Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Penggunaan Data di Handphone Samsung Supaya Tahu Mana yang Bikin Boros

Cara Melihat Penggunaan Data di HP Samsung - Header

Gadgetren – Melihat penggunaan data di handphone termasuk salah satu hal yang bisa dikerjakan saat kita ingin memantau layanan apa saja yang menyebabkan pemakaian kuota internet semakin boros.

Berbagai macam handphone di masa sekarang untungnya sudah dilengkapi dengan dukungan yang bida dipakai untuk melakukan hal tersebut. Walaupun dalam hal ini, kemampuan dan penamaannya mungkin akan berbeda-beda untuk setiap merek.

Handphone-handphone buatan Samsung juga termasuk di dalamnya. Antarmuka sistem One UI pun secara mendasar membawa dukungan yang memungkinkan kita memantau penggunaan data internet seluler di dalam perangkat.

Dengan menggunakan fitur yang satu ini, kita bisa melihat penggunaan data tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga. Jadi privasi bisa lebih terjaga atau setidaknya kita tidak perlu menonton tayangan-tayangan iklan.

Fitur yang bisa dipakai untuk melihat penggunaan data di handphone Samsung ini bisa diakses secara langsung lewat halaman pengaturan. Adapun buat kamu yang belum bisa memakainya dapat menyimak langkah berikut.

Cara Melihat Penggunaan Data di Handphone Samsung

  • Kunjungi halaman Settings
  • Buka bagian Connections
  • Masuk ke halaman Data usage
  • Ketuk menu Mobile data usage

Halaman selanjutnya akan menampilkan informasi mengenai penggunaan data seluler baik itu secara keseluruhan maupun untuk setiap aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Umumnya akan diurutkan dari pemakaian terbanyak.

Sayangnya sedikit berbeda dengan beberapa handphone dari merek lain, informasi yang ditampilkan merupakan penggunaan data untuk periode tertentu. Jika mau memantau secara harian, maka kita pun perlu memasang aplikasi pihak ketiga.

Untuk Melihat Penggunaan Data Secara Harian

  • Pasang aplikasi pemantau pemakaian data seperti Internet Speed Meter Lite
  • Buka setelah terpasang
  • Jangan lupa berikan izin akses yang diperlukan jika aplikasi memintanya
  • Di halaman utama, kita bisa langsung memantau pemakaian data

Internet Speed Meter Lite adalah salah satu yang bisa dipertimbangkan saat kita perlu memantau penggunaan internet. Tak hanya akan menampilkan informasi pemakaian data seluler maupun WiFi, aplikasi ringan ini juga akan menampilkan kecepatan akses di bar status.

Namun perlu diingat bahwa pemantauan pengguna data dengan Internet Speed Meter Lite baru akan setelah aplikasi terpasang dan dijalankan. Jadi pemakaian sebelum-sebelumnya tidak akan ikut ditampilkan.

Tinggalkan Komentar