakah akun terkena Shadowban Instagram atau tidak bisa coba cara tindakan berikut.

Cara Cek Akun Terkena Shadowban Instagram

  • Masuk ke aplikasi Instagram di perangkat kamu.
  • Coba unggah Feed dengan menggunakan tagar yang tidak populer agar mudah dilacak.
  • Tulis 2-3 tagar di caption dan 2-3 tagar di komentar.
  • Lalu masuk dan gunakan akun yang belum mengikuti
  • Caro tagar unggahan akun Shadowban di kolom pencarian.
  • Jika akun sebelumnya tidak ditemukan, maka diindikasi terkena Shadowban.
  • Sebaliknya termasuk aman jika muncul dalam kolom pencarian.

Dilansir dari Later.com, penggunaan tagar yang berlebihan juga bisa menyebabkan tindakan Shadowban. Mengenai masalah Shadowban, pihak Instagram tidak memberikan konfirmasi secara langsung agar pembuat konten bisa lebih fokus pada bisnis mereka.

Akun disarankan harus membuat konten semenarik mungkin daripada menyematkan tagar untuk memperluas jangkauan. Sementara itu, istilah Shadowban biasanya tidak berlaku seumur hidup karena ada pengguna yang mengalaminya hanya dua minggu atau lebih tergantung dari situasi pelanggaran.

Saat dikenakan Shadowban, kamu diharapkan tidak lagi mengunggah konten yang melanggar seperti berhenti menggunakan tagar yang diblokir. Bisa juga kamu libur sejenak dari bermain Instagram selama beberapa minggu atau hari.

Selain itu kamu bisa melaporkan akun terkena Shadowban ke email resmi Instagram di support@instagram atau melalui fitur report a problem untuk meminta memulihkan akun kamu kembali dari Shadowban. Kurangi juga aktivitas akun seperti memberikan like dan berkomentar berlebihan.

Istilah Shadowban sebenarnya tidak resmi datang dari pihak platform media sosial melainkan dinamakan oleh para penggunanya. Istilah tersebut awalnya diketahui sudah lama muncul sejak tahun 2006. Sementara pada tahun 2018, Shadowban di Twitter sempat ramai dilaporkan pengguna yang kesulitan menemukan akun lain.

Hal ini dikarenakan akun tidak muncul secara otomatis di kolom pencarian. Bahkan mengganti dengan nama lain pengguna juga tidak menemukan sekalipun. Namun cuitan dan unggahan masih bisa ditemukan jika pengguna lain  tidak mengikuti maupun membuka profil langsung.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar