ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tips dan Trik

Cara Memblokir Panggilan Masuk yang Mengganggu di Handphone

Cara Memblokir Panggilan Masuk Handphone Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Smartphone telah menjelma menjadi perangkat serbaguna yang dapat digunakan untuk telepon, SMS, video call, memotret, memainkan game, menghitung kalkulator, dan masih banyak lagi.

Meskipun fitur sudah sangat banyak, namun telepon masih menjadi salah satu fitur utama yang digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna dalam satu daerah hingga luar negeri.

Namun ada kalanya muncul panggilan telepon mengganggu seperti penipuan sehingga harus ditindak tegas dengan memblokir nomor yang melakukan panggilan tersebut.

Untungnya semua handphone mendukung fitur tersebut sehingga bisa kamu gunakan dengan mudah apapun model yang dimiliki.

Cara Memblokir Nomor di Call History

  1. Matikan panggilan telepon dari nomor bersangkutan
  2. Buka aplikasi Phone atau Telepon
  3. Pilih More berikon tiga garis di bagian kanan atas
  4. Masuk ke menu opsi Call History
  5. Pilih salah satu nomor terbaru atau yang ingin diblokir
  6. Tekan tombol Block / report spam

Nomor yang kamu pilih pun akan langsung diblokir dan tidak dapat melakukan panggilan telepon terhadapmu lagi. Tentunya hal ini dapat memberikan ketenangan bagi kamu yang tidak ingin di telepon oleh nomor tidak dikenal.

Namun perlu dicatat, biasanya penipu atau peneror akan membeli nomor baru agar bisa menyerang kamu kembali. Untuk itulah kamu harus lakukan terus blokir dengan cara tersebut pada nomor yang tidak dikenal.

Sementara kamu juga bisa mengaktifkan fitur Unknown Numbers sehingga membuat handphone secara otomatis akan memblokir nomor tersebut apabila tidak dikenal.

Cara Memblokir Nomor yang Tidak Dikenal

  1. Akses aplikasi Phone atau Telepon
  2. Tekan tombol More berikon tiga garis di bagian kanan atas
  3. Pilih menu Settings
  4. Tekan menu Blocked numbers
  5. Aktifkan fitur Unknown

Dengan aktifnya fitur ini, maka akan memblokir panggilan dari nomor pribadi atau tidak dikenal. Kamu masih dapat menerima panggilan dari nomor telepon yang tidak tersimpan di kontak.

Itulah cara mudah untuk memblokir nomor panggilan tidak dikenal. Namun jika kamu ingin mengetahui nomor tidak dikenal yang melakukan panggilan masuk, maka dapat mencobanya menggunakan aplikasi TrueCaller atau sejenisnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar