Tips dan Trik Handphone

Cara Membuka Folder Aman di Handphone Samsung Jika Tidak Muncul di Daftar Aplikasi

Cara Membuka Folder Aman Samsung - Header

Gadgetren – Folder Aman atau Secure Folder adalah salah satu opsi yang bisa dipakai jika kita mau mengamankan foto, video, file, aplikasi, dan data pribadi supaya nanti tidak terakses oleh orang secara sembarangan.

Fitur yang menjadi bagian platform keamanan Samsung Knox tersebut apalagi tak hanya dirancang untuk melindungi privasi dari akses secara fisik, melainkan juga tetapi juga mengamankan data dari serangan malware.

Hanya saja untuk menggunakan Folder Aman Samsung, kita perlu mengaturnya terlebih dahulu melalui halaman Settings > Biometrics and security (Lock screen and security) > Secure Folder. Baru setelahnya bisa dipakai mengamankan aplikasi maupun berkas data.

Membuka Folder Aman yang berhasil diaktifkan pun cukup gampang. Kita dalam hal ini hanya perlu mencari ikon berbentuk folder dengan gambar lubang kunci yang muncul di daftar aplikasi lalu mengetuknya. Setelah itu bisa memasukkan PIN, kata sandi, atau sensor biometrik sesuai kunci yang digunakan.

Apabila ikon Folder Aman tidak muncul di daftar aplikasi maka ada kemungkinan kamu sudah menyembunyikannya. Jika demikian, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut untuk membukanya.

Cara Membuka Folder Aman yang Tersembunyi

  • Tarik status bar ke bawah sampai Quick Panel terbuka
  • Cari pintasan Secure Folder
  • Ketuk pintasan tersebut

Pintasan Secure Folder biasanya akan tersedia di Quick Panel secara bawaan. Namun jika belum ada, kita pun perlu menyematkannya secara manual dengan mengetuk tombol Plus di halaman menu terakhir, lalu menyeret ikon terkait ke bagian aktif, dan menekan Done.

Selain mengaksesnya melalui pintasan di menu Quick Panel, kita juga bisa mengembalikan Folder Aman ke daftar aplikasi untuk lebih mudah mengaksesnya. Begini cara melakukan hal tersebut jika kamu belum bisa.

Cara Memunculkan Folder Aman yang Tersembunyi

  • Masuk ke halaman Settings
  • Buka bagian Biometrics and security atau Lock screen and security sesuai versi antarmuka yang dipakai
  • Ketuk menu Secure Folder
  • Gunakan PIN, kata sandi, atau sensor biometrik untuk membuka kunci
  • Cari opsi Add Secure Folder to Apps Screen
  • Nyalakan opsi tersebut

Setelah dinyalakan, ikon Folder Aman nantinya akan muncul ke daftar aplikasi. Ketuk untuk membukanya. Jika sudah tidak diperlukan maka kamu pun bisa menyembunyikannya dengan mematikan opsi Add Secure Folder to Apps Screen lagi.

Tinggalkan Komentar