Tips dan Trik Handphone

Cara Menyalin Kontak ke Kartu SIM di Handphone OPPO Agar Mudah Dipindahkan

Cara Menyalin Kontak ke Kartu SIM di Handphone OPPO Header

Gadgetren – Kontak merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam sebuah handphone karena berisikan beragam nomor telepon teman, anggota keluarga, hingga rekan kerja yang telah disimpan.

Pada handphone Android masa kini termasuk buatan OPPO, kontak dapat disematkan pada akun Google, penyimpanan internal perangkat, dan kartu SIM.

Sementara untuk kenyamanan, terkadang sebagian dari kamu ingin menyalin kontak dari perangkat ke kartu SIM di handphone OPPO. Kontak yang berada di kartu SIM akan selalu dimunculkan secara lengkap ketika kamu berpindah handphone sehingga lebih fleksibel jika ada kontan yang ingin selalu dibawa.

Namun perlu dicatat bahwa kontak yang dapat disimpan di kartu SIM terbatas hanya 250 nomor sehingga sebaiknya kamu menyimpan kontak-kontak penting saja. Berbeda apabila kamu menyimpan kontak di akun Google yang dapat disimpan hingga ratusan ribu nomor.

Apalagi ketika ingin mengimpor kontak dari akun Google ke handphone baru memerlukan akses internet sementara untuk kontak yang tersimpan di kartu akan langsung muncul.

Cara Menyalin Kontak ke Kartu SIM di Handphone OPPO

  • Buka aplikasi Contact di handphone OPPO
  • Pilih menu Options berikon tiga titik di kanan atas
  • Pada menu pop-up yang muncul, pilih Manage contacts
  • Lalu pilih menu SIM card contacts
  • Selanjutnya, kamu diminta memilih SIM 1 atau SIM 2 sebagai tempat untuk penyalinan kontak
  • Setelah lokasi SIM dipilih, kamu akan diperlihatkan kontak yang tersimpan. Namun jika kosong akan muncul tulisan No contacts
  • Kemudian, pilih menu Options berikon tiga titik di kanan atas
  • Pada menu pop-up yang muncul, pilih Import from device
    OPPO - Salin Kontak ke SIM - 1
  • Pada halaman Import from device to SIM, kamu diminta untuk memilih kontak mana saja yang ingin dipindahkan
  • Tekan tombol Import untuk memulai proses
  • Lalu tekan tombol Import sekali lagi untuk konfirmasiOPPO - Salin Kontak ke SIM - 2

Bisa dibilang estimasi waktu proses pemindahan tergantung dari jumlah kontak yang akan disalin ke kartu SIM. Namun nantinya kontak akan langsung muncul di berbagai perangkat tanpa akses internet ketika kartu SIM dipindahkan ke handphone yang kamu gunakan.

Perlu dicatat bahwa menu pop-up Import to SIM Card? Memperingatkan kamu bahwa kartu SIM hanya bisa menampung data secara terbatas. Pada saat ada nama kontak dengan nomor sama, maka secara otomatis akan dijadikan satu untuk menghemat kapasitas yang dimiliki oleh kartu SIM.

Apabila kamu memiliki ribuan kontak di handphone OPPO, maka pada saat melakukan penyalinan kontak ke SIM tidak bisa memilih opsi All sehingga harus memilih kontak satu per satu sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Komentar